Friday, November 13, 2015

Setetes Bahagia Itu Ada di Rumah

No comments :


Apakah yang ada dalam benak kita tentang rumah? Tempat beristirahat, bermain dan bertemu anggota keluarga, atau bahkan tempat meletakkan segala macam barang,  penat dan gelisah yang tak berujung. Atau tempat mencari kebahagiaan. Tak akan pernah ada habisnya kita membahas definisi rumah yang tepat seperti yang kita inginkan.
Bagi saya rumah adalah tempat yang paling nyaman untuk merenda masa depan. Berkumpul bersama anggota keluarga, saling sapa, saling kasih dan tentu saja saling menjaga.
Ada tetes-tetes bahagia yang selalu memancar dari rumah. Darinya kita bisa belajar  menghasilkan karya nyata bagi masyarakat.
Seperti apakah rumah idaman saya? Saya ingin yang sederhana saja, rumah dengan halaman yang mencukupi untuk bermain dan berbagi cerita. Di Flipit, yang bekerjasama dengan Lazada ada kuis tentang rumah. Yang namanya kuis pasti ada hadiahnya! Menangkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000 dan Meizu M2 Note. Masih mikir? Ayo buruan! Caranya gampang kok! Kita tinggal klik-klik sesuai dengan keinginan kita. Gambarnya bagus-bagus, dijamin pasti suka. Nah, sebagai kesimpulan, nanti muncul rumah idaman kita. Gratis pula! Ternyata rumah idaman saya adalah tropical style.  
       Bagi saya gaya rumah tropical style selaras dengan alam. Aroma alam menyeruak dari perabot kayu. Apalagi ditambah dengan hamparan taman dan gemericik kolam. ehm... jadi betah berlama-lama di rumah. Anak-anak saya sangat menyukai kegiatan di luar ruangan. Maklumlah anak-anak laki-laki suka segala sesuatu yang baru dan penuh menantang. Panjang-panjat pohon misalnya. Nah, kalau memiliki sedikit halaman saja, lumayan bukan untuk menyalurkan hobi mereka.
Anak-anak juga senang mengajak teman-temannya bermain bersama. Saya setuju saja. Daripada saya kuatir mereka bermain di luar, lebih baik bermain di sekitar rumah. Silakan berkejaran, bersepeda, bermain bulu tangkis, bermain petak umpet, rumah pohon atau membuat aneka kreasi kerajianan tangan. Saya toh, masih bisa mengawasi mereka. Mengingatkan mereka ketika tiba waktu sholat. Mengajak teman-temannya bergegas memenuhi panggilan cintaNya.
Hanya saja yang perlu diingat bagi penghuni rumah yaitu harus rajin membersihkan rumah dan halaman. Maklum, segala sesuatu yang berdekatan dengan alam selalu saja mengundang makluk lain untuk datang. Semut, misalnya, mulai dari semut kecil sampai besar semuanya ada. Apalagi kalau sedang musim buah. Aduh...mengapa mereka juga ingin mencicipinya ya!
Bagi saya rumah tak perlu besar sekali. Terus terang, tenaga saya sangat terbatas untuk bersih-bersih, apalagi kalau pembantu mudik. Semua anggota keluarga harus bekerja sama. Diperlukan komunikasi yang baik agar anak-anak mempunyai tanggung jawab minimal untuk membersihkan kamarnya.
Rumah yang simple saja. Yang penting semua kebutuhan utama dalam rumah terpenuhi, seperti kamar tidur yang mencukupi semua anggota keluarga, ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang keluarga juga gudang. Meski saya bukan ahli desin rumah atau semacam itu, tapi saya sangat suka jika semua kamar tidur bisa mendapatkan udara bersih. Ditambah dengan jendela yang bisa dibuka dan  menghadap pemandangan atau taman di depannya. Aduhai..semilir anginpun di siang hari bisa dengan mudah membuat kita tertidur pulas.
Nah, rumah idaman saya memang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah dan tentu saja budget. Bagi kami, orang tua, kepentingan anak-anak adalah yang utama. Biarkan mereka bergerak, berkreasi menikmati masa kecilnya dengan bahagia. Harapan kami, dari rumah mereka bisa menjadi pribadi yang tangguh yang siap berjaya dijamannya.

Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog Flipit Indonesia


No comments :

Post a Comment

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!