Saturday, August 6, 2016

Kebun Raya Purwodadi

2 comments :





Lokasi Kebun Raya Purwodadi sangat strategis yakni pinggir jalan raya. Semua moda transportasi melewati jalan tersebut. Jadi sangat mudah dijangkau.

Lokasi:


Jl. Raya Surabaya Malang Km. 65 Purwodadi, Pasuruan

Kebun Raya Purwodadi dibangun oleh DR. L.G.M. Baas Becking pada tahun 1941, memiliki koleksi tanaman sekitar 10.000 jenis. Kebun ini merupakan satu dari 3 kebun raya yang memilki tugas dan fungsi mengkoleksi, konservasi dan penelitian tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering Indonesia. (www.krpurwodadi.lipi.go.id)
 
Serasa berada di tengah hutan.
Berada di Kebun Raya Purwodadi serasa berada di dalam hutan. Pohon-pohon besar nan menjulang menjadikan suasana asri dan sejuk.  Eits, tunggu dulu. Hutan yang ini jelas berbeda. semua tanaman disini terawat dengan baik. 

Dengan kebun seluas itu sering dijadikan tempat yang asyik untuk berkumpul, baik untuk acara keluarga, sekolah dan kantor. Lokasi yang luas mendukung sebagai tempat outbond maupun family gathering, dan kegiatan lain.

Cara menjelajahi Kebun Raya Purwodadi:
 
Persewaan sepeda.
  1.  Dengan kendaraan pribadi. Kendaraan para pengunjung diperbolehkan masuk  dan berkeliling lokasi wisata ini.  
  2.   Jalan kaki. Cara lain untuk menjelajahi kebun raya ini adalah dengan berjalan kaki sambil menghirup udara segar. Menikmati rerimbunan pohon sambil membaca nama latinnya. Kita bisa mengenal tanaman-tanaman langka yang dibudidayakan disini. Jenis-jenis tanaman yang tidak biasa juga batang-batang pohon yang sudah tua dan berbentuk unik. Dengan berjalan kaki melewati jalanan kecil dan jembatan, kita akan lebih akrab dengan aneka tumbuhan disini. Rasanya seperti dengan bermain-main di alam. Tentu saja bisa sambil berolah raga. Sangat baik buat kesehatan, bukan?
  3. Bersepeda. Selanjutnya, dengan bersepeda. Ya, disini ada persewaan sepeda polygon. Meski ada batasan waktu, tapi saya rasa cukuplah untuk sekedarmenjelajahi jalanan disini. Pastikan Anda cukup kuat untuk naik turun jalanan.Karena tidak selamanya jalanan rata dan mulus.
  4.  Transportasi dari Kebun Raya Purwodadi. Jika ingin mengelilingi lokasi ini secara berkelompok, bisa menggunakan kereta kelinci. Kendaraan yang satu ini berjalan pelan sehingga pengunjung puas menikmati alam. Bisa juga dengan naik andong. Ini sih terbatas. Kendaraan seperti ini hanya melewati jalan utama di kebun raya Purwodadi.

Kereta kelinci.


Padang Rumput

Padang rumput yang luas.

Padang rumput adalah tempat favorit keluarga. Banyak keluarga yang menggelar tikar dan membawa perlengkapan piknik dan makan bersama anggota keluarga. Disini kita bisa menatap langit dengan puas. Melihat hijaunya tumbuhan yang pasti akan menyegarkan mata.

Buat anak-anak, padang rumput ini sangat cocok untuk bermain. Apa saja yang bisa dilakukan disini?
·        

  1.  Bermain bola. Jangan khawatir kelupaan membawa bola. Ada kok yang menjual bola disekitar sini.
  2.  Bulu tangkis. Silakan membawa perlengkapan ini agar bisa berlama-lama bermain.
  3. Lomba lari atau main kejar kejaran.
Jika kita membawa mainan dari rumah, pasti lebih menyenangkan buat bermain disini.

Meski tidak ada kafe atau warung, penjual makanan ringan cukup banyak disekitar padang rumput. Mereka menjual minuman, mie dan snack. 
 
Lapar? Mampir sini saja!

Fasilitas pendukung wisata di Kebun Raya Purwodadi adalah kolam renang. Sayangnya kolam-kolam ini hanya untuk anak kecil. Karena dangkal dan tidak luas. Setelah berenang bisa mandi dan berganti baju di kamar mandi. Airnya cukup dingin dan segar.
 
Kolam renang anak-anak.
Adanya tempat bermain anak-anak seperti ayunan, membuat mereka betah berlama-lama disini. Jika sudah capek, silakan bersantai di gazebo dan bangku yang tersebar di Kebun Raya Purwodadi. Bagi yang sudah mempersiapkan perlengkapan piknik bisa menggelar tikar. Lalu membongkar semua makanan. Uhuy, makan-makan!


Ada kalanya saya suka duduk diatas rumput. Seolah sedang terbang ke masa kanak-kanak ketika saya tidak peduli dengan sebuah tempat apakah bersih atau tidak. Duduk-duduk sambil melihat anak-anak yang berlarian kesana kemari.


Ada danau buatan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kita bisa menyewa perahu berbentuk angsa untuk mengelilingi danau ini. Satu perahu sanggup menampung 4 hingga 5 orang dewasa. Atau sekedar duduk-duduk santai sambil memandang air yang tampak berwarna hijau ini.
 
Naik perahu, yuk!
Nah, bagaimana dengan Anda? Sudahkah mempersiapkan weekend untuk berwisata?

2 comments :

  1. Pilihan asik buat piknik nih. Suasananya rapi dan bersih banget yaa mba. Adem pula. Kalau di bekasi, ada sih semacam tempat pembibitan, tapi khusus buah. Namanya taman buah mekarsari.

    Kebun Raya yang paling dekat justru di bogor. Kayanya bisa nih kapan2 kalo lewat purwodadi bisa mampir ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada waktu buat berkunjung kesini ya, mba.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!