Tuesday, April 12, 2016

Roti Tawar Kering

8 comments :


Roti tawar kering


Kadang-kadang saya merasa bosan mengolah roti tawar begitu-begitu saja. Dipoles mentega, ditabur meises, keju, gula, coklat parut, dan dibakar. Ada beberapa pilihan untuk mengolah roti tawar seperti dibuat puding roti pisang, dsb. Semuanya termasuk kue basah alias harus segera dimakan.


Tapi kadang saya ingin roti tawar ini lebih tahan lama. Maksudnya bisa dimakan besok atau lusa. Lihat expired date nya kok sudah dekat. Kalau besok bisa tumbuh jamur dan teman-temannya dong. Ya, sudah dieksekusi saja. Tapi kalau sudah malas makan roti tawar bagaimana?

Lalu saya coba untuk membuatnya kering dengan memasukkan ke dalam oven. Menambahkan gula pasir atau keju parut agar roti terasa lebih nikmat. Roti tawar kering ini bahkan bisa bertahan hingga sebulan lebih. Tapi saran saya sih, sebaiknya dihabiskan dalam jangka waktu sebulan saja.

Oke, sekarang saya akan berbagi resepnya. It’s so simple. Tidak perlu memikirkan timbang menimbang bahan ya.

Roti Tawar Kering

Bahan:
Roti tawar kupas

1 bungkus roti tawar kupas (tanpa pinggiran yang berwarna coklat)
Mentega
Gula pasir
Keju parut

Cara membuat:

Potong-potong roti tawar sesuai selera.

Saya lebih suka memotong kecil-kecil agar bisa dimakan sedikit demi sedikit sehingga perut tidak cepat kenyang. Kadang-kadang kalau melihat kue yang berukuran besar saya sering merasa kenyang duluan. Adakah yang mengalami seperti ini.

Oles potongan roti tawar itu dengan mentega lalu taburi dengan gula pasir atau keju parut

Panggang dalam oven dengan api kecil hingga matang.
 
Sebelum dipanggang
Semua bahan ini tidak perlu ditimbang. Bisa dikira-kira saja seperti membuat roti bakar. Bedanya hanya pada proses pemanggangan. Kalau roti bakar dipanggang di teflon saja hingga kecoklatan. Untuk roti tawar kering ini harus dioven.
Ini yang rasa gula.

Roti tawar kering ini teksturnya garing, renyah ketika dikunyah. Ada rasa gurih beradu dengan manisnya gula. Sedangkan rasa keju, tetap saja gurih yang menggoda. Semuanya sama-sama asyik.
Ini yang rasa keju.

Roti tawar kering ini cocok dijadikan teman santai sambil menemani anak-anak belajar atau nonton film. Dibuat suguhan tamu juga oke. Siapkan wadah cantik, dan masukkan roti tawar kering ini. Taraa...mudah bukan!

Yang punya roti tawar, silakan dicoba! Jangan lupa membuat variasinya. Ehm...tunggu apa lagi...

8 comments :

  1. biar kejunya nggak lepas gimana caranya ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting menteganya merata. Lalu taburi keju, tekan sedikit biar menempel.

      Delete
  2. Wah asik nih. Kapan2 coba ah. Buat cemilan

    ReplyDelete
  3. Jadi pengan langsung praktik bikin deh...
    Jangan lupa mampir ke blogku mbak :)

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!