Friday, February 10, 2017

Wisata Kebun Kurma, Pasuruan




kebun kurma


Assalamualaikum,

Wow... ada destinasi wisata unik di Pasuruan. Wisata Kebun Kurma. Baru diresmikan pada tanggal 1 Januari 2017. Masih baru, teman-teman! Tidak perlu pergi jauh untuk melihat pohon kurma. Cukup berkunjung ke Pasuruan!


kebun kurma


Ini asli pohon kurma? Atau.. Selama ini saya tahu pohon kurma hidup di negara Timur Tengah. Tapi kalau ditanam di Indonesia bisa hidup tidak ya? Bisakah berbuah? Daripada dipenuhi dengan segudang tanya lebih baik meluncur saja ke tempatnya. Wisata kurma ini terletak di desa Sukorejo kecamatan Sukorejo, Pasuruan. 

Menurut salah satu karyawan disini, untuk pembangunannya sudah selesai sekitar 30 %. Namun jangan khawatir, lokasi ini sudah siap dikunjungi. Jadi seperti apa di dalamnya?

Akses jalan menuju lokasi sudah bagus. Namun jangan heran jika berpapasan dengan truk-truk yang keluar masuk dari pabrik beton. Sepanjang jalan itu ada petunjuk arah. Kebun kurmanya masih sekitar 1 km dari jalan raya.

Tempat parkirnya luas. Berbatasan dengan tanah kosong atau kebun. Ya seperti itulah. Banyak semak belukar di sekelilingnya. Biaya parkir Rp 5.000

Tiket masuk Rp 5.000. Buka setiap hari kecuali Jum' at. Pukul 08.00 - 16.00.

ukebun kurma


Begitu masuk kita akan disambut dengan irama padang pasir (musik timur tengah).

Playground

kebun kurma


Sebenarnya arena permainan disini masih belum sepenuhnya siap. Sudah ada beberapa ayunan. Menurut saya sih masih dipaksakan. Lihat saja posisinya di dekat tanah menurun. Lalu dibatasi dengan police line. Tapi para pengunjung boleh kok main disini. Hanya saja perlu berhati-hati.

Ceritanya ada kunjungan dari anak-anak TK. Nah, arena bermain akhirnya ditempatkan sembarangan. Yang penting ada mainannya sehingga anak-anak senang. Tapi, please semoga pihak kebun kurma memperhatikan keselamatan pengunjung. Bersenang-senang perlu keamanan bukan?

kebun kurma


Selain arena bermain untuk anak-anak, teman-teman bisa menyewa motor ATV. Untuk sekali main dikenakan biaya Rp 25.000. Ikuti jalur yang sudah ditentukan. Jadi jalurnya terlalu pendek, cuma muter-muter disitu saja. Mudah-mudahan nantinya akan ada jalur yang lebih panjang. Misalnya bisa keliling semua kebun.

Koleksi binatang

kebun kurma


Ketika saya berkunjung di hari Sabtu (4-1-2017), sudah ada beberapa burung dara, ayam dan merak putih. Nah, yang merak putih ini keberadaannya masih belum terbuka. Jadi cuma di kandang yang tak luas. Saya sih clingukan lihat di dalamnya. Maklum saja, kandangnya tertutup. Selanjutnya akan ada dua onta. Rencananya bulan ini akan datang. Semoga!

kebun Kurma


Dari gambar diatas, kelihatan masih ada para pekerja bangunan. Di dekat miniatur ka'bah. Intinya sih, kalau kesini kita tetap waspada kalau ada sisa-sisa bahan bangunan yang terserak. Lha, masih belum kelar, kan.

Fasilitas Umum

Kebun Kurma


Fasilitas umum disini sudah lengkap. Ada musholla, toilet dan banyak tempat duduk. Bahkan disekitar kebun dilengkapi dengan bangku-bangku yang memudahkan para pengunjung untuk beristirahat. Ya, duduk-duduk sambil melihat kebun.

Ada pesawat boeing 737

kebun kurma


Ketika memasuki arena ini pandangan saya langsung tertuju pada pesawat. Kalau kita perhatikan ada nama orang di body pesawat ini. Beliau adalah Roeslan bin Djayus, pemilik Duta wisata kebun kurma ini. Pesawat bekas ini disulap menjadi toko souvenir dan oleh-oleh. Ada kurma, jus kurma, madu, kismis, jilbab, boneka, gantungan kunci, dsb. Ehm...kurmanya enak, lembut dan legit.  Sayangnya lupa namanya dan cuma beli satu bungkus. Ini mirip toko oleh-oleh haji. Ruangan dalam pesawat ini dilengkapi dengan pendingin ruangan. 

kebun kurma


Selain itu, kita bisa berfoto dan melihat kebun dari ketinggian. Hamparan kebun kurma dan zaitun ditata dengan rapi. Kita bisa mengabadikan momen berada disini.

Kebun Kurma dan Zaitun

kebun kurma

 
Ada dua macam kurma disini. Kurma Thailand dan kurma lokal. Foto diatas adalah kurma Thailand. Pohonnya kecil. Kurma Thailand memang diimpor dari sana dalam keadaan sudah besar. Katanya sih sudah ada yang berbuah. Sebelumnya sudah melalui proses karantina.

Selanjutnya adalah kurma lokal. Pohonnya tinggi, sejenis palem. Daun-daunnya ada di pucuk. Sama seperti kurma Thailand, baru ditaman sekitar 5 bulan yang lalu. Ketika saya berkunjung belum ada berbuah. Saya ingin sekali melihat penampakan pohon kurma yang sedang berbuah. Wah, serasa berada di negara Timur Tengah. Tapi untungnya, ada dua pohon yang sudah berhasil berbunga. Satu diantaranya mulai terlihat buahnya kecil-kecil.

Kebun kurma


Ketika mengelilingi kebun saya melihat beberapa pohon kurma lokal ini terserang hama (wawung). Semacam serangga ya. Maafkan saya tidak tahu bahasa Indonesianya. Bisa dilihat dari tangkai yang tiba-tiba rontok. Tinggal beberapa dahan di pangkal saja. Nah, jangan heran kalau ada kapur barus lebih dari satu yang digantung dipohon kurma. Tujuannya untuk mengusir hama tersebut.

Wisata Kebun Kurma ini menempati lahan sekitar 3,7 ha. Sebenarnya pemilik kebun kurma ini memiliki lahan sekitar 6 ha yang terletak di belakang kebun. Namun belum digarap.  

Lahan dibelakang kebun ini nantinya merupakan perluasan dari wisata kebun kurma. Rencananya sekitar satu tahun lagi proses pembangunan selesai. Selanjutnya akan ditata ulang beberapa arena sehingga pengunjung nyaman. Seperti arena bermain, nantinya akan dipindah dan tambah lagi permainannya.

kebun kurma


Sedangkan kebun zaitun letaknya berhadapan dengan kebun kurma. Pengunjung bisa melihat tanaman ini dari dekat. Ada yang sudah berbunga. Cantik juga. Warnanya orange.

kebun kurma


Semoga saja semua tanaman di kebun kurma ini bisa tumbuh dengan natural. Sehingga pengunjung benar-benar bisa melihat pohon kurma yang sedang berbuah.

^_^

Comments
31 Comments

31 comments:

  1. aku jg penasaran mba sama kurma hahaha tnyata bisa jg hidup disini 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tumbuh dan berbush. Sayangnya pas aku kesana, buahnya masih kecil.

      Delete
  2. Wah jatuhnya milik perseorangan gitu ya mba?
    Bagus juga ituh konsepnya. :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen berkunjung kesana, semoga liburan nanti tempatnya sudah lebih bagus jadi bermainnya lebih asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga. Setidaknya bisa lihat pohon kurmanya.

      Delete
  4. Waaaah, ada kurma yang udah berbunga. Kalau nanti udah pada gede dan berbuah lebat, kayanya asyik deh kalo bisa metik kurma langsung dari pohon. Hihihi. Btw, pesawat bekas gitu belinya di mana ya? Jadi pengen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tahu juga ya, apakah boleh petik langsung di pohonnya. Kalau baca-baca berita grand opening gitu. Tapi aku nggak yakin.

      Aku juga pengen...pesawat!

      Delete
  5. Waa... Ada pohon kurma yang berbunga.. Setahu saya pohon kurma bisa tumbuh di indonesia, tp kemungkinan kecil bisa berbuah..
    Eh.. Itu pesawat kliatannya seru banget..

    ReplyDelete
  6. Cakep ya kebun wisata kurma-nya, mbak. Dan sudah banyak fasilitasnya juga. Kalau buat saya sih yang penting kamar mandi dan tempat sholatnya nyaman.

    Bisa untuk penelitian tentang pohon kurma buat pelajar nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama bisa dijaga, fasilitas umumnya bersih.

      Delete
  7. foto2nya cakep2 mbak.....kurma bisa tumbuh juga ya di indonesia..tfs ya mbak

    ReplyDelete
  8. eh saya sering lewat situ bu. ini apanya pasar ya. kok ga pernah tau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari arah Surabaya, pasar Sukorejo masih lurus saja sampai ada papan nama Kebun Kurma.

      Delete
  9. waaa keren banget tempatnya, kirain cuma sekedar kebun aja, ternyata banyak fasilitas lainnya. Andai deket, pasti udah ajak keluarga ke sana nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya kebun bisa2 bikin bosan, jadi ditambah fasilitas lainnya. Mudah-mudahan selesai pembangunannya makin lengkap.

      Delete
  10. pohon kurma ada yg sudah buah...
    jadi pengen nyicip langsung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayapun penasaran. andai ada yangs udah masak...

      Delete
  11. Beberapa hari lalu tanteku juga ke sini mba. Katanya bagus juga buat jadi tempat pilihan wisata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasinya mudah ditemukan. Lumayan buat wisata seputar Pasuruan.

      Delete
  12. Rasa buah kurma yang di tanam di Indonesia itu manis gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga penasaran mas. Pada saat kesini, baru mulai berbuah, kecil.

      Delete
  13. wih keren banget mbak..
    Mbak Nur rumahnya di pasuruan?

    jadi pengen ke sana juga..ga terlalu jauh lah..saya di malang

    ijin share di fb saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih.

      Sering nulis wisata Pasuruan karena suami sedang dinas disana, mba. Saya tinggal di Tuban.

      Silakan dishare mba.

      Delete
  14. Dan cukup terkejut dinindonesia bisa numbuh pohon kurma, jadinpengen ngemil kurma ruthob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mba Nita. Makanya pengen lihat pas berbuahnya kayak gimana.

      Delete
  15. Wuih asyik banget. Selain bisa melihat pohon kurma, ada permainan untuk anak juga ya. Jadi bisa untuk wisata keluarga.

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES