Sunday, October 15, 2017

Lemon Mint: Obat Batuk Alami

daun mint




Akhir-akhir ini saya sering upload foto minuman lemon mint di instagram. Lalu ada beberapa teman yang bertanya bagaimana cara membuatnya. Di instagram itu juga saya menjawab pertanyaan seputar lemon mint.

Ada banyak cara untuk meredakan batuk dengan bahan-bahan alami. Contohnya dengan minum jahe hangat, jeruk nipis dan madu atau kecap. Banyak deh. Ada yang cocok dengan satu resep ada pula yang tidak. 

Nah, kali ini saya sharing pengalaman saja ketika mengkonsumsi lemon mint. Siapa tahu ada cocok menggunakan resep lemon mint untuk menyembuhkan batuk. Saya tidak menjamin bahwa resep ini adalah yang paling tepat. Karena tubuh kita tak sama, penyebab batuk dan tingkat keparahan itupun tak sama.

Pertolongan pertama untuk meredakan batuk biasanya dengan minum minuman hangat. Tujuannya untuk mengencerkan lendir/dahak. Setelah minum, tenggorokan terasa agak lega. Saya bahkan minum berkali-kali dalam sehari.

Si batuk masih juga bertahan. Suara saya serak dan tak bisa bicara lama. Badan juga sakit. Terutama area leher dan punggung. Untuk tidur saja saya kesulitan. Saya butuh waktu cukup lama meski sudah memejamkan mata. Miring ke kanan, ke kiri hanya untuk mencari posisi yang lega untuk bernafas. Itupun sudah memakai dua bantal yang ditumpuk.

Mulailah saya menggunakan obat batuk. Hingga suatu hari seorang teman main ke rumah. Dia membawa daun-daun mint yang segar. Aduh, kebetulan sekali.

Jujur, awalnya saya hanya coba-coba. Waktu itu saya memang sedang batuk. Mulailah saya membuat satu cangkir lemon mint hangat. Rasanya enak. Di tenggorokan juga lega. Padahal kalau sedang batuk, rasanya makan dan minum serba salah. Makanan pedas dan minuman dingin adalah pemicu semakin parahnya batuk kita.

Seperti yang kita ketahui beberapa obat batuk menggunakan perasa dan aroma mint. Aroma mentol pada daun mint memang kuat. Bahkan daun mint yang kering saja masih beraroma. Aroma mentol ini mampu melancarkan saluran pernafasan dan mengencerkan lendir di hidung.

Langsung saya meracik minuman lemon mint. Karena masih belum tahu takarannya, maka saya memasukkan banyak daun mint. Tanpa gula. Maksudnya agar batuk segera reda. Akibatnya, minuman ini lebih pahit dan perut terasa agak mual.

Walaupun obat alami, tetap ya jangan berlebihan. Apapun kalau berlebihan bisa menyebabkan penyakit lainnya.

Resep lemon mint:

1 gelas air panas
1 iris lemon
1 sdm gula pasir (bisa juga menggunakan gula batu)
5 daun mint (kalau daunnya berukuran besar, bisa dikurangi)

Minum selagi hangat. Sehari bisa dua kali.

Apakah langsung terasa khasiatnya?

Tidak! Saya butuh beberapa hari untuk sembuh. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Bagaimanapun kita menggunakan obat, baik alami maupun tidak, tetap yang namanya istirahat itu penting.

Tubuh kita sedang kelelahan. Mari kita memberikan hak tubuh untuk sekedar istirahat. Satu yang perlu diingat, tetaplah berdoa memohon kesembuhan.

Well, teman-teman pernah menggunakan resep alami apa untuk meredakan batuk? Sharing di kolom komentar, yuk!

^_^

Bacaan:

https://www.dokter.id/berita/manfaat-daun-mint-bagi-kesehatan
http://www.alodokter.com/yang-mau-tahu-manfaat-daun-mint-cek-di-sini
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. kemarin mau tanam pohon mint, terus di pikir buat apa. Ah ya, ternyata bisa buat minuman dan obat yaa :D

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah nanam daun mint, karena gagal, jadi males lagi hehe.. Ternyata baik juga buat terapi pernafasan ya.

    ReplyDelete
  3. Aku sampai sekarang belum pernah nyobain daun mint di rumah. Suka bingung mau dibuat apa, mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat minuman, sama buat foto-foto, cakep, mba.

      Delete
  4. Saya sering beli daun mint, Mbak. Di seupermarket di Jakarta seikat 6 ribu. Biasa dibuat teh terus diberi daun mint...Atau untuk bikin kue yang resepnya ada bahan ini.

    Tapi saya belum tahu kalo dicampur lemon bisa untuk obat baruk alami.
    Yang pernah coba, kecap+jeruk nipis saja saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, yang teh sama daun mint aku belum nyoba.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES