Friday, February 16, 2018

Oleh-Oleh Pasuruan: Bipang Jangkar



Bipang Jangkar


Jajanan dengan bahan utama beras ini lebih familiar di telinga saya dengan sebutan jipang. Bukan saya saja. Ada banyak pembeli di toko Bipang Jangkar ini yang menyebut bipang dengan jipang.


Akhir-akhir ini saya sering ke Pasuruan. Tak sengaja melewati toko oleh-oleh. Karena memang tak ada tujuan mampir, ya sudah kendaraan melaju saja menyisakan rasa penasaran. Kemudian ketika ada kesempatan untuk ikut ke Pasuruan saya meminta suami untuk mampir saja ke toko oleh-oleh.

Toko oleh-oleh khas di Pasuruan ini lebih banyak menjual bipang. Ya, bipang yang sering dikatakan jipang. Namanya Bipang Jangkar. Semua produk bipang ada label Bipang Jangkar. Saya pikir hanya menjual bipang, ternyata tidak. Ada beberapa oleh-oleh yang menjadi andalan di toko ini.

Selain bipang, oleh-oleh khas Pasuruan adalah permen jahe (permen rasa jahe yang dibungkus kertas), roti matahari dan sirup pokak (sirup yang terbuat dari rempah-rempah).
sirup pokak
sumber: www.oleholehpasuruan.com


Berhubung saya hanya membeli bipang dan jajanan lainnya maka saya hanya menulis review bipang saja. Yang lainnya semoga ada waktu untuk mencicipi.

Ceritanya kami ke Pasuruan dalam rangka menghadiri undangan pernikahan anak teman suami. Mumpung ke Pasuruan, sekalian saja mampir ke toko oleh-oleh. Kalau pertama kali lewat karena kami tak sengaja alias tersesat. Kali ini memang disengaja.

Asal mula Bipang

Kue bipang ini berasal dari Tiongkok. Bipang berasal dari kata bi yang berarti beras dan pang yang berarti wangi. Maksudnya beras yang wangi. Entah bagaimana kata bipang ini akhirnya berubah menjadi jipang bagi orang Indonesia.

Bipang ini terbuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi hingga mekar. Kemudian dicampur dengan gula asli yang telah dicairkan dengan vanili. Setelah tercampur rata dicetak dan dipotong-potong. Ada yang berbentuk persegi ada juga yang bulat.

Aneka Rasa Bipang




Ketika saya masih kecil, saya hanya mengenal bipang dengan rasa original. Teksturnya agak keras meski renyah juga. Kadang lengket karena adonan yang memang bercampur dengan  gula. Warnanya hanya satu, putih. Rasanya legit saja.

Saat ini di toko oleh-oleh Bipang Jangkar ada bermacam-macam variasi rasa. Produk bipang tidak hanya yang original dan berwarna putih. Berbagai terobosan dilakukan agar bipang tetap diminati. Contohnya saja bipang rasa cocopandan. Aroma dan rasa cocopandan menyatu dalam adonan bipang.

Selain rasa original ada rasa tutty fruity (rasa buah-buahan dengan aroma yang harum), rasa aneka buah campur (kopi moka, jeruk, stroberi, kelapa dan melon), rasa susu vanila campur (coffee cream, mangga, susu vanila, cocopandan, susu stroberi), rasa kacang vanila, rasa kacang hijau, dsb.

Bipang Jangkar


Untuk kemasan bermacam-macam. Ada yang satuan kemudian dimasukkan ke dalam kotak. Ada juga yang kemasan satuan lalu dimasukkan ke dalam kemasan besar. Kalau untuk oleh-oleh buat tetangga, keluarga, teman kita bisa memilih bipang dalam paket. Harga bervariasi. Tergantung jumlah kemasan bipang. Semuanya isi bipang ya, tapi dengan aneka rasa.

Agar bisa mencicipi semua rasa dengan harga hemat saya memilih membeli yang kemasan kecil. Tidak dalam tas. Sepertinya memang dibuat paket hemat. Jadi dalam plastik kemasan ada bipang yang dibungkus satuan. Saya lupa jumlahnya. Karena saya dan suami langsung makan-makan saja. Untuk rasa, sudah lengkap. Ada rasa original yang putih bersih dan legit, tutty fruity hingga susu vanila campur.

 
Bipang Jangkar

Semuanya renyah dan manis. Yang ada rasa buah-buahan, rasa dan aromanya terasa. Seperti ketika saya menikmati bipang kacang vanila. Harum vanila dan kacang menimbulkan rasa penasaran.Rasa kacang tanah berpadu dengan susu dan essen namun lebih kuat rasa kacangnya. Atau ketika saya mencicipi bipang rasa jahe. Aroma jahe membuat saya ragu. Akankah menjadi perpeduan yang pas? Ternyata sama saja. Tetap enak. Aroma dan rasa jahe yang dominan masih bisa ditoleran dengan rasa manis bipang.

Selain paket bipang yang sudah tersedia dari tokonya, kita bisa memilih aneka bipang sesuai dengan selera kita. Atau mau dikombinasi dengan oleh-oleh lainnya juga boleh. Kemudian membeli tas yang sudah ada tulisan Bipang Jangkar. Tas tersebut dijual terpisah dengan harga Rp 6.000 dan Rp 8.000.

Bipang Jangkar


Selain menjual aneka oleh-oleh Pasuruan, toko ini juga menjual berbagai makanan lain seperti kue kering, pie susu, brownies, popcorn (buatan Jangkar food) dsb. Oh ya saya penasaran dengan nastar belinjo. Beli satu dan owww... rasanya mirip kue kering kacang tapi tetap rasa belinjo. Entah mengapa menggunakan kata nastar. Saya yang awam merasa nastar itu mesti ada selainya. Kalau ini tidak. Ya seperti kue kering pada umumnya.

Ada yang ingin mencoba menikmati aneka rasa bipang? Silakan mampir ke toko oleh-oleh Bipang Jangkar.

Alamat:

Jl. Lombok no. 32-41 Pasuruan, Jawa Timur
Telp. 0343-421162

^_^

Comments
28 Comments

28 comments:

  1. wihh....pastinya komplit banget buat oleh-oleh mba...

    ReplyDelete
  2. kalau di malang namanya jipang mbak... yang jagung itu namanya brondong jagung...

    ReplyDelete
  3. Penasaran sama rasanya bipang yang rasa-rasa pasti lebih menggoda

    ReplyDelete
  4. Mau donk mba jipangnyaa. Xixiixx aku baru tau lho mba kalau bipang alias jipang itu berasal dari pasuruan jawa timur.. saya kira masih daerah jateng.. pernah nyoba rasanya emang enak ya mba apalagi banyak rasa2 yang lain perlu nyoba langsung nih

    ReplyDelete
  5. aku bilangnya Jipang kesukaan banget tapi bum cobain yang rasa begitu mba hehehe sukanya masih yang rasa original ga tau klo nanti dikasi yg rasa lainnya 😁👍

    ReplyDelete
  6. Jipaaang jajanan kesukaaan akuu mbaaak hehehe jd rinduuu makan jipang :"

    ReplyDelete
  7. kapaan ku bisa halan2 ke Jatim yaaa hahahha.. duh efek dah lama ngga jalan2 nih.
    Kalau jalan2 ke daerah aku paling suka beli makanan daerah asal, dan jipang ini aku sukaaa :D menurut aku oleh2 daerah di Indonesia itu enyak2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh-oleh khas suatu daerah itu bikin kangen.

      Delete
  8. Wah kapan kapan deh kayak nya baru bisa icip icip oleh 2 pasuruan nya.
    Langkah kaki paling jauh masih sampai jawa tengah mbak :D

    ReplyDelete
  9. Dan saya baru tahu asal muasal Jipang itu adalah Bipang dan dari China.
    Itu beraneka rasa ya, pasti enak, kalau saya di sini cuma bisa ngerasain rasa gula merah, hihiih

    ReplyDelete
  10. waini favoritku
    dulu pas kuliah sering dapet dari temen
    secara ya dari pasuruan semua
    aku malah belum pernah beli langsung ke pasuruan
    paling suka yang original aja gak rasa aneh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pakai rasa juga enak, mas. Faktanya aku doyan semua.

      Delete
  11. wah sodara dari pasuruan selalu bawain bipang jangkar kalau lagi ke tempatku. khas banget. dulu di pasuruan juga ada petis enak banget. masih ada ga ya

    ReplyDelete
  12. Wahh masih eksis ya...udah bagus banget kemasannya..Aku kenal makanan ini waktu jaman masih nyebrang Selat Madura nya pake ferry..Kalo ke Pasuruan wajib nih dicobain..

    ReplyDelete
  13. Pasuruan kota kelahiranku hihi. Iya, bipang jangkar memang terkenal di pasuruan, keluarga temanku ini yg produksi bipang. Dulu memang satu rasa aja ya, sekarang banyak variannya. Duh udah lama nggak makan bipang, ntar pas mudik aja beli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kota kelahiran mba Lianny ya. Aku beberapa tahun terakhir ini sering ke Pasuruan karena suami dinas disana.

      Delete
  14. pernah ke pasuruan mbak, cuma dulu waktu nemenin bapak saya wisata kantor >,< ternyata popcorn warna warni masih ada yaaa >,<

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES