Friday, June 16, 2017

5 Menu Takjil Praktis





Assalamualaikum. Apa kabar teman-teman? Masih berpuasa dengan lancar ya!

Di tengah kesibukan sebagai seorang ibu rumah tangga, eh...kesibukan apapun, kita pasti ingin menyediakan menu berbuka. Tapi kalau ribet memasak di dapur, rasanya seperti menghabiskan waktu saja. Nah, bagaimana kalau memilih minuman berbuka yang praktis. Sehingga kita bisa menghemat waktu dan tenaga. Bahkan super praktis. Karena kita  pasti bisa membuatnya di rumah.


Karena ini masalah kepraktisan, maka saya tidak perlu mencantumkan takaran. Suka-suka saja, sesuai selera. Kalau yang suka manis artinya gulanya lebih banyak.

Oh ya, dengan membuat sendiri, minuman lebih terjamin hiegenis dan sesuai selera keluarga.

1. Es Blewah



Di daerah saya, apalagi kalau bulan puasa seperti ini, blewah melimpah. Buah berwarna kuning ini bisa dibeli di pasar tradisional atau tukang sayur langganan dan pedagang buah musiman. Nah, kita tinggal menambahkan sirup gula saja dan dicampur blewah yang sudah dikerok. Simpan di lemari es atau diberi es batu. Sudah beres. Tak butuh waktu lama. Atau kalau ingin lebih praktis lagi, bisa memakai sirup cocopandan.

2. Es Cincau



Cincau hitam dengan tekstur kenyal ini biasa dipakai sebagai campuran minuman. Biasanya dipotong kotak kecil. Cincau hitam itu baik buat pencernaan. Untuk takjil, cukup dengan membuat sirup gula (gula merah atau gula aren) lalu mencampur dengan potongan cincau. Ada juga yang menggunakan santan. Hasilnya lebih gurih.

3. Es Degan (Kelapa Muda)



Siapa yang tidak kenal minuman ini? Air kelapa muda yang mengandung antioksidan ini terasa segar bahkan tanpa sirup gula sekalipun. Namun jika ingin manis bisa ditambahkan sirup gula atau sirup cocopandan. Tinggal mengeruk kelapa muda saja.

4. Es Buah



Bulan ini semakin banyak penjual minuman segar. Minuman takjil pasti dibutuhkan sebagai pelepas dahaga karena kaya manfaat. Seperti es buah. Terdiri dari potongan buah-buahan segar dan sirup gula. Kalau mau lebih hemat bisa membeli buah yang sudah diiris. Di pasar ada yang menjual buah-buahan yang besar separo saja. Seperti pepaya, melon, bahkan khusus semangka bisa membeli seperempatnya saja. Nah, tinggal dicampur dengan sirup gula atau cocopandan.

5. Sop Buah



Sebenarnya hampir sama saja dengan es buah. Potongan buah-buahan, agar-agar, kolang-kaling dicampur sirup gula dan susu kental manis. Untuk buah bisa jadi di lain tempat buahnya bisa berbeda.




Ada juga es oyen, hampir sama, cuma ditambahkan kelapa muda. Secara rasa sama dengan sop buah. Lalu, es buah kristal yang isinya irisan agar-agar (warna-warni), tomat, melon dan kelapa muda. Entahlah, beda nama namun secara rasa sama saja.

Nah, kalau teman-teman lebih suka menikmati buka puasa dengan minuman segar apa?

^_^ 

Comments
8 Comments

8 comments:

  1. Ampun seger2 muaaaa huhuhu
    Blewah ysng paling wangi nih, ama cincau
    Tapi sku klo bikin sop buah duka senjata makan tuan mb, kekenysngan sebelom waktunya karena siropnya kemanisan

    ReplyDelete
  2. Kalau ketemu minuman seger ini rasanya pengen langsung habisi saja.

    Yang manis bikin cepat kenyang, mba Nita.

    ReplyDelete
  3. Suka es blewah. Yg santan2 kurang suka. Yang bikin kangen itu cincau hijau di Pekanbaru. Di Jawa cincau hijau susah, adanya yg hitam keras itu. Bahkan dulu anak2ku & anak2 tetangga suka main di ladang, nyari daun cincau buat bikin cincau sendiri. Skrg di kota nggak ada ladang, mainan hp aja, trus ibuknya beli aja menu takjil di pinggir jalan. Hadeeeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nggak begitu suka santan. Kalau cincau hijau, ada sih yang jualan. Pakai santan.

      Delete
  4. Ini sih aku suka semuanya..
    Hampir setiap kalau buka aku suka minum yang ada diatas..he
    Selain praktis juga bsia di dapat dimana-mana, apalagi kalau udah masuk pasar ramadhan, semuanya ada dah..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya paling enak berbuka dengan es. Seger.

      Delete
  5. Semuanya mantep tenan mbak :D
    Kalau disuruh pilih ane nggak bisa soalnya enak dan nikmat semua. Hehehe..
    Alhamdulillah bacanya habis sahur jadi masih belum tergoda :D ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dinikmati ketika dahaga. Puas deh buat berbuka.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES