Friday, June 9, 2017

10 Buku Bacaan di Bulan Ramadhan






Di bulan Ramadhan ini anak-anak memiliki banyak waktu luang. Sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Salah satu cara untuk menikmati bulan Ramadhan adalah dengan memberikan bacaan yang bergizi.


Berikut ini adalah buku bacaan yang biasa saya bacakan bersama anak-anak di rumah. Buku-buku ini cukup mudah dipahami. Untuk waktu, saya tidak menetapkan waktu pastinya. Tapi sebelum membaca buku saya biasa membuat janji dulu. “Nanti jam berapa kita baca buku?”

Dengan membuat kesepakatan seperti ini dia mengerti kapan waktu membaca buku. Mungkin setelah dia selesai main-main. Anak saya tidak suka kalau di tengah main-main diajak membaca buku. Bahkan mendengarkan saja kadang juga tidak mau.

Kalau membaca buku di siang hari, saya dan anak bisa bergantian membaca. Satu halaman saya, satu halaman berikutnya si anak. Sambil santai-santai juga.

Seringnya membaca buku menjelang tidur malam. Kalau malam begini, hanya saya membaca buku. Si anak sudah mengantuk berat. Dan beberapa saat kemudian dia tertidur dengan damai.

Karena dua anak masih SD, maka pilihan buku-buku ini disesuaikan usia saja. Tapi kadang tidak sesuai teori juga. Misalnya ketika si sulung yang SMA pulang, dia juga membaca buku-buku adiknya. Bagi dia membaca buku balitapun menarik, semacam selingan juga. Bukunya colourful, dengan kata-kata sederhana dan mudah dipahami.

10 buku bacaan pilihan di bulan Ramadhan


1. 25 Nabi dan Rasul Utusan Allah 



Buku terbitan Zikrul Kids karya Yoli Hemdi dan Rina Novia ini hard cover dengan 200 halaman. Memuat kisah para nabi dan rasul dengan gambar yang menarik. Di setiap kisah ada hikmah yang bisa dipelajari bersama anak-anak. Di halaman terakhir ada nama para nabi dan rasul lengkap dengan tulisan arabnya.  

2. 100 Kisah Teladan Tokoh Besar



Buku terbitan Gema Insani ini merupakan hard cover dengan 170 halaman. Tokoh-tokoh yang diceritakan merupakan orang-orang yang melakukan keteladanan. Mereka adalah tokoh-tokoh yang menjunjung tinggi sifat-sifat mulia, seperti lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri, rela berkorban dengan jiwa atau harta, berani, sabar dan ulet. Sebuah buku yang menggugah jiwa dan penuh dengan hikmah-hikmah luar biasa.

3. 100 Kisah Hikmah Sepanjang Zaman



Buku terbitan Syaamil Kids dengan 200 halaman colourful. Kisah dalam buku ini memberikan manfaat buat orang tua dan anak-anak. Semua kisah diambil dari dunia Islam. Membaca buku ini seolah mengajak kita untuk menyelami rasa bersedekah, berbuat jujur, menolong , rajin beribadah, dsb. Sifat-sifat positif tersebut merupakan pembelajaran yang baik untuk anak-anak.


4. Superhero Islam



Buku terbitan Perisai Qur’an ini berisi 5 serial para sahabat Rasulullah yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia. Kota demi kota, negara demi negara disinggahi dan ditaklukkan dengan kekuatan iman. Dilengkapi ilustrasi yang menarik, buku ini cocok sebagai bacaan untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan. Karena mereka adalah superhero sesungguhnya.

5. 100 Kisah Jenaka



Buku terbitan DAR Mizan dengan  244 halaman ini memuat kisah-kisah lucu, tapi sarat akan hikmah. Dua tokoh kocak Arsyad dan Yusman akan mengajak kita untuk “bercanda”. Karena bercanda itu penting! Bisa menghilangkan kesedihan dan kepenatan, juga bisa menimbulkan semangat. Rasulullah sebagai teladan kita juga gemar bercanda. Hanya bercanda Rasulullah adalah bercanda kebenaran. 

6. Fabel Islam



Buku terbitan Zikrul Kids dengan 144 halaman colourful. Gambarnya cakep. Meski hard cover, lebih banyak gambarnya daripada tulisannya. Buku ini menceritakan kisah binatang-binatang yang ada dalam Al Qur’an dan merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Di akhir kisah ada hikmah-hikmah yang bisa diteladani.

7. 99 Kisah Luar Biasa




Buku terbitan transmedia, karya Ary Nilandari dan Nita Candra berisi 199 halaman. Dalam buku ini memuat 99 cerita pendek berdasarkan pada nama-nama Allah (Asmaul Husna) dan lekat dengan kehidupan sehari-hari. Tiap cerita dilengkapi dengan ilustrasi dan kolom yang berisi pengetahuan, renungan dan ajakan untuk berbuat baik.

8. Kumpulan Cerita Penyemangat Ibadah




Buku terbitan Tiga Ananda karya Tetty Ezokanzo dengan 95 halaman. Buku ini memuat motivasi untuk beribadah. Ada kalanya iman seseorang menurun dan tidak bersemangat dalam beribadah. Alias malas dan berat melangkahkan kaki mengerjakan kewajiban muslim. Nah, di buku ini ada 14 cerita yang akan mengajak kita makin semangat beribadah, makin dirindukan surga.

9. Kisah Ilmuwan Muslim



Sayang sekali saya hanya memiliki beberapa bukunya. Padahal ini seri dari Gema Insani. Yah, saya sendiri lupa membelinya dimana. Kadang ketika sedang ke Surabaya atau di toko buku dan pameran buku. Ada 3 buku kisah ilmuwan muslim yang ditulis dalam bentuk komik. Kadang komik menjadi pilihan karena lebih mudah mencerna, bahasanya sederhana dan ringkas.

10. Buku tentang ibadah 



Ada 3 buku tentang Shaum, Shalat dan Sedekah terbitan DAR Mizan. Misalnya tentang shaum, dari buku ini orang tua bisa menjelaskan manfaat, waktu, macam-macam, syarat sahnya. Untuk anak-anak, buku ini termasuk lengkap. Ada tanya jawab dengan bahasa yang mudah dicerna anak-anak. Bukunya colourful dengan ilustrasi menarik.


Sebenarnya buku-buku tersebut bukanlah buku baru. Tapitema-tema yang diangkat adalah sepanjang masa. Seperti kisah-kisah para nabi dan sahabat yang merupakan keteladanan. Banyak penerbit yang menerbitkan buku-buku sejenis. Seperti buku tentang nabi, saya memiliki beberapa buah. Ada juga buku tentang kisah-kisah teladan yang ternyata juga mirip di buku lainnya. Jadi meski sejenis tapi beda redaksinya, beda gaya bahasanya, dan beda gambarnya.

Di tengah maraknya bacaan dan tontonan imajinasi yang sering diidolakan anak-anak, saya berharap buku-buku tersebut mampu mendekatkan pada nila-nilai Islam. Bahwa Islam itu rahmatan lil alamin. Islam itu indah. Islam adalah agama yang kita yakini kebenarannya.

Mumpung masih Ramadhan, mari memperbanyak bacaan yang baik buat anak-anak, yang mampu menumbuhkan kebiasaan yang baik pula. Sharing yuk, bacaan buat anak-anak!

^_^
Comments
22 Comments

22 comments:

  1. Koleksi buku anak yang dimiliki mbak Nurrochma banyak dan 'bergizi' nih. Di rumahku masih beberapa. Anakku bekum bisa membaca, lebih seringnya sih minta dibacain. Ide untuk menyediakan bacaan di rumah dan tidak sekadar koleksi, boleh juga tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mulai anak pertama sampai anak ketiga saya bacakan buku. Setelah anak-anak bisa membaca, urusan membacakan buku mulai berkurang. Ini sih kegiatan bersama si bungsu, tapi anak keduaku juga ikutan mendengarkan. Kadang baca bergantian.

      Delete
  2. Koleksii buku anaknyaaa bagus bagusss mbaaakk. . Kalau saya dulu pas kecip suka baca buku ksah teladan gtuu. Hehehe menarik banget soalnyaa 😀
    Tfs mbaaak. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kecil saya nggak punya koleksi buku. Parah!

      Alhamdulillah, sejak anak pertama hingga anak ketiga ada buku bacaan.

      Delete
  3. Wah mba buku yang sangat bermanfaat sekali untuk pengetahuan si kecil tentangn kisah-kisah islam terdahulu dan kisah-kisah para sahabat

    ReplyDelete
  4. Bukunya keren-keren, mbak. Jadi pengen ngumpulin juga

    ReplyDelete
  5. koleksi buku islamimu banyak juga ya mbak, beberapa aku udah punya ;)

    ReplyDelete
  6. Bener banget cocok buat bocah-bocah yang lagi menjalani masa libur sekolah,

    ReplyDelete
  7. Bukunya bagus-bagus.. semoga anak2 jadi anak yg Soleh ya..

    ReplyDelete
  8. buku bukunya bisa dibaca di luar ramadhan juga nya mbak

    ReplyDelete
  9. Kisah ilmuwan muslim nih yang jarang banget diceritain sama orang tua, cenderung ke Nabi dan Rasul terus, padahal Islam pernah berjaya dengan banyak sekali ilmuwan kelas dunia. Boleh nih buat keponakan :)

    ReplyDelete
  10. sha mah baca novel. dah tamat dua novel nih! ngisi waktu luang :) kalau masih anak2 seneng banget di suruh baca buku2 kaya gitu :D

    ReplyDelete
  11. keren bangeeettt
    Ramadhan tetep produktif dong yaaa

    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES