Sunday, October 16, 2016

Pisang Molen Goreng

16 comments :



Assalamualaikum.

Ada yang suka makan pisang molen? Keluarga saya doyan banget sama snack mungil ini. Iya, saya suka yang ukuran kecil. Maksudnya agar tidak terasa kalau sekali duduk habis 10 biji.

Pisang molen adalah salah satu snack kaki lima yang gampang ditemukan. Rasanya yang gurih, manis mengundang siapapun penggemar gorengan. Cocok sebagai teman minum teh atau suguhan buat tamu.

Beberapa kali mencoba resep pisang molen tapi saya tetap cocok dengan resep dari Ibu Hindah Muaris. Bukunya sudah lecek, mengelupas, dan sobek di beberapa bagian (pinggir) karena kena banjir. Tapi masih bisa dibaca dengan jelas.

Dengan resep ini pisang molen yang dihasilkan terasa gurih dengan tekstur yang renyah. Yang penting diperhatikanadalah dalam memilih pisang. Sebaiknya gunakan pisang yang pas matangnya. Jangan menggunakan pisang yang sudah terlalu matang. Selain susah dililit dengan kulit molen, juga karena teksturnya yang lembek dan lebih manis.

Pisang Molen Goreng

Bahan:

10 pisang raja (saya lebih suka pakai pisang kepok), kupas, iris kecil.
1000 cc minyak goreng

Adonan pelapis:

500 gr tepung terigu
100 gr gula pasir
100 gr mentega
1 sdt vanili bubuk
1 sdt garam
2 sdm susu bubuk (boleh tidak pakai)
200 cc air panas
1 butir telur ayam

Cara membuat:


  1. Aduk gula, mentega, vanili, garam dan susu. Setelah tercampur, masukkan air panas hingga tercampur dalam adonan. Masukkan telur ayam dan tepung terigu, aduk hingga tidak lengket.
  2. Tutup dengan plastik dan diamkan adonan selama 15-20 menit.
  3. Gilas adonan dengan mesin penggiling khusus. Ulangi hingga ukuran paling tipis (sampai 9). Potong memanjang dengan lebar 3 cm sehingga menyerupai pita.
  4. Lilitkan pada pisang hingga menutupi seluruh permukaan pisang.
  5. Panaskan minyak diatas api sedang, goreng pisang hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan diatas piring saji.


Selamat mencoba!

^_^

16 comments :

  1. Pisang molen ini kesuakaan anakku yg nomer 2. Aku blm pernah si coba bikin sndiri. Liat resep ini jd pingin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja. Pasti jadi kok. Yang penting ada gilingannya supaya bisa tipis.

      Delete
  2. Wuih keren bikin sendiri. Saya mah selalu beli. Takut gagal kalo bikin. Tapi, kali-kali boleh deh bikin penasaran. Makasih resepnya. :)

    ReplyDelete
  3. Wow. buatnya mudah sepertinya. saua juga suka Mba.. apalagi kalau beli yang aneka rasa itu.. yang kecil-kecil sekali hap. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang kecil-kecil itu nggak kerasa kalau sudah makan banyak.

      Delete
  4. wah kalau yang ini makanan favorit saya, saya paling suka sensai tekstur terigunya dilidah :)

    ReplyDelete
  5. enyaaaakk banget mau mau mauuuu

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  6. Suami saya suka banget ini mbaaakkk... Makasih sharing resepnya ya mbak... :)

    ReplyDelete
  7. aku sukaaaaa pisang molen.. tp di jkt blm ada nemu yg enak rasanya :(.. di aceh dulu, ada penjual molen yg rasanya sampe skr aku blm nemuin yg bisa seperti dia.. kecil kayak fotomu di atas, trs kulitnya tipis dan garing dan maniiiis ^o^.. kalo yg di jkt rata2 gendut pisangnya, trs ga crunchy pula kulitnya :( .. ini gilingannya aku tau sih bntuknya yg mana, tp blm punya aja di rumah ;D.. kalo ga pake alatnya itu, kulitnya jd ga bisa tipis garing yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cocok sama resep ini karena renyah.Trus kalau makan kecil-kecil gini gak terasa habis banyak.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!