Monday, July 24, 2017

Berpikir Out of the Box ala Kak Towo





Apa yang ada dalam benak kita ketika gambar Harry Potter menjadi iklan sebuah sekolah?


Mungkin sedikit aneh. Atau sudah biasa? Harry Potter, siapa yang belum mengenal tokoh fantasi karya J.K. Rowling ini? Yang novelnya menjadi best seller. Yang filmnya dinantikan para penggemar. Harry Potter benar-benar menyihir saya, anak-anak dan siapa saja yang menginginkan cerita yang berbeda di masa itu. Membaca novelnya seolah sedang menjelajahi alam mimpi. Kisah seru diramu dengan menarik dan tidak membosankan. Bayangkan untuk satu novel tersebut berapa ratus halaman!



Lalu apa hubungannya dengan iklan sebuah sekolah? Gambar Harry Potter dipilih sebuah sekolah di kecamatan Merakurak, Tuban untuk mempromosikan sekolah. Baliho bergambar Harry Potter tersebut akhirnya viral di dunia maya.

Berawal dari ide ustadz Muhammad Maghfur Lc. yang berangan-angan agar promosi sekolah bisa mudah dipahami dan tentu saja menarik. Di tangan Adhi Sutowo  atau biasa dipanggil Kak Towo, ide cemerlang itupun diwujudkan dalam bentuk baliho dengan gambar Harry Potter. Dalam baliho tersebut ditulis “Marry Pinter” sebagai plesetan dari Harry Potter. Sekilas tampak menyerupai gaya penulisan Harry Potter yang selama ini kita kenal.

Baliho tersebut mampu membuat banyak orang penasaran. Ada yang memotret lalu diupload di instagram. Begitulah hingga foto baliho tersebut semakin dikenal luas.

Dengan Gambar Harry Potterrnya sama, tangan kanan memegang buku tebal sedangkan tangan  kiri memegang tongkat sihir. Tapi iklan!

Merasa tertipu? Tidak! Justru disinilah kreatifitas itu sesungguhnya. Menganut prinsip ATM (Amati - Tiru - Modifikasi), baliho ini sukses dikenal masyarakat. Dengan mencari ide yang dekat dengan keseharian kita, iklan menjadi mudah dipahami. Asal tidak meniru logo, merk, dan hal lain yang dilindungi oleh hukum.

Mengenal Kak Towo

Saya senang bisa menjadi bagian dalam komunitas Blogger Tuban. Meski sampai detik ini belum pernah ada kopdar, tapi kita saling mendukung, terutama di dunia perbloggeran. Terbukti ketika saya memiliki masalah seputar blog, teman-teman segera menjawab pertanyaan saya. 




Pada kesempatan ini, saya ingin mengenalkan Kak Towo. Pria kelahiran Tuban ini mengenyam pendidikan Teknologi dan Informasi dengan serifikat dari PENS-ITS. Saat ini bekerja sebagai tenaga Tata Usaha di MA Salafiyah. Selain kesibukannya disekolah, Kak Towo biasa menjadi MC berbahasa Jawa (pranatacara). Buat teman-teman di kota Tuban dan sekitarnya barangkali membutuhkan MC, silakan untuk menyimpan nomor kontak kak Towo.

Yang menarik dari blognya kak Towo adalah informasi penting seperti dalam postingan “Cara Mengurus Kartu Keluarga atau Menambahkan Anak yang Baru Lahir di Disdukcapil Kabupaten Tuban”. Judulnya memang panjang, tapi sebenarnya bisa dibuat lebih efektif. Tulisan ini berisi informasi yang sangat dibutuhkan, singkat, padat dan jelas. Kak Towo senang ketika tulisannya bermanfaat. Tapi kemudian kalau ada yang japri dan minta dibuatkan akte bagaimana? Halah! Beginilah resikonya jika tulisan kita dimaknai dengan salah.



Ingin berkenalan dengan Kak Towo? Berikut ini adalah akun media sosialnya:

Facebook : Kukuh Prabu Fajar
Twitter    : @adhi_sutowo
IG          : @dhitatuban
Youtube  : Adhi Sutowo
Email     : dhitatuban@gmail.com
Blog       : www.kaktowo.com
WA         : 085745344525


^_^
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. Artikel keren, yang ditulis juga keren. Sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Benar-benar out of the box yaah. Saya aja gk kepikiran, baliho promosi sekolah yang kebanyakan formal, kali ini dibuat beda berkat kreatifitas kak towo dan kawan-kawan.

    ReplyDelete
  3. Gak nyangka. Dengan bergabung di blogger Tuban, saya bisa mengenal orang2 hebat. Misalnya Kak Towo, dan juga admin blog ini.
    Dan sepertinya saya harus merguru sama mereka nih.. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Terima kasih mbak nur....semoga bkogger Tuban semakin bermanfaat bagi anggota group ini khususnya, dan masyarakat luas tentunya, Amiiinnn...

    ReplyDelete
  5. Bagus mbak reviewnya.
    Jadi banyak belajar bagaimana menulis yg baik dr blog ini

    ReplyDelete
  6. Cerdas tuh pake gambarnya Harry Potter. Ngena banget, refleks orang bakalan liat loh

    ReplyDelete
  7. Kreatif ya. Baner marry pinternya..

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES