Monday, November 2, 2015

Gara-Gara Cokelat

No comments :
Ini Cokelatnya


Bagi penggemar cokelat, sulit nolak untuk tidak makan cokelat. Ups... sebenarnya cokelat itu aman tidak ya?
Tergantung. Pahami tubuh Anda dengan baik. Jika cokelat baik untuk tubuh dan pikiran Anda, ya silakan. Bagi penderita penyakit tertentu, tidak diperkenankan menikmati legitnya cokelat. Satu lagi, jika gigi Anda sedang tidak sehat, sebaiknya hindari cokelat.
Nah, tadi aku membeli cokelat buat si nomor dua. Ternyata, ketahuan deh sama si nomor tiga. Kubilang, “Jangan makan cokelat ya, dik. Adik kan giginya bolong. Adik juga batuk.”
“Nggak kok,” jawabnya sambil memasukkan cokelat ke dalam laci.
Tapi sore tadi, dia bilang sakit lidah. Aku bingung, mana ada sakit lidah. Kata kakaknya, mungkin kegigit lidahnya atau sariawan.
Daripada penasaran dengan sakit lidahnya, aku bawa senter. Kulihat lidahnya baik-baik saja. Jadi sebenarnya yang sakit apanya?
Invertigasi dimulai! Biasanya kalau adik sakit gigi setelah makan cokelat, minuman dingin, makanan keras, seperti keripik atau kacang yang nyangkut di gigi berlubang.
Kemudian, kulihat isi laci. Oh... cokelat ibu kenapa tinggal tiga! Padahal tadi beli empat. Yang satu kemana ya, dik?
Tak mungkin kakak-kakak makan cokelat. Si nomor satu bukan penggemar cokelat, sementara si nomor dua pulang jam lima sore, dan belum tahu ada cokelat di laci. Aku tanya lagi, “Cokelat ibu yang satu mana ya?”
“Sudah kumakan,” ucapnya lirih.
Apa! Oh... aku jadi lemas deh. Mau bagaimana lagi. Cokelat sudah dimakan dan menjadikannya sakit gigi. Aduh, tangisnya meraung-raung. Jadi bingung kan! Setahuku kalau sakit gigi sulit buat ngomong. Harus segera mencari solusi.
Pertolongan pertama adalah memberikan obat pereda sakit gigi sebelum mengunjungi dokter gigi. Aku oleskan pasta gigi dulu pada gigi berlubang. Diamkan sebentar lalu kumur-kumur hingga bersih. Pilih pasta gigi untuk gigi sensitif, yang bisa dipakai oleh anak usia 6 tahunan. Kalau masih sakit, aku berikan paracetamol.
Di rumah, biasanya orang tua menyediakan beberapa obat. Nah, paracetamol ini biasa ada dirumahku. Karena sakit gigi anakku tidak mengenal jam praktek dokter gigi, maka perlu memahami penyebabnya dan memberikan pertolongan pertama.
^_^


No comments :

Post a Comment

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!