Sunday, March 15, 2009

Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

No comments :
Menjadi pribadi yang percaya diri sungguh bisa menyenangkan. Kenyataannya beberapa diantara kita pernah atau mungkin masih menyimpan ketidak-pedean-nya. Adakalanya sulit membangkitkan rasa pede. Apalagi saat kita benar-benar membutuhkannya. Tapi, tidak ada salahnya kan kalau kita berusaha.

Dari obrolan bersama para ibu (soalnya yang diteliti cuma ibu-ibu), saya mengetahui penyebab rasa tidak pede. Intinya adalah adanya rasa kurang pada diri. Seumur hidup kita akan merasa kurang jika kita terus merasa kurang. Misalnya kurang cantik, kurang harta, kurang ilmu, dsb. Nah berikut adalah beberapa resep pede dari berbagai sumber dan pengalaman saya:

  1. Bersyukur. Apapun kondisinya, kita wajib bersyukur. Bukankah Allah akan menambah nikmat pada seorang hamba yang pandai bersyukur.
  2. Mengenali potensi diri. Saya yakin setiap manusia memiliki kelebihan/potensi yang berbeda. Percayalah kalau setiap orang itu unuk. Nah, cobalah untuk mengetahui letak kelebihan kita. Misalnya, suami Anda, dan teman-teman sering memuji masakan Anda. Dari sinilah Anda yakin akan potensi diri.
  3. Kembangkan Potensi diri. Setelah mengetahui kelebihan masing-masing, mari dikembangkan. Atau bisa juga diiklankan, mis, dengan membuka warung, sekalian menambah pendapatan, bukan?
  4. Perbanyak pergaulan. Sebaiknya kita banyak bergaul agar memperluas wawasan, ilmu dan kepekaan kita. Sebaiknya juga bergaul dengan orang-orang yang bisa memberi nilai positif pada diri Anda. Teman yang baik adalah teman yang ikut bahagia ketika kita bahagia, menolong ketika kita ditimpa musibah, mengingatkan jika kita lalai dan selalu mengajak pada kebaikan.
  5. Possitive thinking. Kalau kita selalu berpikir yang baik-baik/positif insyaAllah hati dan pikiran jadi tentram.
  6. Menjaga sikap dan penampilan. Dengan siapapun lawan bicara kita, sebaiknya kita biasa saja, tidak perlulah berlebih-lebihan. Demikian juga dengan penampilan. Dengan menjaganya kita akan tampak lebih pede. Kalau baju kita lecek, bau atau warnanya norak, nggak matching buat kita, ya ganti saja. Daripada kita mengahdiri pertemuan dengan perasaan tidak nyaman.
  7. Berbicara dengan lancar. Pernah mendengar orang berbicara seperti ini, “Ehm… itu…anu.. Atau seperti seorang yang berbicara panjang lebar tetapi ketika ditanya tidak bisa menjawab. Kalau kita mengetahui/menguasai apa yang akan kita ucapkan, insyaAllah kita bisa berbicara dengan lancar. Lawan bicara kita akan nyaman berhadapan dengan kita. Sebaliknya kita tak perlu berpura-pura tahu jika memang tak tahu. Berbicaralah apa adanya saja.

Intinya, enjoy your life.

Semoga bermanfaat!


No comments :

Post a Comment

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!