Wednesday, August 9, 2017

Tips Mencari Ide Menulis dari Kang Djacka Artub





Salah satu hambatan bagi seorang penulis mapun blogger adalah tidak ada ide. Rasanya mandeg, mentok sampai disini. Tidak ada lagi yang bisa ditulis. Ada yang pernah merasa seperti ini?


Mau menulis apa lagi, kok tidak ada ide!

Semua sepertinya sudah ditulis. Sekarang ... tidak ada ide segar apalagi menarik. Atau pernah merasa sudah duduk di depan laptop tapi tak kunjung menulis satu kalimatpun. Oh, no!

Mungkin kita butuh “piknik”. Sekedar refreshing dengan berjalan-jalan di sekitar rumah. Bertemu dengan tetangga dan teman lalu saling menyapa. Atau butuh hiburan dengan menonton film. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk sekedar membuat jeda lalu kembali ke laptop.

Jamil Azzaini (inspirator sukses mulia) menuliskan 5 cara mencari ide untuk menulis: mengalami, mendengar, mengkhayal, membaca dan mengamati. Bagi beliau menulis yang paling mudah adalah yang dialami dan dilakukan sendiri. Terbukti buku-buku best seller internasional bersumber dari pengalaman hidup penulisnya. Selain itu kita bisa menangkap kejadian di sekitar. Lalu mengamatinya. Pasti ada kejadian yang menyentuh hati, yang bisa menjadi self reminder, dsb. Nah, tak ada salahnya untuk ditulis dan berbagi kisahnya.

Senada dengan Jamil Azzaini, kang Djacka Artub dalam sebuah judul artikel motivasinya menuliskan beberapa contoh ide untuk menulis. Intinya adalah dengan menggali pengalaman kita sehari-hari. Berbekal pengalaman tersebut akan mempermudah kita untuk memulai menulis.

Meski kata kang Djacka, menulis hanya untuk mengisi waktu luang, namun di blognya bisa kita jumpai beberapa label fiksi. Oh ya, dengan mengambil judul Lembar Jejak Aksara, sudah mencerminkan karya-karya fiksi. Sebut saja, Cerita Bersambung, Cerpen dan Fiksi.



Nah, buat yang masih mencari ide untuk menulis, kang Djacka memberikan beberapa contoh:

Tertidur pada saat belajar
Bernyanyi sendiri di kamar mandi
Ketakutan dikejar anjing
Pengalaman saat rekreasi bersama teman atau keluarga
Pengalaman ketika belajar berenang
Pengalaman ketika belajar naik motor

Sementara saya sering banget menggali ide pengalaman rekreasi bersama keluarga dalam label traveling. Nah, benar bukan! Ide itu bisa dari pengalaman pribadi. Lebih mudah menulis dan menyampaikan pesan kepada para pembaca.

Pengalaman tersebut kalau ditulis semuanya pasti banyak. Bisa dibuat bersambung juga. Artinya kita tidak akan kehabisan ide untuk menulis. Jadi... tunggu apa lagi, ayo menulis!

Tips dari Kang Djacka Artub untuk memulai menulis:


Kita bisa menggunakan ide-ide di atas untuk memulai aktivitas menulis di waktu santai.
Tulis kejadian kecil yang pernah kita alami, baik ketika kita masih usia anak-anak, maupun saat kita menginjak usia remaja. Dan hal ini adalah tips menulis dan ide ringan bagi penulis pemula.
Dan tentunya kita juga tidak bosan membaca untuk menambah pengetahuan dan perbendaharaan kata sehingga kita akan dapat menulis dan selalu bisa memunculkan ide-ide menarik untuk dijadikan sebuah tulisan.


Sejujurnya saya penasaran dengan nama pena kang Djacka. Ah, meski dalam satu komunitas Blogger Tuban, tetap menggunakan nama Djacka Artub. Atau jangan-jangan kembarannya Jaka Tarub. Nama itu jika dibolak-balik mirip, kok. 

Yuk kenalan dengan Kang Djacka melalui media sosialnya:

Twitter :  @Djacka_Twing
Facebook: Djacka Artub

Semoga bermanfaat!

^_^


Comments
17 Comments

17 comments:

  1. tertidur saat belajar, gimana nulisnya, hahahaha

    ReplyDelete
  2. Kang djacka memang memberikan motivasi menulis dari ide2 yang sederhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang gampang ditulis itu tentang pengalaman pribadi.

      Delete
  3. memang menulis itu lebih enak dari pengalaman sendiri ya...

    ReplyDelete
  4. Hahah.
    Bisa gitu ya.
    Perlu di coba ni kayaknya.

    ReplyDelete
  5. Kang djack memang terkenal dengan inspirasi dalam membuat ide-ide mengalir, saya pun banyak belajar dari beliau..

    ReplyDelete
  6. Aku bintangin yah mba, pengen maen ke blognya Djaka Artub. :D
    Eh iya ya, jejaka arek tuban ini. Hehe

    ReplyDelete
  7. gara-gara baca ini, saya jadi ada ide buat nulis postingan tentang anjing pitbull tetangga..
    haha..ada manfaatnya juga blogwalking,
    Makasih mba atas share tipsnya

    ReplyDelete
  8. Tulisan dari pengalaman sendiri lebih enak diolah ya :D kadang kalo dapet satu ide, sering juga menghubungkan dengan pengalaman yang pernah saya lewati.
    Hal kecil dan remeh pun bisa menjadi sumber ide ya ^^

    ReplyDelete
  9. Eh, saya kok ketinggalan komentar di sini ya. Hahaa
    Tapi ga apa lah. Yang penting saya sudah baca dan sudah share di dua media sosial saya sejak awal. Hehe

    Makasih atas reviewnya,mbak.
    Mengenai nama, tak perlu dibikin penasaran. Meskipun nama adalah doa,tetapi apalah arti sebuah nama. Wkwkwkkwkk

    ReplyDelete
  10. Mas djacka ini tipe blogger romantis ya. Hehehee

    ReplyDelete
  11. Waahh! Selain Ahli perondo-rondoan 😂😂 kang jack ini juga pakar dan ahli menulis..ok salam buat kang jack..😃😃

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES