Sunday, December 25, 2016

Otak-Otak Kukus Ikan Tengiri



Assalamualaikum,
Saya memilih otak-otak kukus daripada bakar karena bisa disimpan lebih lama di dalam lemari es. Jadi ceritanya, sewaktu memasak ini saya merasa tidak sanggup menghabiskan satu resep otak-otak. Bagaimana caranya agar bisa bertahan sampai besok?

Adonan harus matang dong. Oke, akhirnya saya memilih mengukus saja adonan otak-otak ini. Kalau mau makan bisa dikukus lagi atau dibakar. Semuanya sama-sama nikmat.

Memiliki persediaan makanan itu menyenangkan. Sewaktu-waktu jika saya menginginkan tinggal ambil saja.

Saya sengaja memilih ikan tengiri sebagai bahan dasar otak-otak karena ikan ini mudah ditemukan di pasar tradisional, dagingnya putih bersih dan kenyal. Rasanya dijamin enak, meskipun harganya lebih mahal.

Bagaimana kalau tidak ada ikan tengiri?

Boleh kok diganti ikan lainnya. Yang penting dagingnya banyak sehingga mudah difillet. Pilih yang tidak banyak durinya. Karena kita pasti kesulitan memilah daging dan duri yang banyak itu.

Otak-Otak Ikan Tengiri

Bahan:

200 gr fillet ikan tengiri, haluskan
100 ml santan kental
1 daun bawang, cincang
100 tepung sagu
Daun pisang
Lidi

Bumbu halus:

5 butir bawang merah
½ sdt merica bubuk
3 siung bawang putih
Garam secukupnya

Sambal kacang:

5 butir cabe merah (atau sesuai selera)
1 siung bawang putih
100 gr kacang tanah goreng
2 sdt gula pasir
Garam secukupnya
Jeruk limau atau jeruk nipis secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara membuat:


  1. Campur ikan tengiri filet dangan santan, daun bawang, tepung sagu, dan bumbu halus. Aduk rata.
  2. Siapkan selembar daun pisang, ambil 1 sdm adonan, bungkus dan semat bagian ujungnya dengan lidi. Lakukan hingga semua adonan terbungkus.
  3. Kukus adonan selama 30 menit. Angkat.
  4. Sambal kacang: haluskan cabai merah dan bawang putih sampai halus. Tambahkan kacang tanah, beri gula pasir dan garam. Tuang air lalu aduk rata. Beri perasan jeruk limau/nipis dan kecap manis secukupnya.
  5. Sajikan otak-otak hangat dengan sambal kacang.
Selamat mencoba!

^_^
Comments
14 Comments

14 comments:

  1. Otak2 itu kesukaan suamiku bangeettt.. Tapi aku jg doyan mba. Kalo udh makan ini suka ga bisa berenti, tau2 udh abis banyak aja :D. Blm prnh bikin sendiri sih, selalunya beli dr penjual yg suka lewaat di komplek rumah.. Coba sesekali aku minta mbak ku bikin ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk bikin. Bikin sendiri bisa sesuai selera kita.

      Delete
  2. waalaikumsalam (ada salam kan harus dijawab ya? hihihi)

    saya belom pernah nyobain otak-otak kukus nih! kayanya menarik <3 bisa disimpan dikulkas berapa lama mbak?

    ReplyDelete
  3. Dari tahun2 kemaren aku pengen bikin otak2 mbak.. Tapi apa daya.. Cuma sebatas pengen doank..
    Ngliat gambar otak2nya jadi pengen lagi.. Bagi dink mak.. Hehehe

    ReplyDelete
  4. enaknya langsung dimakan nih, Mbak. Hehehe....

    ReplyDelete
  5. waaa ... otak-otak! Salah satu makanan favorit saya :)

    ReplyDelete
  6. Mbak itu maksudnya lele dicampur santan, tengirinya kah? Hehe,

    Aku belum pernah makan otak-otak, kirain dulu otak-otak itu dari otak hewan apaan. Ternyata dari ikan, wkwk,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mba Mer, salah nulis. Makasih diingatkan.

      Sudah aku tulis "ikan tengiri" ya.

      Delete
  7. Dengan bikin sendiri jadi bisa memilih ikan yang bagus ya. Kadang ada pas beli eh ternyata amis banget, haha... Sambal kacangnya juga mesti yang enak dan pedas kalau saya, biar makin mantap makan otak-otaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka ikan tengiri. Tapi kalau gak ada tunul (Bahasa Tuban, nggak tahu bahasa Indonesianya apa)

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES