Tuesday, October 18, 2016

Traveling Hemat Bersama Keluarga

35 comments :



Tak terasa saat ini kita sudah hampir tiba di penghujung tahun. Yang artinya sudah mendekati musim libur akhir tahun, libur sekolah. Sudah adakah yang merencanakan untuk traveling?


Masih ada waktu. Masih lama. Ah, nanti dulu. Eits, biarpun masih sekitar dua bulan lagi tak ada salahnya kita membuat rencana perjalanan. Saya memilih traveling hemat.

Apa sih traveling hemat itu?

Traveling hemat adalah traveling dengan budget rendah tapi tetap bisa menikmati fasilitas hotel dan beberapa tempat wisata yang menarik. Buat saya, hemat itu penting. Bukan berarti meniadakan pos-pos pengeluaran, namun memilih pos pengeluaran yang lebih murah.

Memang bisa traveling dengan budget rendah tapi keinginannya banyak? Bakal happy atau bahkan bikin drama? Ditambah dengan membawa anak-anak?

Jalan-jalan bersama keluarga tetap asyik meski dengan budget rendah, yang sudah kita tentukan. Tapi...ada anak-anak? Bagiamana dong? Bisa-bisa kebutuhan jadi membengkak.

Dengan memilih traveling hemat bukan berarti kita traveling dengan dana pas-pasan sehingga sulit untuk membuat pilihan. Kalau masih single pasti sangat mudah. Mau backpackeran, tidur di tempat umum, atau perjalanan dengan angkutan umum bahkan jika menumpang kendaraan sekalipun. Tapi dengan membawa keluarga kita harus membuat prioritas yang baik. Masih ada banyak hal yang bisa kita pilih untuk menikmati acara traveling ini.

Sebelum membahas tentang tips traveling hemat, perlu diperhatikan faktor kenyamanan. Iya, saya butuh tempat nyaman untuk sekedar merebahkan tubuh. Sehingga bisa melaksanakan jadwal perjalanan di hari berikutnya dengan lancar.

Bagi saya kenyamanan itu menduduki posisi yang sangat penting. Karena bisa berpengaruh pada  mood seseorang. Bakal kacau rencana traveling ini kalau anak-anak mogok gara-gara tidak bisa tidur dengan nyenyak. Atau sudah capek dalam perjalanan tapi tidak bisa beristirahat. Nah, pilih mana, murah tapi tidak nyaman atau murah tetap nyaman?

Saya yakin kita pasti menjatuhkan pilihan kedua.

Bagaimana cara mendapatkan kenyamanan?

Saat ini semakin banyak guest house, hotel, dan villa yang menawarkan kenyamanan. Fasilitas lengkap. Apapun yang kita butuhkan ada. Tapi benarkan sesuai dengan keinginan kita untuk berhemat?

Biasanya kenyamanan berbanding lurus dengan harga yang harus kita bayar. Nah, kalau sudah seperti ini, rencana traveling hemat saya bakal gagal total. Sedih ya!

Ada yang mengatakan bahwa traveling identik dengan menghamburkan uang? Karena setelah tiba di rumah jadi pusing. Sudah banyak uang yang dikeluarkan tapi tak bahagia alias menyesal.

Saya ingin rencana traveling ini bisa berjalan baik dan dinikmati oleh semua anggota keluarga. Sehingga setelah berlibur, pikiran kita tetap fresh, bahagia dan makin semangat dalam bekerja. Dengan begitu, kita tidak merasa rugi telah mengeluarkan dana untuk acara traveling. 

Buat yang suka dengan traveling hemat, percayalah selalu ada jalan keluarnya. Sudah waktunya kita memilih tempat menginap yang low budget, dengan harga murah tapi fasilitas maksimal. Memang ada? Ada dong. Zen Rooms menawarkan kenyamanan maksimal bagi pengunjungnya.

Mengapa Zen Rooms?

