Sunday, January 28, 2018

Bolu Kukus Mambo



Bolu Kukus Mambo

Halo!

Teman-teman hari ini membuat kue apa?

Hunting resep kadang bikin jengkel. Tidak ada tolok ukur bahwa satu resep dijamin 100 % berhasil. Kali ini saya menggunakan resep NCC. Bolu kukus mambo. Hanya saja karena stok pasta dirumah ternyata tidak sampai 4, ya sudah tidak masalah. Saya membuat 3 lapis warna. Jadi adonan dibagi menjadi 3 bagian saja.

Untuk resep yang saya tulis, tetap menggunakan resep aslinya.

Membuat bolu kukus mambo itu ternyata sederhana. Mungkin kalau dibayangkan bakal ribet. Tidak sekali menuuang adonan langsung beres. Namun ada langkah-langkah yang mesti diikuti. Disitulah keunikannya. Bolu kukus mambo berlapis-lapis. Tampilannya berwarna-warni dan menarik.

Baca juga Kue Lumpur yang Empuk...

Bicara bolu kukus mambo jadi ingat es mambo. Sama-sama mambo...

Harus sabar saja ketika menuang adonan satu per satu. Satu warna dikukus hingga matang. Tidak lama, kok. Adonan yang dikukus siap untuk dituangi adonan berikutnya. Begitu seterusnya hingga adonan habis.

Kalau menunggu adonan matang rasanya lama. Menunggu dalam diam bisa membosankan. Namun kalau ditinggal nanti kita lupa memiliki tanggunan di dapur.

Bolu kukus mambo selain untuk dikonsumsi sendiri, bisa banget loh buat disajikan untuk acara seperti arisan, bekal anak atau untuk menjamu tamu.
Yuk, simak resepnya!

Bolu Kukus Mambo

Bahan:

6 butir telur
2 kuning telur
250 gr gula pasir
½ sdt vanili bubuk
½ sdt garam
1 sdt cake emulsifier
175 ml santan kental matang
200 gr tepung terigu protein sedang (segitiga)
1 sdt pasta pandan
1 sdt pasta strawberi
1 sdt pasta lemon
1 sdt pasta cokelat

Cara membuat:


  1. Siapkan loyang 22x22x8 cm. Poles mentega, beri alas kertas roti. Poles lagi. Taburi sedikit tepung.
  2. Panaskan dandang kukusan. Biarkan beruap banyak.
  3. Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap. Aduk rata.
  4. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Tiap bagian diberi pasta pandan, strawberi, lemon dan cokelat.
  6. Tuang adonan cokelat ke dalam loyang. Kukus selama 10 menit. Tuang adonan kuning, kukus selama 10 menit. Demikian seterusnya hingga adonan terakhir, kukus kembali selama 20 menit hingga matang. Angkat.
  7. Dinginkan, keluarkan dari loyang. Potong-potong. Sajikan.


Untuk pasta, aturannya memang setengah sendok teh. Tapi begitu menuang, saya lebih banyak menggunakan perasaan. Tidak perlu ditakar. Dikira-kira saja. Aduh gawat kalau ngomong perasaan. Karena perasaan suka menipu juga. Eaa..

Untuk santan kental, dalam resep tidak ada penjelasan dari berapa bagian kelapa. Saya menggunakan ¼ butir kelapa. Lalu diperas melebihi resep. Karena ketika santan dipanaskan air akan menyusut. Meski tidak banyak, sebaiknya dibuat lebih saja. Kemudian ditakar sesuai dengan resep. Penggunaan santan kental ini membuat adonan terasa lebih gurih. Santan kental ini lebih alami.

Saya cenderung menyukai warna yang soft. Kalau ngejreng dan tegas warnanya kok terlihat aneh saja. Seperti kebanyakan pasta. Tuang pasta sedikit lalu diaduk sebentar. Sesuai resep saja, hasilnya warna-warni cerah. Usahakan untuk mengaduk searah.

Tekstur bolu kukus mambo ini lembut. Apalagi kalau baru matang. Empuk dan menggoda iman. Ditambah aromanya. Seperti biasa, masakan yang baru matang selalu menggoda. Antara penasaran dan lapar. Penasaran apakah resep yang dipakai berhasil atau tidak.

Jika ingin mengiris sebaiknya menunggu hingga dingin. Lalu dipotong-potong perlahan. Beres!

Happy cooking!

^_^
Comments
19 Comments

19 comments:

  1. Mbak..warnanya kalemnya ya..
    Musti dicoba ini...secara anak-anak lebih doyan bolu kukus daripada bolu panggang:)

    ReplyDelete
  2. Ternyata bahannya gampang dicari di warung ini mah ya.. Asal memang harus telaten, selapis-selapis ngukusnya hehe

    ReplyDelete
  3. Setauku mambo itu permen, tapi ini kok bolu kukus ya.he
    Penasaran rasanya, tapi kalau bagus gitu tampilannya suka sayang kalau mau dimakan :D

    ReplyDelete
  4. hahaha bikin ngiler nih bolu kukus mambo-nya. serasa pengen segera melahapnya mbak nur. kapan-kapan lao kopdar bawa...

    ReplyDelete
  5. Ada juga ternyata Bolu yang pake nama mambo
    rasanya masih sama kayak bolu biasanya kan teh?

    ReplyDelete
  6. bener banged nih.. klo dimakan pas lagi anget2x mantep nih.. aromanya itu loh.. hmmmm... nyammy...^^

    ReplyDelete
  7. Wah nyoto resepnya yak, hhhh
    Pengin nyobain

    ReplyDelete
  8. Wah enak ini bolu kukus, karena oven belum jadi di-ganti2, jadi milih yang kukus dulu, hehe... Saya kalau baking masih kurang bisa. Ini bagus mba hasilnya.

    ReplyDelete
  9. oalah. ternyata gampang ya buat bolu kukus, terimakasih resepnya

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES