Sunday, May 8, 2016

Kampung Pia, Pasuruan

9 comments :



Pasuruan, I’m coming!

Well, setelah klepon apalagi oleh-oleh dari Pasuruan?

Nah, kali ini saya tidak sengaja (tanpa rencana) mampir di sebuah kampung yang terkenal dengan sebutan kampung Pia.  Nama desanya Kejapanan, kecamatan Gempol, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Letaknya di Jalan Arteri Baru Gempol, Porong. Tepatnya di sisi kiri jalan masuk arteri Porong dari arah Pandaan, atau tol Gempol-Pandaan.

Ada papan nama besar yang bertuliskan Kampung Pia. Penasaran! Saya berhenti di salah satu toko kue di pinggir jalan. Namanya Amel Bakery. Di toko ini tersedia pia dengan bermacam-macam isian. Ada isian kacang hijau, selai strowberi, selai nanas, coklat, tape, pisang coklat, krim vanila, krim durian. Ketika saya penasaran dengan isian tape, si mbak pelayannya memberikan penjelasan. Tape yang digunakan adalah tape singkong.  Selanjutnya tape dibikin selai agar tahan lama.
Pia, siapa suka?

Asyiknya membeli pia disini adalah adanya tester. Calon pembeli seperti saya bisa mencicipi pia terlebih dahulu. Sebagai orang yang belum mengenal rasa pia disini tentu saya tidak ingin asal membeli. Kalau cocok bisa membeli dalam jumlah banyak. Bisa buat oleh-oleh keluarga, teman, tetangga di rumah.

Soal harga, jangan khawatir, nyaman di kantong. Untuk pia isi 12 yang dimasukkan ke dalam kotak kecil dihargai Rp. 8.000. Harga tersebut untuk rasa kacang hijau, coklat, tape, selai strowbery dan nanas.

Lain tempat bisa lain harganya. Secara umum selisih tidak banyak. Ada juga toko pia yang tidak menyediakan kotak kecil. Jadi langsung ukuran besar.
Pia disini tanpa bahan pengawet. Bisa bertahan selama satu minggu di udara terbuka. Sedangkan bila dimasukkan ke dalam lemari es bisa sampai dua minggu. Sebaiknya segera dikonsumsi saja ya.

Disamping toko Amel ini ada gang. Nah, disinilah kampung pia itu. Saya melangkahkan kaki menyusuri beberapa gang. Pengennya bisa keliling kampung dan melihat aktivitas penduduknya. Sayang waktu terbatas.
 
Banyak penduduk yang berjualan pia.
Begitu memasuki gang, aroma kue yang baru matang begitu menggoda. Jadi pengen makan langsung. Istilah kerennya fresh from the oven. Penduduk yang menjual pia memasang papan nama di depan rumahnya. Jadi meskipun saya belum pernah datang ke sini, sangat mudah menemukan penjual pia. Satu lagi, saya bisa melihat langsung proses pembuatan kue pia. 
Melihat langsung proses pembuatannya.


Banyak toko kue pia banyak pilihan. Saya sendiri sampat bingung mau pilih yang mana. Tapi secara umum, setelah mencicipi beberapa merk pia disini, rasanya hampir mirip, tekstur juga. Secara umum pia yang banyak dijual di kampung pia adalah rasa kacang hijau, coklat, selai nanas dan strowberi.
Benar apa yang dikatakan si mbak pelayan toko Amel itu. “Untuk resep, berbeda, bu.”

Siapakah pelanggan pia kalau banyak yang jualan di kampung pia?  Ternyata banyak juga rombongan bus pariwisata yang mampir untuk membeli oleh-oleh disini. Mereka bisa masuk ke dalam kampung dan memilih sendiri. Ada juga yang sudah memiliki langganan dan mengirim keluar kota.

Sebelum memutuskan membeli jangan ragu untuk bertanya kepada penjualnya. Apa saya?

1.   Harga.
2.   Tanggal kadaluarsa. Di dalam kotak tidak tercantum.
3.  Rasa. Kalau membeli dalam jumlah banyak dengan bermacam-macam rasa, sebaiknya meminta penjualnya menuliskan rasa pada masing-masing kotak.
4.   Pilih yang masih fresh.

Jika Anda sedang jalan-jalan ke Pasuruan, silakan mampir di kampung pia. Nikmati sensasi pia yang baru matang!


9 comments :

  1. iih..saya pengen juga nih liat pembuatan pia di kampung pia dan melihat aktivitas warga di sana.

    ReplyDelete
  2. Waaahhhh ada testernyaaa. Ini yang seru ya mbak, JD kalo ga suka, rasa tersebut ga usah dibeli banyak2.
    Hmmm 8rb mah murah lah mbak.
    Makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pia nya kecil-kecil, jadi pengen makan terus.

      Delete
  3. yang masih panas dan hangat itu meski maknyoss banget ya mbaak...

    ReplyDelete
  4. Wah sering lwt doank di gempol ga tau ada kampung ini. Baru tau klo tape bs jd selai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Ini jalur yang ramai. Ada papan namanya, besar.

      Delete
  5. Pa ada lowongan pak bu buat saya mojon infonya no jp



    085 631 175 32

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!