ZEN Rooms adalah jaringan hotel berkualitas yang berpartner dengan hotel hotel budget terbaik di seluruh Indonesia, Singapore, Thailand, Filipina, Sri Lanka, hingga Brazil. Didukung dengan tim terbaik dan teknologi terbaru, ZEN Rooms menawarkan pengalaman traveling yang lebih efisien dan menyenangkan. (zenroom.com)



Zen Rooms ini cocok juga buat kita yang membawa keluarga. Nah, kalau lihat view kamar seperti ini rasanya tidak sabar untuk segera berlibur. Booking kamar di Zen Rooms saja. Bagi saya, sangat penting untuk memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh hotel. Saya berusaha mencari yang ada kolam renang. Bukan buat saya tapi buat anak-anak. Area bermain air akan memperbaiki mood mereka saat lelah dalam perjalanan.

Sumber: zenrooms.com


Zen Rooms bekerja sama dengan online shop atau travel agent yang dipercaya untuk mempromosikan harga terbaiknya. Jangan ragu untuk menjadi membernya. Jika sewaktu-waktu ada promo atau diskon, kita pasti diberi kabar.

  
Selain itu bisa benget dengan menggunakan aplikasi. Tinggal masuk ke play store lalu pilih Zen Rooms. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kita bisa membandingkan harga di beberapa tempat dan mendapatkan penawaran terbaik.



Tips traveling hemat ala Lovely Mom

Berlibur di musim sepi akan menghemat pengeluaran traveling kita. Harga tiket masuk di lokasi wisata berbeda. Lebih mahal di musim liburan. Tapi saya membawa keluarga yang bisa traveling hanya di musim liburan. Apa boleh buat? Kita tidak mungkin mengajak anak-anak traveling sementara mereka masih sekolah. Nah, mari kita cari cara lainnya!


Membawa uang tunai. Dengan membawa uang tunai kita bisa mengatur keuangan selama berlibur. Pastikan uang yang dibawa mencukupi kebutuhan selama berlibur. Untuk traveling hemat sebaiknya sebelum berangkat  sudah membuat alokasi dana yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk menambahkan pos untuk pengeluaran tak terduga. Uang tunai ini memudahkan kita berbelanja di manapun. Selain itu tetap ya, membawa kartu ATM. Siapa tahu kita membutuhkannya.

Membawa kendaraan pribadi. Saya merasakan banyak keuntungan dengan membawa kendaraan pribadi. Untuk jarak yang tidak jauh, kita bisa memaksimalkan kendaraan ini. Lebih hemat dan sesuai dengan tempat-tempat yang kita inginkan. Jika sewaktu-waktu ingin berhenti juga mudah. Apalagi kalau ada anak yang tiba-tiba rewel. Butuh sesuatu tinggal berangkat saja.  

Membawa barang seperlunya. Sehingga tidak ada kegiatan belanja karena baju sudah habis, atau lupa membawa obat, dsb. Barang-barang yang kita butuhkan sudah dipersiapkan sebelumnya dengan membuat list barang bawaan.

Pilih destinasi wisata yang berdekatan. Dengan cara seperti ini akan memudahkan kita menemukannya, juga menghemat biaya perjalanan, tenaga dan waktu. Kita pasti tidak mau capek di jalan hanya karena perjalanan yang super lama dan bikin kaki pegal. Lalu ketika tiba di tempat wisata, sudah tidak mood lagi.

Wisata alam. Selama ini saya sering mengunjungi wisata alam dengan harga murah, murah banget atau gratis. Contohnya, pantai, air terjun, taman, dsb. Asal kita jeli, bisa kita dapatkan destinasi wisata yang menarik dan menyenangkan dengan harga tiket sekitar Rp 10.000 atau lebih murah lagi, bahkan gratis. Contohnya di taman. Disini gratis, plus banyak permainannya. Kita bisa duduk-duduk cantik sambil mengawasi anak-anak bermain.

Sebagai pengunjung kita harus bisa memaklumi kalau wisata seperti ini biasanya minim fasilitas. Hal ini bisa disiasati dengan membawa makanan dan minuman. Usahakan untuk BAK dan BAB dulu.

Menikmati menu sederhana. Sebelum berangkat, siapkan bekal makanan buat dinikmati di jalan. Setelah tiba di lokasi, pilih makan di warung dengan harga murah (warung kaki lima/di pinggir jalan). Ingat ya, pilih warung yang mengutamakan kebersihan. Untuk menu, pilih yang harga murah, aman dan sebaiknya menghindari makan pedas.



Traveling hemat seperti ini sudah lama saya lakukan bersama keluarga. Bahkan bareng mertua, dan keluarga adik ipar. Tapi ya, sebelum anggota keluarga kita sebanyak ini.



Dulu, ketika belum memiliki kendaraan, saya pilih dengan menyewa saja. Mungkin ada yang berpikir, sewa kendaraan pasti mahal. Tapi kalau penumpangnya banyak, sampai tempat duduk penuh, saya rasa lebih hemat. Hemat secara biaya maupun waktu karena langsung berangkat. Dengan cara seperti ini saya mampu memberikan kenyamanan buat keluarga.



Mari merencanakan traveling hemat bersama Zen Rooms! Sekarang juga!

^_^

35 comments :

  1. Aku biasanya coba nyari2 teman yg ada dikota tujuan biar bisa lebih hemat.. Hhee
    Maklum backpacker yg hemat, tp kapan2 mau ahh nyobain zenroom.

    ReplyDelete
  2. Tipsnya bermanfaat mba, zenrooms kamarnya bagus-bagus dan harganya terjangkau ya mba :D

    ReplyDelete
  3. Membawa barang seperlunya ini mba perlu saya inget2 haha, suka bawa barang yang nggak penting2 banget jadi malah ribet :)

    ReplyDelete
  4. Boleh dicoba nih, biar aku gak merepotkan temen di kota tujuanku :D Selama ini kalau travelling ke luar kota, pasti aku nginep di rumah temen, hihihi

    ReplyDelete
  5. traveling hemat cocok untuk budget yang gak begitu banyak ya mak, zen room ini nyaman banget

    ReplyDelete
  6. Dan untuk tujuan traveling hematnya nanti silahkan ke lombok hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow..Lombok, pantainya cantik-cantik. Pengen!

      Delete
    2. Harus kesini mba kapan2 tak tungguin

      Delete
  7. kalau saya mah prinsipnya, kalau bisa hemat kenapa enggak ya mbaa *emak2irits
    apalagi hitunganya cukup nyaman yaa

    ReplyDelete
  8. Bawa uang receh juga perlu mbak, buat masuk ke KM juga bayar tol :D

    ReplyDelete
  9. Enak, asyk dan seru banget pastinya ya, kak, kalau bisa traveling rame-rame sekeluarga. Apalagi nginepnya di Zenroom. Wah nggak mau pulang pokoknya.

    ReplyDelete
  10. betul banget, wisata ga perlu yg jauh-jauh ya jadi irittt

    ReplyDelete
  11. Halo salam kenal mba, makasih infonya yah, kayaknya cocok banget ni buat aku yang ngirit hehehe, wisata bareng keluarga ga perlu mahal yaa

    ReplyDelete
  12. Ah aku belum pernah coba liburan pakai Zenrooms ini mbak. Kok kayaknya banyak kelebihannya ya.

    ReplyDelete
  13. Just info aja, Saya selalu dapat diskon kalau booking zenrooms. Saya pakai kode promo INDONESIA .Lumayan diskon 50rb/malam/kamar TANPA SYARAT. Lumayan di Bali jadi skitar 100rb an

    ReplyDelete
  14. Mantap nih tipsnya. Cuma kalau saya terkendala di kendaraan sih mbak, krn gak punya milik sendiri. Jadi klw mau bawa brg pun terbatas. hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawa kendaraan sendiri memang harus dimaksimalkan, penumpang, barang dan destinasi wisatanya.

      Delete
  15. Setuju deh, ZenRooms memang pilihan tepat kalau mau dapet hotel nyaman ta0i hemaat

    ReplyDelete
  16. super sekali mbak tipsnya. Biasanya saya berliburan
    bersama anak istri ga kenal perencanaan terlebih dahulu dan akhirnya jebol sana sini deh tapi gapapa demi keluarga. makasih mbak

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!