Wednesday, April 18, 2018

Menjadi Ibu Yang Sehat dan Bahagia Itu Bukan Khayalan Lagi


greek yogurt


Halo!

Menjadi ibu adalah sebuah proses yang dinamis, tanpa jeda, tanpa rekayasa dan tanpa imbalan. Coba saja kalau kita bayangkan pekerjaan seorang ibu bakal dibayar. Misalnya hamil, meyusui dan merawat anak, berapa rupiah yang setara dengan semua ini?

Faktanya, pekerjaan ibu seperti lingkaran yang terus berputar tiada habis. Mengurus keluarga dan pekerjaan rumah adalah rutinitas sehari-hari. Capek, lelah atau bosan?

Adakah terbersit sedikit saja rasa capek mengurus anak? Iya, tapi tidak ada satu keinginanpun untuk berhenti bersama mereka. Berhenti mengurus mereka, berhenti bicara dengan mereka, atau berhenti berhubungan dengan mereka. Ah, seberat apapun masalah dengan anak selalu saja ada ruang untuk bersama mereka.

Memang kalau dipikir-pikir pekerjaan dan tanggung jawab ibu dalam mengurus keluarga bakal menguras energi, emosi dan pikiran. Sesekali ada perbedaan keinginan yang bisa menyulut ketegangan. Ibu yang harus mengalah kepada suami. Atau ibu yang harus mengalah pada keinginan anak-anak. Tak bisa dipungkiri hal-hal semacam ini menjadi bumbu dalam keluarga. Bumbu penyedap atau justru sebaliknya, perusak.

Jadi, seperti apapun keadaannya, ibu harus bahagia. Mengapa? Kalau ibu saja tak mampu membahagiakan diri sendiri, bagaimana bisa membahagiakan keluarga. Coba saja ketika kita sedih, bagaimana ekspresi suami dan anak-anak. Minimal ada yang bertanya, “Ibu kenapa?”

Ada perhatian bahwa ibu juga manusia biasa. Bisa sedih begitu pula senang. Tapi kalau sepanjang hari perasaan sedih, kacau dan emosi buruk yang terlihat bukan tak mungkin keluarga kita tertular efeknya.

Bahagia itu karena diusahakan. Bukan karena ingin menyenangkan keluarga lalu kita berpura-pura bahagia. Bahagia itu karena kita berjuang untuk bersama-sama meraihnya. Kebahagiaan adalah milik kita, milik bersama. Hati yang tentram dan damai ketika berada dalam rumah. Hati yang gembira ketika memandang wajah anak-anak dan pasangan.

Namun kalau ibu sakit, seperti ada yang hilang. Sebuah kenikmatan yang bernama sehat itu bisa saja lenyap tak terduga. Seperti saya ketika sedang sakit karena ceroboh dalam mengkonsumsi makan, kurang istirahat, dsb. Karena merasa sehat, beraktivitas saja. Tubuh sendiri memiliki ambang batas. Namun dipaksa bekerja. Akibatnya menyerah, sakit. Tapi pikiran masih berkeliaran. Tentang anak-anak, pekerjaan rumah hingga tuntutan menulis. Badan dipaksa saja untuk beristirahat, sementara hati... semudah itukah dipaksa untuk tenang. Harusnya begitu. 

heavenly blush greek yogurt


Melihat anak-anak, muncul rasa bersalah. Syukurlah mereka menaruh perhatian saat saya banyak menghabiskan waktu diatas tempat tidur.

“Ibu, sakit?” tanya si anak.

Di saat seperti itulah kadang saya merasa tak mampu menjadi ibu yang baik. Tak mampu menjaga kesehatan. Harusnya saya bisa melakukan banyak hal, namun karena kecerobohan saya, jadi sakit. Atau katakanlah, sudah waktunya saja sakit. Eits... jangan dong! Sehat dan bahagia adalah usaha dan kerja keras kita. Bukan sekedar khayalan. Ingin sehat dan bahagia bisa, kok!

Tapi saya jadi senang karena suami dan anak-anak jadi lebih perhatian. Anak-anak yang mandiri. Ah, kalau mereka tahu ibu sehat, sebentar-sebenta pasti banyak maunya. Namun kalau sedang sakit, dengan kesadaran sendiri mengurus diri sendiri, membantu ibu dan mengurus ibu yang mesti banyak beristirahat.

Sehat dan bahagia selalu menjadi dambaan saya. Juga menjadi bagian yang tak terpisahkan. Sehat meliputi  jiwa dan raga. Bisa jadi cara menjaga kesehatan tiap orang berbeda. Ada yang cuek dengan pola makan, namun ada pula yang berusaha keras diet demi kesehatan. Saya menghargai keduanya. Bagi saya sederhana, kita yang memiliki tubuh, kitalah yang tahu seperti apa kondisi tubuh ini. Tidak perlu jauh-jauh membandingan diri ini dengan orang lain apalagi artis.

