Monday, May 2, 2016

Olah Raga Bersama Anak-Anak

2 comments :




Mari berolah raga bersama anak-anak. Tidak perlu memikirkan olah raga yang berat, yang menguras tenaga, dan yang membutuhkan pernak- perniknya. Olah raga bersama anak bisa juga dianggap permainan. Ya, tentu saja untuk menyenangkan anak-anak.

Olah raga baik untuk kesehatan. Selain itu masih banyak manfaat lainnya seperti mengajari anak untuk peka terhadap lingkungan di sekitarnya, menikmati pemandangan, melatih anak untuk bersyukur, meningkatkan rasa percaya diri anak dan mempererat hubungan/komunikasi orang tua dengan anak-anak.

Berikut adalah beberapa olah raga yang bisa dilakukan bersama anak-anak:
1.   Senam. Kita bisa mengajak anak-anak senam bersama. Pilih yang ringan-ringan saja yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak-anak. Di kota saya, Tuban ada senam bersama. Tempatnya di alun-alun dan GOR. Walaupun tidak ikut keanggotaannya, siapapun boleh mengikuti gerakannya. Ada instruktur yang memberi contoh gerakan.
2.   Jalan sehat. Ikut jalan sehat ramai-ramai, yang ada doorprizenya, boleh kok. Sekolah, instansi pemerintah dan swasta sering mengadakan even seperti ini. Siapa tahu dapat hadiahnya.
Kalau tidak, jalan-jalan saja di sekitar rumah. Ini sering saya lakukan ketika hari libur. Menyusuri jalan-jalan di sekitar perumahan hingga di kampung-kampung sekitarnya. Cukup menyenangkan bisa menghirup udara segar pagi hari bersama anak-anak. Untuk rute, karena bersama anak-anak, saya pilih yang dekat saja. Jadi ketika anak capek bisa cepat pulang.
3.   Lari. Jujur, saya kalah sama anak-anak. Meski anak terkecil saya masih duduk di bangku TK, tapi larinya kencang. Cukup melelahkan untuk mengejarnya. Jadinya kami berkejar-kejaran. Lumayan untuk mengeluarkan keringat, membakar lemak.
4.   Sepak bola. Karena anak-anak saya laki-laki semua, maka mau tak mau saya juga harus ikut menendang bola. Tak perlu pemain tambahan. Ketiga anak ini cukup membuat saya kelimpungan. Tendangan saya yang terlalu feminin membuat mereka tertawa. Gawangnya menggunakan dua buah batu. Tempatnya di depan rumah. Kalau ada  bola yang masuk ke gawang lawan, kita bersorak.
5.   Bersepeda. Semua anak memiliki sepeda.  Jika hari libur tak ada acara, bersepeda bisa menjadi pilihan bermain dan berolah raga. Kemana? Cari rute dan medan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak.
Kalau bersepeda bareng anak-anak, saya pilih rute dekat rumah dengan medan yang datar. Lokasi di sekitar tempat tinggal saya berbatu dan banyak tanjakan. Saya menghindari medan seperti ini. Tidak aman buat anak kecil. Sementara jika bersama kakaknya bisa lebih jauh lagi bisa melewati jalan-jalan raya di kota.
Sebaiknya di pagi hari saja. Tidak banyak kendaraan lalu lalang. Udara juga masih segar dan sehat karena polusi masih minim.
6.   Berenang. Anak-anak senang berada di kolam renang. Mereka bisa berenang, berendam, dan bermain air. Pastikan orang tua selalu berada di dekat anak-anak.
Awalnya si kecil ragu-ragu. Mulailah kakinya dicelupkan, digerak-gerakkan lalu bermain air. Lama kelamaan tidak mau keluar dari kolam renang.

Bagaimana dengan anak-anak kita? Sudahkah kita mengajaknya berolah raga? 

Have a nice day!

2 comments :

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!