Saturday, September 9, 2017

Inovasi Adalah Keniscayaan Bagi Blogger





Saya mengenal mas Andhika ini dari komunitas Blogger Tuban. Orangnya ramah dan cepat merespon pertanyaan teman-teman blogger. Jadi, kalau ada yang bertanya tentang blogging, sofware dan komputer, beliau ini mudah berbagi ilmu. Buat yang gaptek macam saya, rasanya terbantu sekali. Termasuk untuk memberikan komentar di blog. Sering sekali yang pertama berkomentar.


Filosofi Perahu

Entah mengapa saya merasa perlu mengetahui makna dibalik perahu layar kertas yang dijadikan nama blog mas Andhika. Selama ini saya biasa mengenal nama orang/pemilik blog yang dijadikan nama blog. Atau nama yang benar-benar mencerminkan isi blog.

Saya yakin perahu layar kertas bukan sekedar nama. Pasti ada makna tersirat di dalamnya. Karena nama itulah para pembaca menemukan dan mengenal blog, tertarik menikmati kata-kata yang meluncur deras di setiap postingan dan memahami cara berpikir penulisnya.

Namun, kemudian saya sadar. Ada banyak blogger yang menggunakan nama-nama tertentu yang jelas jauh dari dugaan pembaca. Daripada meraba-raba makna dibalik perahu layar kertas lebih baik bertanya langsung kepada pemiliknya. 

Mas Andhika menanggapi pertanyaan saya dan memberikan penjelasan sebagi berikut:

Delapanbelasfebruari.wordpress.com


Perahu itu identik dengan orang pesisir. Mas Andhika dilahirkan di daeah pesisir. Sebut saja blogger pesisir.

Layar memiliki makna menjadi penggerak atau motivasi bagi  perahu itu. Khususnya ilmu untuk teman-teman blogger Tuban.

Kertas merupakan catatan. Nah, catatan mas Adhika tentang ilmu, pengetahuan, dsb terangkum dalam blog.

Huff, bicara makna, ternyata luar biasa. Semoga selalu menjadi inspirasi buat kami, para pembaca maupun blogger yang menjadikan blog sebagai sarana berbagai ilmu, pengetahuan dan pengalaman.

Semula saya membayangkan bahwa blog ini berisi karya sastra atau sejenisnya. Memang di awal ngeblog (2009), mas Andhika memilih tema sastra. Kemudian pada tahun 2010 beralih ke informasi dan teknologi sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Apapun itu, perahu layar kertas tetaplah blog yang sarat ilmu dan pengetahuan.

Selalu Ada Inovasi Untuk Anda

Blogger yang berasal dari desa Sukolilo, kecamatan Bancar, Tuban ini adalah seorang freelancer mulai dari Junior Web Developer, Android Development, Analis IT/IS, dan CTO Perahu Layar Kertas. Tak heran dengan keahliannya ini berani membuat tagline inovasi. Saya mungkin akan terengah-engah ketika bicara inovasi. Seperti apa inovasi itu dan bagaimana penerapannya untuk blog? 

Ah, saya masih tertatih-tatih mengeja coding, design, dsb. Kadang menyerah, tapi ngeblog hanya mengandalkan tulisan saja tak cukup. Mas Andhika membuat sebuah keyakinan yang patut ditiru. Tak ada yang tak mungkin ketika kita mau mencoba.

Sesuai dengan tagline “Selalu ada inovasi untuk Anda”, blog ini menyajikan ilmu yang bermanfaat.

Perahu Layar Kertas merupakan blog atau website personal yang diberikan untuk informasi dan wawasan seputar Teknologi Informasi dan Komunikasi agar semua masyarakat awam paham akan dunia internet serta lainnya. Konten Baik Hasil Uji Pengalaman Penulis baik secara teks, gambar dan video; Perjalanan (Melancong); Tips Trik Ngeblog, dan masih banyak lagi. (Profil blogger)

Untuk memudahkan para pembacanya, tersedia aplikasi yang bisa diunduh di Playstore. Bukan saja untuk pembaca dewasa, namun ada juga untuk anak-anak. Berikut ini beberapa aplikasi buatan mas Andhika.


Saya yakin kreativitas mas Andhika dalam mengelola blog akan menghadirkan aplikasi-aplikasi selanjutnya. Juga tentang pemrograman yang mampu meraih banyak pembaca. Ehm... di bagian ini saya menyerah saja.

Meski sudah beralih ke tema informasi dan teknologi namun di blog ini kita tetap menemukan cerita-cerita ringan seputar kampung halaman. Ya, kampung halaman selalu menarik untuk diangkat sebagai sebuah cerita. Tentang kebiasaan, adat hingga kuliner. Kegiatan warga di kampung Bulu tak luput dari perhatian mas Andhika. Bahkan ada informasi tentang perkiraan cuaca. Ini sangat penting bagi warga pesisir terutama daerah Bulu yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan.

Kegiatan di bulan Agustus lalu yang ramai termasuk tema yang menarik. Perahu layar kertas mengangkat tema pawai budaya yang dilengkapi dengan video. Lainnya? Masih banyak. Silakan berkunjung ke perahu layar kertas!

Happy reading!

^_^

Sumber gambar perahu: 
Delapanbelasfebruari.wordpress.com
Comments
16 Comments

16 comments:

  1. Wah senang bisa dapat ilmu perbloggeran dari pakarnya ya Mbak Rochma, bisa belajar banyak👍

    ReplyDelete
  2. Dulu sejak awal memang belum punya topik dari basic CTO nya, kemudian sejak ada ide untuk memberi inovasi.. perahu memutar haluan untuk ke TIK mbak nur. Yang pntg pembaca itu merasa senang dan paham dengan yang disampaikan. Matur suwun atas reviewnya..

    ReplyDelete
  3. Blog nya mas Andika selalu berusaha menghadirkan informasi yang dicari pembaca, sehingga inovasi merupakan pilihan tepat untuk merangkul banyak pembaca.

    ReplyDelete
  4. Dengan bergabung di komunitas blogger tuban, akhirnya saya dapat menemukan para blogger hebat yang se-daerah. Seperti mbak Nur Rokhmah dan mas Adhika dan yg lainnya begitu sangat menginspirasi untukku agar tetap menulis.
    Mas Andhika ini sendiri, saya mengakui kehebatannya dalam mencari Sumber inspirasi.
    Top poko'e... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih, mas Djacka juga. Sama-sama menjadi inspirasi menulis.

      Delete
  5. untuk mempelajari seluk beluk blog nggak mudah buatku. mengganti template blog saja bisa berjam-jam dan akhirnya aku nyerah dan minta tolong teman.. harus banyak belajar nih

    ReplyDelete
  6. wah, jadi blogger harus punya inovasi ya. saya cuma hobi nulis aja sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas. Belum bisa berinovasi. Saya pun mengandalkan tulisan. Foto masih ala kadarnya.

      Delete
  7. Adanya inovasi melahirkan kreasi, seorang blogger harus memiliki semangat untuk terus menginovasi tulisannya sehingga bisa menarik untuk dibaca. Salam kenal Kak...

    ReplyDelete
  8. Namanya mudah diingat ya, dan situs ini bermanfaat buat yang pingin tahu lebih banyak masalah teknologi informasi

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES