Wisata Tas Rajut KABOKI




Sejak sering bolak-balik ke Pasuruan, saya sering lewat di depan outlet KABOKI ini. Saya penasaran dengan papan iklannya yang ada di jalan raya Pandaan. Beberapa kali merencanakan untuk sekedar mampir namun gagal. Ya, sudah kali ini saya mampir kesini tanpa rencana.

Sebenarnya tokonya sudah tutup. Saya datang di hari kerja, sekitar pukul 17.00 lebih. Semua karyawan jam segitu sudah pulang. Jadi sekuritinya yang melayani kami.



Dari luar saya melihat ada satu bus yang diparkir di halaman Kaboki. Waktu itu saya tidak tahu jam buka KABOKI. Tapi karena ada rombongan ibu-ibu yang belanja ramai-ramai, saya ikut saja.



Bapak sekuriti bercerita bahwa dia yang meminta kunci outlet yang sudah tutup ini pada bosnya. Tanpa mengecewakan rombongan pengunjung dari luar kota, akhirnya outlet tetap buka. Karyawan bagian produksi sudah pulang pukul 16.00 tadi. Termasuk pelayan-pelayan tokonya.

Jadi saya gagal melihat proses produksi. Yang penting sudah bisa menjelajahi outlet. Lalu galau. Yeah, begitu melihat tas rajut warna warni... siapa sih yang tidak tergoda? Sementara suami dan anak-anak menunggu di luar dan meminta saya segera kembali. Eh, menjelang maghrib!

Alamat Factory Outlet:
Jl. Raya Sukorejo-Bangil KM 1,5 desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan
Telpon: 0343-615461
Selain dialamat tersebut, produk KABOKI bisa didapat secara online dan di outlet KABOKI di:
Bali      : Jl. Griya anyar no 27 Kuta (Kawasan Simpang Siur)
            Telp. 0361-764253
Jakarta: Bintaro Trade Centre Blok B1/11 (Bintaro CBD Sektor 7)
            Telp. 021-7453073

KABOKI adalah merk dagang dari PT. Velensia untuk barang produksi yang dijual di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2002. KABOKI menawarkan 3 wisata, antara lain: wisata edukasi, wisata keterampilan, dan wisata belanja.

Untuk wisata edukasi dan keterampilan diselenggarakan khusus untuk kelompok atau rombongan: lembaga pendidikan, wisatawan, instansi, organisasi di masyarakat, formal maupun informal. Gratis. Namun, sebelum melakukan kunjungan sebaiknya menghubungi KABOKI untuk perjanjian jadwal kunjungan.



Jadi selain bisa belanja tas rajut handmade, pengunjung bisa belajar keterampilan merajut dengan pelatih dari sini. Lokasinya disamping outlet.

Jam buka:
Senin-Sabtu: pukul 08.00-16.00 WIB
Minggu dan hari libur : pukul 08.00-18.00 WIB

Selain karyawan bagian produksi yang berada di lokasi KABOKI, pembuatan tas rajut ini juga dilakukan di tempat lain, di luar kota. Ada yang dibawa ke Jember, Malang, dan kota-kota sekitar Pasuruan. Dengan model dan bahan dari sini. Setelah barang sudah jadi disetor ke pabrik KABOKI untuk selanjutnya dilakukan sortir dan final checked. Jika barang tidak sesuai dengan contoh atau ada cacat sedikit saja maka akan dikembalikan, dibongkar dan dibuat seperti standar produksi KABOKI.



Barang produksi KABOKI antara lain, dompet dengan berbagai ukuran, tas juga dengan berbagai model dan ukuran, taplak meja, bros. Model tas rajut KABOKI selalu berkembang mengikuti trend, baik yang full rajut maupun yang kombinasi dengan bahan-bahan lain. Secara kualitas barang-barang disini cukup bagus. Karena barang produksi KABOKI lebih banyak diekspor ke manca negara, maka standar produksi sangat diperhatikan.




Dari sisi produksi, berbagai variasi dan terobosan terus dilakukan untuk menjaga dan mengembangkan pasar. Polypropylene diujicoba untuk menggantikan nylon sebagai bahan dasar benang, warna yang semula hanya terbatas pada warna-warna dasar dikembangkan hingga ratusan pilihan warna, kain pelapis bagian dalam tas yang semula standar ditingkatkan ke jenis waterproof.


Pada Tahun 2007, setelah PT. Velesia merelokasi pabrik dari Bali ke Pasuruan, Kaboki mulai digarap secara khusus. Pabrik baru ini berdiri diatas areal 3.800 m2, meliputi gedung kantor, line produksi dan gudang bahan baku. Dilengkapi dengan fasilitas umum seperti musholla, toilet, kantin, area breastfeeding dan tempat istirahat, tempat ini sangat memanjakan para pengunjungnya.


Selain menjual berbagai rajutan, di lokasi ini juga menjual baju dan pernak-pernik perlengkapan anak-anak dan wanita.


Selamat berbelanja!

Sumber:
pamlet
wawancara

^_^
Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

6 Komentar untuk "Wisata Tas Rajut KABOKI"

  1. saya beberapa kali melihat tas kaboki ini di olshop, kirain gak ada outlet ny ternyata ada..cba kalo deket bisa sklian liat produksinya juga :)

    diniratnadewi.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahunya pabriknya, eh outletnya. Karena sering lewat saja. Ternyata ada olshopnya juga.

      Hapus
  2. Mba keren Kaboki, keren ++ yaa ada ruang laktasi nyaa.. Dan kayanya QC nya ketat yaa mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruangannya nggak besar, tapi lumayan ada tempat buat laktasi.

      Hapus
  3. Kreatif dan bikin kepengen bawa pulang tas2nya.

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel