Friday, August 5, 2016

Ayo Bermain di Pantai

6 comments :



Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang menyenangkan. Saat ini pantai semakin ramai oleh pengunjung. Banyak pantai yang terkesan biasa-biasa saja mulai berbenah sehingga layak dijadikan lokasi wisata yang menyenangkan. Tapi kalau mengajak anak-anak? 


Mungkin ada diantara moms yang masih khawatir ketika mengajak anak-anak bermain di pantai. Bisa jadi karena di pantai suhu udara terlalu panas dan menyengat buat anak-anak atau karena ombak yang cukup besar? Atau barangkali karena sering mendengar kabar buruk tentang pantai, misal pantai yang mistis. Ngeri-ngeri sedap gitu!

Memang kalau kita terlalu memperhatikan hal-hal seperti itu, tidak jadi bermain ke pantai. Padahal, bermain di pantai mengajarkan anak untuk mengeksplor alam/lingkungan pantai. Anak-anak bisa merasakan sensasi air dan pasir. Memegang kerang, karang dan binatang-binatang yang ada di pantai. Di pesisir pantai biasanya ada macam-macam kerang, mulai dari yang kecil-kecil, bentuknya juga macam-macam, udang, hingga kepiting. Binatang-binatang ini suka sekali bersembunyi diantara bebatuan. 

Well, moms mesti mencari pantai yang menyenangkan bukan?  Sebelum bermain di pantai sebaiknya perhatikan hal-hal berikut:

  1.  Pilih pantai yang ombaknya kecil, berpasir halus dan bersih. Pantai dengan ombak besar itu jelas berbahaya. Saya saja ngeri! Kalau ada kerikil maupun batu-batunya di pinggir pantai sih masih wajar. Yang penting tidak dekat dengan sampah ataupun kotoran lainnya. Moms akan tenang ketika anak-anak bermain disini.
  2.  Selalu mendampingi anak-anak. Apalagi jika di pantai yang ramai pengunjungnya. Takutnya si anak entah jalan-jalan kemana gitu. Mungkin maksudnya mau mencari kerang atau pasir, tapi nggak bingung arah jalan yang dituju.
  3. Membawa peralatan untuk bermain pasir. Ada kan mainan yang berbentuk alat-alat tukang seperti sekop, dsb. Boleh banget kalau membawa truk mainan untuk mengangkut pasir.
  4.  Sebaiknya anak memakai sandal untuk melindungi kakinya dari karang, kerang, batu yang berserakan di bibir pantai. Bagi yang sudah terbiasa bahkan tidak mengenakan sandal. Justru mereka ingin menikmati sentuhan pasir di kakinya. Juga deburan ombak menyapu kakinya. Duh, senengnya!
  5. Pilih pagi atau sore hari. Di waktu tersebut sangat aman buat anak-anak. Sekalian saja buat melihat matahari terbit dan terbenam. Di pagi hari udara masih segar dan baik untuk kesehatan. Kalau siang, sinar matahari sangat menyengat.
  6. Siapkan obat-obatan untuk melindungi anak, seperti minyak telon, minyak kayu putih, betadine dan sunscreen. Sebagai pencegahan jika terjadi suatu hal yang tak diinginkan. Yang sering sih tergores kerang. Cangkang kerang yang tajam bisa berbahaya.
  7. Jangan lupa membawa minuman dan snack untuk anak. Meskipun hanya bermain tapi lumayan menguras energi si kecil. Selalu tawarkan untuk minum air putih agar kebutuhan akan cairan terpenuhi. Dan bila sewaktu-waktu anak merasa lapar, moms tinggal mengambil snack saja. Lagipula lebih aman dan sehat membawa makanan sendiri.
Kalaupun acara bermain di pantai ini hingga siang hari sebaiknya ajak anak untuk mengenakan topi. Ini akan melindungi anak dari teriknya sinar matahari. Seperti kegiatan sekolah yang bertempat di pantai. Biasanya ada himbauan dari sekolah juga.

Moms boleh banget ikut bermain pasir bersama anak-anak. Saya biasa membuat rumah, istana bahkan terowongan bersama anak-anak. Disini anak-anak berlatih bekerjasama. Kalau satu anak mengumpulkan pasir, yang lain bagian membuat bangunan. Selanjutnya bergantian hingga bangunan yang diinginkan selesai. 
 
Mari bekerjasama membuat istana!
So, jangan ragu mengajak anak bermain ke pantai! Percayalah mereka akan baik-baik saja. Semoga bermain di pantai menjadi kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak.

6 comments :

  1. Mbak, ini postingannya beneran ga ada linknya?
    Btw, untuk tiap point baiknya diedit lagi supaya lebih sedap dimata.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. pantai yaaa...jujurnya di keluargaku, aku yg paling ga suka pantai mbak :D.. suami ama anak2 mah doyan bgt...makanya kalo udh main ke pantai biasanya papi anak2 yg nemenin, aku mah duduk aja di pondokannya kalo ada, ato nyicip2 makanan yg ada lah :D.. alasan g suka pantai , klise sih, krn panas.. ga kuat kena panas soalnya. sering pusing gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mba, di pantai suhu udara lebih panas dan menyengat. Siang sedikit sudah panas. Kalau aku lebih suka berkunjung ke pantai sebelum jam 8 pagi. Jadi masih belum begitu panas. Lagipula di jam segitu pengunjung belum bayak.

      Delete
  3. Snack dan makanan, penting banget buat dibawa, soalnya kalau beli di tempat wisata suka dikasih harga yang ga rasional :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski aku masih satu kabupaten saja, harga tetap mahal. Biasalah mba, di tempat wisata pedagang berusaha mencari keuntungan selangit. Udah gitu, kebersihannya nggak terjamin.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!