Tips Aman Belanja di Pasar Rakyat

by - 19.38.00

Belanja Aman di Pasar Raya


Minggu lalu saya dan keluarga jalan-jalan di alun-alun kabupaten Tuban. Ada acara Pasar Raya di sana. Hari sudah sore, kami hanya mampir sebentar.

Namanya pasar raya, pasar rakyat, pameran, bazar dsb sama saja. Ada banyak penjual disini. Biasanya para penjual ini bukan hanya dari dalam kota namun juga dari luar kota. Seperti pasar pada umumnya, barang apa saja ada. Mulai dari makanan, peralatan rumah tangga, baju, mainan, aksesoris hingga perabot rumah.

Siapa sih yang tidak tertarik. Sekedar mendekat lalu tanya-tanya harga barang. Ehm...kalau cocok dibeli. Tapi kalau sudah kadung cinta bagaimana?

Berikut adalah beberapa tips aman berbelanja di pasar rakyat agar kita tidak merasa tertipu.
1.   Belanja sesuai kebutuhan. Niatnya cuma jalan-jalan kenapa jadi memborong belanjaan. Lalu tiba di rumah menyesal.
2.   Jangan tergoda rayuan diskon, dan obral. Barang berkualitas dan masih baru tidak mungkin dijual dengan harga murah. Kalaupun ingin membelinya, pastikan sesuai dengan kebutuhan (tips no.1).
3.   Lihat kualitas barang. Sebelum membeli barang (meski sudah kadung cinta) sebaiknya lihat dulu barangnya. Kalau oke silakan dibeli.
Kita tidak mengenal penjual dari luar kota. Kalau ada masalah dengan barang kita tentu sulit untuk melakukan retur atau pengembalian barang.
4.   Tahu harga pasaran. Penting sekali untuk mengetahui harga pasaran yang sedang kita cari. Tujuannya agar tidak mudah ditipu oleh penjualnya. Bisa saja penjualnya menaikkan harga suatu barang dan kita tidak tahu.
5.   Sebelum membeli cobalah untuk menawarnya. Layaknya sebuah pasar, harga bisa berubah sesuka hati penjualnya. Cobalah untuk menawar hingga mencapai harga pasarannya.
6.   Hati-hati membawa barang atau uang anda. Kita harus tetap waspada di tempat keramaian seperti ini. Hindari berada di dekat orang dengan gelagat mencurigakan.
7.   Jika membawa anak kecil sebaiknya selalu digandeng agar tetap dekat dengan orang tua.  Demi keamanan, jangan sampai terpisah dari orang tua.
Sementara untuk anak yang lebih besar, sebisa mungin selalu dalam pantauan orang tua.
8.   Jika membeli makanan, perhatikan kebersihan. Lihat makanan dan tempat sudah terjaga kebersihannya atau belum. Tentu tidak nyaman makan di tempat jorok bukan. Atau makanan yang dihinggapi lalat karena diletakkan di udara terbuka.

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat.

Jangan lupa sharing tips ala Mom ya!

Salam.

You May Also Like

2 komentar

  1. Wah, bener banget tips-nya. sayangnya sering tergoda macam-macam jadi tips nomer 1 bahkan terlupa.

    Kalau saya bawa uang sedikit aja, cukup buat beli makan kalau lapar sama buat persediaan seperlunya jadi kalau tergoda beli nggak bisa langsung bayar otomatis mikir2 lagi.
    Untungnya suami juga sering ngingetin mau beli ini butuh nggak? masih ada yg lain kan? gitu katanya. atau diingetin saat sedang punya target membeli barang tertentu, dan ga boleh sembarangan pakai duit. hihi :D

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!