Perlengkapan Travelling Bersama Anak




Menjelang long weekend, apakah ada rencana untuk travelling? Kalau jalan-jalan sendiri tidak terlalu ribet mempersiapkan barang-barang yang hendak dibawa. Tapi kalau bersama anak-anak?


Tidak mudah mengajak anak-anak travelling. Terutama yang masih bayi. Banyak perlengkapan untuk menunjang kenyamanannya. Sebelum berangkat, buatlah list barang-barang yang akan dibawa. Setidaknya list tersebut akan membantu mempermudah packing. Apa saja?

1.   Makanan dan minuman.
Minimal membawa snack dan air putih. Yang masih minum susu jangan lupa dibawa semua perlengkapan pendukung, mulai dari susus bubuk, termos mini, gelas, sendok. Buat anak-anak yang sudah bisa minum susu kotak, lebih baik membawa ini. lebih praktis.
Makanan bisa berupa biskuit kesukaan anak-anak. Atau yang agak berat seperti roti. Bisa juga lho membawa bekal satu rantang nasi berserta lauk pauknya. Tinggal nanti menepi di suatu tempat dan makan bersama sambil menikmati pemandangan.
2.   Mainan.
Agar anak-anak tidak mudah bosan, sebaiknya ajak mereka memilih mainan mana yang akan dibawa. Berada di dalam kendaraan selama beberapa jam cukup membosankan buat mereka. Kalau bisa tidur sih tidak apa-apa, itu lebih baik. kalau sedang terjaga, mainan itu cukup ampuh untuk menghiburnya.
3.   Buku dan alat tulis.
Membacakan buku untuk anak-anak di waktu senggang. Agar mereka terbiasa membaca dimanapun. Di waktu ketika tidak sedang pergi itulah saat yang tepat untuk membacakan buku cerita, mewarnai, menulis atau sekedar corat-coret.
4.   Obat-obatan.
Penting sekali untuk membawa obat-obatan. Minimal paracetamol (obat penurun panas) dan minyak kayu putih. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada anak-anak. Membawa obat-obatan adalah tindakan pencegahan jika tiba-tiba anak sakit. Lengkapi dengan kantong plastik. Jika sewaktu-waktu anak tidak nyaman dengan perutnya. Kantong plastik dipakai untuk menampung makanan yang dikeluarkan.
5.   Baju.
Bawalah baju secukupnya agar tidak memberatkan tas atau koper kita. Tidak perlulah OOTD (Outfit of the day) setiap hari. Bisa capek mengurus baju saja. Mix and match saja baju-baju casual, agar lebih leluasa bergerak.
6.   Payung, jas hujan, topi.
Sebelum merencanakan travelling perhatikan sedang musim apa sekarang. Tidak masalah travelling pada musim hujan. Belum tentu di tempat tujuan akan turun hujan. Kalaupun memang hujan setidaknya kita sudah sedia payung. Eh, sebaiknya memilih payung lipat saja. Hemat tempat. Kalau panas, pakai topi.

Pelengkapan diatas memang masih standar. Bisa saja kita menambahkan barang-barang lain. Apalagi kalau itu adalah barang kesukaan anak, seperti bantal, kasur lipat, dsb. Tujuannya agar di tempat baru anak-anak merasa nyaman dan damai dengan benda-benda yang sudah akrab.

Jika membawa kendaraan sendiri, bisa muat lebih banyak barang. Tapi, tetap saja, banyak barang menjadi ribet mengangkut, mengepak dan tidak efisien. Akhirnya, utamakan barang-barang yang penting dan paling dibutuhkan.

Memang mau travelling kemana ini? Atau mau berkemah?

Have a nice trip!
Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

Belum ada Komentar untuk "Perlengkapan Travelling Bersama Anak"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel