Sunday, December 31, 2017

Bakso Goreng




Liburan kali ini saya sibuk di dapur. Selama masih di rumah dan ada anak-anak yang lapar, dapur selalu mengebul. Alhamdulillah.


Bagi saya ini salah satu kesempatan buat bonding antara ibu dan anak-anak. Karena mereka sendiri tidak ada kegiatan selain di rumah. nah, yang di rumah dan tetap beraktivitas, pasti membutuhkan banyak asupan gizi. Katakanlah perbaikan gizi buat yang pulang dari asrama.

Oke, boleh dong mereka request menu macam-macam. Namun hanya tidak ada yang dieskekusi. Sayang ya! Maklum ibu memasak berdasarkan feeling. Kalau lagi pengen masak sesuatu ya masak saja.

Daripada telah merencanakan dan gagal pasti nyesek deh.

Kembali ke kegiatan memasak. Saya sendiri suka di dapur. Entah itu cuma membuat menu sederhana. Yang penting masak buat keluarga dan mereka senang. Tidak masalah ketika lidah orang tidak cocok dengan masakan saya. Karena memang saya memasak adalah untuk keluarga.

Tidak terpikir untuk berjualan. Dulu sempat sih jualan kecil-kecilan. Tapi sudahlah. Semua memiliki passionnya sendiri.

Kali ini saya membuat bakso goreng untuk camilan anak-anak. Resepnya saya mengambil dari IG @henimaria. Disana bertaburan resep masakan. Saya mencari yang gampang saja. Karena yang gampang itu tidak butuh waktu lama.

Simak resepnya, yuk!


Bakso Goreng



Bahan:

200 gr ikan fillet yang sudah dihaluskan (Bisa memakai ikan tenggi. Saya memakai ikan tunul. Entah disebut apa dalam bahasa Indonesia. Saya juga tidak sempat memotret ikannya)
250 gr udang cincang
200 gr tepung sagu (saya memakan sagu Tani)
2 butir telur
5 siung bawang putih, haluskan
10 butir bawang merah, haluskan
Garam, merica halus, gula secukupnya.

Cara membuat:


  1. Aduk ikan, udang, telur, garam, gula sampai rata.
  2. Tambahkan bawang merah, bawang putih, aduk sampai kalis. Kalau adonan terlalu keras tambahkan sedikit air.
  3. Masukkan sagu. Aduk rata. Bentuk bulat-bulat lalu goreng sampai matang.


Untuk ikan dan udang bisa kok digunakan ikan semuanyan hingga 500 gr. Atau ikan tapi jumlah udangnya dikurangi. 

Untuk bumbu bawang putih dan bawang merah, saya tidak sesuai dengan resep. Jadi saya menggunakan bawang putih yang sudah digoreng sebentar. Tidak masalah, sih. Secara rasa masih enak. Parameternya kalau anak-anak doyan berarti masakan saya cocok.

Membuat bakso sendiri itu menyenangkan. Pertama karena saya dibantu anak-anak. Kedua ada yang mau memberikan koreksi. Misalnya kurang apa begitu. Jadi ada yang ikut membantu memberikan masukan dan solusi.

Sewaktu membuat adonan bakso si kecil ikut mengaduk-aduk. Kalau dibiarkan bakal tidak rata. Nah, setelah dia mencoba sebentar. Barulah saya yang mengeksekusi sampai selesai.

Untuk penampakan bakso eh teksturnya, saya akui belum bisa semulus buatan bakul bakso. Tidak masalah, kok. Masih berbentuk bulat. Meski ada juga yang tak beraturan bentuknya. Alhamdulillah di mata anak-anak masih menarik dan laku.

Ketika digoreng bakso akan mengembang. Usahakan menggunakan banyak minyak goreng. Karena kalau kurang, bakso akan kesulitan untuk mengembang. Setelah minyak mencukupi dan sudah panas, barulah kita masukkan adonan bakso.

Ketika menggoreng, tidak perlu sering dibolak-balik. Tunggu saja sampai mengembang. Setelah itu dibalik hingga matang. Lalu tiriskan. Mudah bukan?

Bakso goreng ini teksturnya kenyal. Enaknya kalau masih hangat. Makan bakso sambil ditemani dengan saus, sambal, mayones dan kecap. Lengkap banget ya! Tidak juga. Karena anak-anak seleranya bermacam-macam. Ada yang suka saus tapi tidak mau mayones. Ada yang suka kecap.

Nah, buat liburan seperti ini saya ingin hunting resep masakan buat anak-anak. Tetap ya yang gampang. Apalagi kalau bisa dilakukan bersama anak-anak.

Mungkin dapur bakal berantakan maksiman. Tapi kegiatan seperti ini memiliki kesan di benak anak-anak. Semoga saja mereka tidak melupakan moment bersama ibu. Moment saat mereka masih senang membuat kekacauan di dapur.

Happy cooking!

^_^

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. Mbak... mau dong bakso nya.... hujan-hujan gini asik banget makan bakso...

    ReplyDelete
  2. Ngiler, pengen baksonya. Catet ah resepnya.

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES