Tuesday, June 20, 2017

Dari Kampung Kumuh Menuju Kampung Berseri


 
Saya mengenal Surabaya sebagai kota perdagangan. Orang-orang dari daerah saya, Tuban biasa kulakan barang dagangan di Surabaya. Sebut saja beberapa pusat grosir ternama seperti Pusat Grosir Surabaya (PGS),  Pasar Turi, Pasar Kapasan, Jembatan Merah Plaza (JMP), dan Pasar Atom.


Betapa kami yang berasal dari daerah ikut bangga telah ikut melakukan perputaran uang di Surabaya. Apa saja barang yang sedang booming ada disana. Mau mencari baju, tas, sepatu, sandal, dsb cukup ke Surabaya. Bahkan untuk kulakan batik tidak perlu ke daerah asalnya. Ini sangat menghemat waktu dan biaya transportasi. Lalu masalah harga? Tidak perlu risau. Sesama pedagang pasti tahulah. Untung sedikit atau banyak, masing-masing bisa mengetahuinya.

Menjadi pusat perdagangan terbesar di Jawa Timur saja tak cukup membuat Surabaya menjadi kota yang selalu nyaman dan menyenangkan bagi warganya. Karena pembangunan di sektor perdagangan setidaknya mampu mendongkrak peningkatan pendapatan warga. Memajukan masyarakat hingga pelosok kampung. Meski fakta di lapangan tidak seperti itu.

Nah, dari sinilah muncul gagasan untuk membangun Kampung Keputih Tegal Timur yang terletak 7 km dari laut Jawa. Kampung ini dipilih Astra karena identik dengan kampung yang kumuh, banyak tumpukan sampah karena memang dipakai sebagai tempat pembuangan akhir.



Lingkungan buruk ini menyebabkan masyarakat tidak bisa hidup sehat. Terlebih diperparah dengan sulitnya mendapatkan air bersih. Warga harus rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan air yang dijual dalam jirigen. Sementara tingkat pendapatan mereka yang rendah, 57% masyarakatnya adalah buruh harian, pemungut sampah dan ibu rumah tangga.

Pada tahun 2013, Tri Priyatno (koordinator KBA, Kampung Berseri Astra) bersama rekan-rekannya mengajak warga untuk menanam tanaman bunga, obat-obatan dan buah-buahan dengan media polybag. Melalui program-program bantuan dari Astra, kampung Keputih menunjukkan kemajuan.



Memasuki gapura kampung, terlihat deretan rumah-rumah warga yang tampak asri, bersih dan rapi dengan hiasan tanaman toga dan bunga. Tidak ada sampah berceceran. Lalu ada lumbung pangan yaitu tanah kosong yang dikelola warga dengan tanaman sayuran. Hasilnya untuk dinikmati bersama.

Kampung Keputih ini merupakan Kampung Berseri Astra (KBA) yang sesuai dengan 4 pilar CSR Astra, yakni pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan kesehatan di kampung binaan. Berbagai program yang digulirkan berhasil membuat warga meningkatkan kesejahteraan ekonomi.






Lewat KBA kampung binaan mendapatkan program rumah pintar, PAUD dan beasiswa di bidang pendidikan; bank sampah, pusat pembudidayaan tanaman, pengolahan sampah terpadu dan pembuatan kompos masyarakat (lingkungan); pemberdayaan bisnis UMKM atau Income Generating Activities (ekonomi), dan; pembinaan posyandu, pengobatan gratis dan pola hidup bersih dan sehat (kesehatan).

Program unggulannya adalah water treatment plant sumbangan dari Astra. Kebutuhan akan air bersih sangatlah penting guna menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari. Cara kerja mesin WTP seharga Rp70 juta ini menurut Tri Priyono, setelah dialirkan melalui pipa, air Kali Jagir langsung masuk tabung mesin untuk memisahkan kotoran. Dari tempat ini kemudian diberi zat kimia PVA sehingga endapan lumpur akan terpisah. Baru setelah itu diberikan kaporit dan dialirkan ke tangki penampungan. Dari tangki penampungan ini kemudian dialirkan melalui pipa ke rumah rumah penduduk. Air bersih ini dimanfaatkan oleh 193 warga dari RT 03, 04 dan 08. Air ini sudah layak untuk diminum dan dimasak.



Rumah hijau, atau tempat pembuatan dan pengelolaan sampah menjadi kompos, bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan warga.

Rumah pintar, dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kriya seperti pembuatan tas.

Selain itu ada kebun pembibitan, recycle air wudhu, sarana bermain anak dan sentra audio visual.

https://ulvi90.wordpress.com


Keunggulan kampung berseri Astra adalah:

Nyaman. Karena sudah banyak tanamannya, kampung ini tak lagi sepanas dulu. Sebaliknya suasana asri dan guyupnya warga membuat kampung ini layak huni.



Memiliki usaha kecil menengah yang dikerjakan langsung oleh ibu-ibu, pusat pembudidayaan tanaman dan pembuatan kompos. Selain itu juga sebagai pusat pelatihan bagi para pengunjung yang ingin belajar bercocok tanam dan pembuatan pupuk kompos. Bagaimana? Menarik untuk dikunjungi, bukan?

Andaikan semua kampung di Indonesia bisa berbenah seperti ini, saya yakin kemandirian ekonomi masyarakat semakin baik.



Penghargaan:

Melihat berbagai kerja keras dan kemajuan yang dilakukan warga, walikota Surabaya Tri Rismaharini menganugerahkan berbagai penghargaan, antara lain:

Surabaya Clean and Green, kategori Pemula.

Kategori Partisipasi masyarakat Green and Clean, Kategori Berimbang, tahun 2014.

Penghargaan untuk Pengelolaan Lingkungan Terbaik Green and Clean kategori maju se-Surabaya, tahun 2015. 

Meski banyak rintangan dalam membangun kampung binaan, warga bersemangat dan tetap optimis. Saat ini warga telah mampu mengelola lingkungannya secara mandiri dan merasakan manfaat nyata ini. 

Sampai tahun 2015, Astra telah membina 16 KBA yang tersebar di wilayah Jakarta, Kep Seribu, Tangerang, Surabaya, bandung, Bali, Balikpapan, Bekasi, Depok dan Sulawesi Barat. Sedangkan di Jawa Timur, selain KBA Keputih tegal Timur Baru, Astra sedang merintis KBA di wilayah Rungkut Menanggal (Surabaya).


Pada prinsipnya dimanapun instalasi Astra berada, harus bisa memberikan manfaat bagi warga dan lingkungan sekitarnya.


Melalui kontribusi dan program tanggung jawab sosial yang seimbang, Astra berupaya membangun ketahanan masyarakat dan lingkungan sekitarnya sejak lebih dari 40 tahun yang lalu, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia.

Melalui SATU Indonesia, Astra mengembangkan dan meningkatkan keterlibatan perusahaan dalam mendukung pembangunan Indonesia, berkontribusi secara berimbang dalam menjalankan bisnis berkelanjutan, sehingga goal Astra tahun 2020, menjadi kebanggaan bangsa dapat tercapai.

Kampung Keputih ini sudah memenuhi 4 pilar CSR Astra yaitu Astra Cerdas, Astra Hijau, Astra Kreatif, Astra Sehat yang dijabarkan sebagai berikut:
 


  • Pendidikan
    Program CSR Astra di bidang pendidikan meliputi hardware, software dan brainware. Pada tahun 2015, sasaran program pendidikan juga semakin diperluas menyentuh para peserta didik dan guru-guru di berbagai wilayah Indonesia. Program CSR atau kontribusi sosial Astra di bidang pendidikan dilaksanakan melalui 198 perusahaan Grup Astra dan 9 yayasan yang bernaung di bawahnya.
  • Lingkungan
    Sebagai sebuah organisasi yang bertanggung-jawab, Astra selalu mengelola dampak bisnis terhadap lingkungan. Upaya pelestarian lingkungan dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan serta menjaga stabilitas lingkungan untuk menjadi tempat hidup. Fokus program lingkungan di Astra berupa: konservasi, sanitasi lingkungan dan kampanye gaya hidup ramah lingkungan.
  • UKM (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat)
    Program IGA dikembangkan sesuai dengan hasil pemetaan sosial dan menggali potensi wilayah untuk dapat diubah menjadi manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat, melalui strategi pelatihan, perluasan jaringan pemasaran dan pengembangan aktivitas kewirausahaan lainnya.
  • Kesehatan
    Fokus Astra pada program CSR kesehatan adalah kesehatan ibu dan anak serta akses kesehatan bagi lapisan masyarakat prasejahtera.

Peran serta KBA antara lain pembinaan potensi usaha yang dimiliki warga. Astra akan memberikan modal bergulir, pendampingan, pelatihan dan dibantu dalam pemasaran produk warga. Namun warga juga diharapkan untuk aktif mencari peluang ekonomi melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh swasta dan pemerintah.

Semoga semakin banyak kampung-kampung berseri di tanah air. Semakin berdaya guna bagi lingkungan dan warganya. Kalau kampung Keputih bisa berbenah, menjadi lebih baik, saya yakin kampung-kampung lainnya pasti bisa!





Sumber bacaan:

https://www.astra.co.id/Media-Room/Press-Release/Laporan-Kinerja-Sosial-Tahun-2015-Konsistensi-Corporate-Social-Responsibility-CSR-Grup-Astra

http://surabayakita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=11483:melihat-dari-dekat-ukm-dan-kampung-berseri-binaan-astra&catid=67:ukm&Itemid=209

http://www.antaranews.com/berita/587431/kampung-berseri-astra-ubah-tempat-sampah-jadi-jawara-lingkungan

http://www.beritajatim.com/peristiwa/220919/astra_lahirkan_kampung_berseri_di_eks_tpa_keputih.html

https://ulvi90.wordpress.com/2016/04/09/behind-the-scene-hunting-berita-untuk-apa/

http://satu-indonesia.com/artikel.php?id=109

http://www.beritasatu.com/lingkungan/217322-kampung-kumuh-di-surabaya-menjadi-kampung-berseri-astra.html

https://www.astra.co.id/Media-Room/Press-Release/Laporan-Kinerja-Sosial-Tahun-2015-Konsistensi-Corporate-Social-Responsibility-CSR-Grup-Astra

http://surabaya.tribunnews.com/2015/09/23/kampung-pahlawan-kebersihan-asri-tapi-tak-tersentuh-wali-kota

^_^
Comments
16 Comments

16 comments:

  1. Keren banget programnya. Coba tiap tiap tempat kumuh diubah kayak gitu, ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin banyak daerah kumuh yang tersentuh program CSR Astra ini.

      Delete
  2. wah hebat ya, betul sekali air bersih adalah termasuk salah satu kebutuhan yang fital, dg program unggulan ini semoga kebutuhan air bersih terpenuhi dengan kebersihan dan kesehatan

    ReplyDelete
  3. Meski kampung mendengarnya selalu berkesan kumuh atau tertinggal, tapi dewasa ini makin banya yg berbnah mbak. Misalnya kampung wisata, semua warga pun turut bergerak agar kampungnya semakin maju.
    Seneng aja liatnya, kampung yg dulu berkonotasi buruk, sekarang sudah menjadi daya tarik tersendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lihat juga seperti itu. Sudah semakin baik kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan berbenah. Karena itu bisa menjadi potensi wisata.

      Delete
  4. Asri dan berseri. Saya jadi ingin berkunjung ke sana. Surabaya, oh, Surabaya.

    ReplyDelete
  5. asri, sejuk, nyaman. semoga ke surabaya bisa mampir ke kampung ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Banyak tempat yang bisa dikunjungi di Surabaya.

      Delete
  6. Csr nya astra keren banget. Coba dulu kampung deket komplek rumahku bisa dipercantik begini. Kadang g abis pikir ama org yg betah rumahnya kotor mba. Kok tahan yaaa.. Msh banyak yg bgitu deket rumahku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga semakin banyak menyentuh kampung-kampung yang kondisinya memprihatinkan.

      Delete
  7. kampungnyaa kece bangeet ya mbaak :D semangaaatnya tinggi banget buat merubah kampungnya jd hijau asri seperti saat ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kampung2 lainnya mesti belajar disini nih.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES