Friday, January 5, 2018

Belajar Mewarnai di Taman Balekambang



Mewarnai di Taman Balekambang


Assalamualaikum

Liburan sekolah kali ini saya dan keluarga manfaatkan waktu dengan traveling ke Solo dan Yogya. Sebenarnya sudah lama merencanakan liburan ini. Mengingat suami tidak bisa sembarangan mengambil cuti. Ditambah drama macam-macam, akhirnya kami berangkat berlibur juga.

Ketika memutuskan untuk mampir ke Taman Balekambang, ya sekedar mampir saja. Saya berangkat dari Tuban selepas sholat shubuh, molor beberapa menit karena ada saja yang terlupa. Mampir kesini karena kami melihat dari GPS ternyata sejalur dengan perjalanan kami menuju Solo.

Daripada ke hotel belum tiba waktunya, jadi kami mampir disini dulu. Lumayan juga buat melepas lelah selama perjalanan. Disini kami jalan sebentar, tidak sampai keliling taman. Ramai banget musim liburan seperti ini. Banyak diantara kita butuh piknik singkat yang kalau bisa tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali transportasi yang super hemat.

Disini tidak ada tiket masuk. Hanya membayar parkir Rp 5.000 kemudian langsung masuk.

Mewarnai di Taman Balekambang


Agak heran ketika ada memasuki area Taman Balekambang. Saya pikir semacam taman yang banyak bunga-bunganya. Kemudian pikiran saya berubah dengan definisi taman. Tidak selamanya taman itu mesti banyak bunga. Yang penting ada tumbuhan hijau sebagai tempat berteduh. Ada view yang bikin hati dan pikiran ini lebih segar setelah mampir disini.

Kami hanya duduk-duduk sebentar di dekat kolam. Kemudian kami memutuskan untuk pulang saja setelah melepas lelah. Mungkin mampir ke tempat lainnya sambil menunggu waktu untuk masuk ke hotel.

Saya sebenarnya lebih suka merencanakan perjalanan, tapi sayangnya ada banyak ide ketika di perjalanan. Jadi menyesuaikan saja. Mana yang bisa dikunjungi ya dikunjungi saja. Kalau tidak bisa, ya sudah. Barangkali ada rejeki buat mampir lagi.

Rusa di Taman Balekambang


Selain taman, disini ada rusa yang berkeliaran dengan bebas. Bisa jadi ketika ada pengunjung, rombongan rusa akan mendekat dan mencari makanan. Tapi tak akan lama. Rusa akan lari ketika ada pengunjung mendekat. Mungkin merasa tak aman dan terancam, maka kawanan rusa ini akan berjalan menjauh. Mencari rumput dan menghindari pengunjung.

Si bungsu dengan malu-malu mendekati rusa. Ingin membelai bulu punggungnya, tapi rusa itu terlanjur lari menjauh. Ingin foto bersama rusa, tapi rusa bergerak terus. Sensitif ketika kami mendekat.

Ya, sudah kami pulang saja. Si bungsu juga tidak tertarik untuk bermain. Efek capek di perjalanan dan ingin segera rebahan. Namun, ketika  berjalan untuk pulang, saya baru menyadari jika disini ada anak-anak yang sedang asyik mewarnai.

Kebetulan si bungsu memang suka mewarnai. Jadi, ketika saya melihat ada deretan kanvas dan anak-anak kecil, saya ajak saja untuk bergabung. Awalnya dia agak ragu. Belum pernah mencoba melukis dengan media cat air seperti ini. Tapi tak ada salahnya kan, ikut melukis bersama anak-anak lain.

Si bapak yang menjadi pengajar ekstra kurikuler di sebuah sekolah di Solo ini dengan sabar mengajak anak-anak mewarnai dengan media kanvas dan cat air. Beliau menyambut anak saya dengan riang. Lalu mempersilakan kami untuk melihat koleksi kanvasnya.

Mewarnai di Taman Balekambang


Jika tertarik untuk belajar menggambar dan mewarnai, tinggal memilih saja gambar kesukaannya. Gambarnya macam-macam. Semuanya khas anak-anak, seperti gambar tokoh film kartun, pesawat, kapal, dsb.

Setelah memilih kanvas yang sudah ada pola gambarnya, si anak dipersilakan untuk memilih tempat duduk. Kanvas segera dipasang menghadap si anak. Kemudian pak Gino (pemilik kanvas ini) segera menyiapkan medianya. Cat air warna-warni dituang di wadahnya.

Ada dua kuas (besar dan kecil) yang bisa dipinjam. Selain itu ada lap untuk mengelap kuas agar tidak basah. Sayangnya lap ini sudah tidak jelas warnanya dan tidak cukup bagus buat mengelap kuas bekas air. Semua lap sudah tertutup dengan larutan cat air karena sering dipakai anak-anak.

Selanjutnya si anak dibimbing untuk mewarnai. Kalau tidak ada ide untuk memilih warna, pak Gino dengan senang hati akan membantu. Si bungsu diajari memegang kuas, ngeblog gambar, membuat warna campuran, menebali garis pola.

Setelah anak mengerti, pak Gino akan  berkeliling memantau anak-anak lainnya. Jika ada yang kesulitan, beliau segera menanggapi. Membantu membuat gambar menjadi enak dipandang. Tapi tetap semua harus diselesaikan oleh si anak.

Mewarnai di Taman Balekambang


Bahkan jika anak hanya mau mencoret-coret, dibiarkan aja. Tidak perlu dipaksa. Beliau sangat mengerti anak-anak. Biarlah anak-anak tumbuh secara alami. Gambar mereka mampu menceritakan seperti apa keinginan anak.

Oh ya, cat air yang diberikan cuma sedikit, artinya belum sampai gambar selesai pasti sudah habis. Kita boleh memintanya lagi. Berkali-kali juga boleh. Asal gambar si anak selesai. Tidak ada ruang kosong yang belum diwarna.

Setelah selesai, gambar dijemur sebentar agar cat mengering. Kemudian diikat tali sehingga bisa dibawa pulang. Tara.... gambar si bungsu sudah selesai! Si anak senang sekali menenteng hasil karyanya sendiri. Meski masih belepotan disana-sini, tapi dia bangga.

Belajar menggambar dan mewarnai ini hanya di hari Minggu saja. Khusus anak-anak meski sebenarnya ada tulisan (yang ditempel di pohon) untuk dewasa juga.

Tiket menggambar dan mewarna:

Rp 50.000.

Lokasi:

Jl. Balekambang no.1 Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.
^_^



Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Solo emang kota yang oye oce ya, Mbak Nur. Asiiik loh ke taman terus ada yang bisa kita dapat. Bersih lagi tamannya aku liat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma duduk-duduk di dekat kolam sebentar. Ramai banget, mana banyak yang gelar tikar sambil makan-makan. Bikin iri. Aku kan lapar juga.

      Delete
  2. Aku pernah sekali ke sini mba..minggu pagi waktu itu..rame.. trus mampir ke taman reptil itu.

    Sayang pas ke sana dulu nggak liat ada kegiatan mewarnai ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kebetulan banget. Kebetulan hari Minggu kebetulan ada les melukis. Jadi ikut deh si bungsu.

      Delete
  3. Liburan natal kemaren aku ke solo tapi ga sempat mampir taman balekambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beruntung saja. Awalnya nggak tahu kalau hari Minggu ada les melukis.

      Delete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES