Tuesday, May 18, 2010

Yuk Ngintip?!

No comments :
Aduuuh kok ngintip sih! Iiih nggak boleh!
Ssstt..tunggu dulu, emangnya ngintip apa ya?
Ngintip anak-anak yang sedang sholat. Seperti apa mereka? Yuk lihat!
Jika sedang sholat sendirian, si sulung suka sholat cepat-cepat. Alasannya sudah ngantuk. Ya, alasannya bisa diterima, untuk saat ini.
Lalu saya katakan, kalau sudah ngantuk berat sebaiknya tidur dulu. Daripada sholat antara sadar dan tidak. Ngacau deh. Kadang-kadang memang dia tidur dulu, tapi sering juga sewaktu sholat Isya’ itu sambil menguap berkali-kali. Katanya sih nggak enak kalau tidur sebelum sholat. Kalau tidur dulu, beberapa jam kemudian biasanya dia bangun sendiri. Dia sudah membentuk suatu kebiasaan bahwa sholat adalah kewajiban kaum muslim. Maka dia merasa tidak nyaman jika belum menunaikan sholat. Dia akan merasa lega jika sudah menunaikannya.
Prinsip saya, sholat hukumnya wajib. Anak-anak sedari kecil sudah dibiasakan sholat agar tidak merasa berat ketika sudah benar-benar wajib baginya. Saya dan suami bekerja sama dalam membangun kedisiplinan ini.
Jika suami saya sedang berada di rumah, anak-anak diajaknya sholat di musaha atau di masjid. Meski kadang untuk berangkat saja butuh kesabaran ekstra. Meski terkadang telat. Seperti biasa si adik rewel dan sulit ditenangkan, padahal sholat sudah mulai.
Pada hari-hari biasa saya mengajak anak-anak sholat di rumah. Kalau si sulung sudah mau mendirikan sholat, namun sebaliknya dengan adiknya. Anak saya yang nomor dua sering melarikan diri ketika sholat. Alasannya, capek berdiri. Kelamaan. Lalu saya berusaha membaca surat pendek sekali. Tetap saja melarikan diri. Kadang sholat suka-suka (suka-suka gerakannya, suka-suka bacaannya, padahal di sekolah dan di rumah sudah diajari), kadang sholat sambil mengganggu saya dan kakaknya, juga adiknya. Kadang pula mau sholat sampai selesai dan tertib. Lalu saya memberikan hadiah cipika cipiki. Anak-anak pasti senyum-senyum senang.

No comments :

Post a Comment

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!