(Bukan) Nostalgia PT Pos Indonesia

by - Jumat, Januari 15, 2016



Kira-kira tahun 1995 saya sering menggunakan jasa PT.Pos Indonesia untuk korespondensi. Selanjutnya ketika saya melanjutkan kuliah di luar kota. PT.Pos, you saved my life. Seperti itulah kira-kira ungkapan hati ini. Saya sangat merindukan kedatangan pak pos. Untuk apa lagi kalau bukan untuk menyambung kabar dengan teman-teman selepas SMA. Satu lagi untuk mengirimkan tulisan-tulisan saya, juga untuk mengambil kiriman wesel. Aduh..kangen masa itu.


Masa penantian adalah menunggu balasan surat dari teman-teman berhari-hari, meski jaringan telepon ada di rumah kost. Membaca surat dengan tulisan tangan itu rasanya berbeda. Mungkin di masa seperti ini sudah asing. Ada rasa haru, ada kasih ada perhatian dari tulisan tangan teman-teman. Saya masih menyimpan beberapa kartu lebaran dari teman-teman. Padahal kami masih sesekali bertemu. Tapi kartu itu adalah bukti bahwa kami menikmati jarak yang terbentang. Ada rindu ketika sejenak berpisah. Saat pulang kampung, saat merantau.

Beberapa tahu berlalu dan keberadaan surat menyurat telah tergantikan oleh fasilitas operator handphone, kemudian geliat internet yang menyerbu di hampir seluruh bilik rumah. Saya semakin menjauh kegiatan surat menyurat.

Suatu hari ketika saya membawa anak-anak ke kantor pos. Mereka merasa seperti berada di tempat baru. Memandang dengan penuh rasa ingin tahu kantor bercat orange mencolok itu. Kotak pos masih berdiri gagah di depan kantor. Saat itulah harapan saya terhadap PT.Pos Indonesia menyala.

Saya ingin mengulang masa lalu. Bukan saja mengagumi kejayaan kantor pos di masa lampau. PT.Pos Indonesia selalu ada di hati rakyat. Cukup bagus gebrakan/perubahan yang dilakukan PT.Pos Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Membuka banyak cabang dan agen, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Memperbanyak dan mempermudah pelayanan. Saya sering menggunakan jasa PT.Pos Indonesia untuk membayar tagihan listrik, PDAM, pulsa. Karena ada di dekat rumah saya. Dan itu sangat mempermudah saya tanpa harus berkendara untuk membayar semua tagihan di kantornya masing-masing.

PT Pos Indonesia juga dikenal sebagai perusahaan yang memiliki jaringan perposan paling masif. Hampir setiap kecamatan di Indonesia sudah memiliki kantor pos yang terintegrasi baik melalui jaringan fisik maupun virtual. Ini membuat Pos Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan nasional yang terkemuka sebagai Integrated Postal Network Company. Nah, gampang mencarinya bukan?
PT.Pos Indonesia memiliki berbagai jenis pelayanan yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintah, meliputi pelayanan pokok (yaitu pelayanan yang mencakup pengiriman surat pos, paket pos, wesel pos, pelayanan giro dan cek pos), pelayanan tambahan, pelayanan khusus, dan  pelayanan keagenan.

Peningkatan pelayanan bedasarkan teknologi ini, misalnya PT Pos membuat M-Pospay dan Galeripos.com, yakni program yang mendukung masyarakat pengguna dunia maya. Galeripos.com adalah situs jual beli online, yang memudahkan masyarakat tanpa harus datang ke kantor pos. Untuk kiriman barang dan dokumen fisik tetap dilakukan secara riil.
http://www.galeripos.com/


Semoga PT.Pos Indonesia semakin jaya di masa mendatang.