Bagi saya jalan kaki keliling kompleks di pagi hari lumayan untuk menggerakkan tubuh. Pulangnya bisa sambil belanja di bakul sayur. Bertemu tetangga dan orang-orang yang sama-sama belanja. Ada energi positif ketika kami bertegur sapa dan tersenyum.

Selain itu, jalan pagi lumayan juga buat menikmati udara segar bebas polusi. Kadang kegiatan sederhana seperti ini harus dipaksa. Kalau yang sudah memiliki jadwal rutin berolah raga pasti lebih bagus lagi. Sayangnya saya hanya mengandalkan yang gratisan. Ikut senam di hari Minggu di alun-alun. Gratis!

Saya menyadari bahwa semakin bertambahnya usia artinya semakin jeli dalam memilih asupan gizi. Kebutuhan akan gizi tidaklah sama antara satu orang dengan lainnya. Pertimbangan usia, riwayat penyakit, dsb menjadikan kita lebih aware terhadap makanan. Nah, dengan cermat memilih makanan saya berharap dapat menikmati hidup lebih baik lagi.

greek yogurt


Untuk menambah asupan gizi, saya suka menyimpan Heavenly Blush Greek Yogurt. Diminum dalam keadaan dingin lebih segar. Yogurt ini termasuk kental seperti cream. Tapi jangan khawatir, dalam sebuah kotak kemasannya dilengkapi dengan sedotan yang kokoh. Meski terlihat pendek, sedotan ini bisa ditarik memanjang sehingga menjangkau di dalam kotak kemasan.

Oh ya, nyetok di lemari es bikin saya mudah menikmati setiap saat. Seperti saya yang kadang lapar di malam hari. Padahal sudah makan nasi. Ah, rasanya ingin buka toples lalu ngemil. Ambil kletikan atau jajan yang tidak bikin kenyang. Tapi kemudian menyesal. Ingat timbangan yang bakal bergeser ke kanan. Bagaimana kalau ngemilnya lebih sehat dengan Heavenly Blush Greek Yogurt?

Kandungan protein dalam yogurt yang tinggi membuat perut terasa kenyang lebih lama. Teksturnya kental dan rasa susunya kuat, perut mudah mencernanya. Yogurt rendah lemak dan gula ini cocok buat kita yang ingin hidup sehat atau diet. Asam aminonya dapat membakar lemak. Selain itu yogurt mengandung prebiotik dan tidak mengandung pengawet. Yogurt dikemas secara hiegenis agar kualitasnya tetap terjaga sampai di tangan konsumen.

Buat saya yogurt ini baik untuk pencernaan. Ingin ngemil, ingat yogurt. Perut kenyang, aman deh. Jangan lupa untuk mengimbangi dengan banyak minum dan makan buah segar. Manfaat lainnya saya kutip dari hallosehat dot com:


  • Menurunkan tekanan darah
  • Sumber protein yang sangat baik
  • Menggantikan energi setelah berolahraga
  • Membantu sistem pencernaan lebih lancar
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Sumber mineral dan vitamin
  • Memperkuat sistem imun
  • Membantu menurunkan berat badan


Banyak manfaat yogurt yang bakal kita dapatkan jika rutin mengkonsumsinya. Minimal satu kotak sehari. Ops... Greek yogurt ini berbeda dengan yogurt di pasaran. Terutama soal rasa, enak, gurih dan sedikit asam melengkapi setiap tetesnya. Teksturnya yang creamy karena terbuat dari susu segar dengan nutrisi lengkap. Cocok dikonsumsi dimana saja dan kapan saja. Seperti saya yang membawa yogurt di kios keluarga. Cuaca panas dan gerah membuat saya ingin segera menikmati kesegaran Greek yogurt.

Buat ibu yang ingin sehat dan bahagia, bisa kok. Asal kita mau mengusahakannya. Apapun kondisi kita, jangan lupa untuk merayakan kebahagiaan. Karena bahagia adalah milik kita.

Tips sehat dan bahagia berikut ini bisa dilakukan dengan mudah:


  1. Bersyukur dan berpikir positif
  2. Fokus
  3. Gizi seimbang
  4. Olahraga
  5. Berkarya dan bersosialisasi

greek yogurt


Ibu sehat dan bahagia bukan sekedar khayalan. Sebagai ibu saya berusaha dan belajar untuk melakukan rutinitas dengan ikhlas dan selalu bersyukur dalam setiap keadaan. Dengan begitu pikiran positif yang memenuhi rongga hati. Mari berikhtiar menjaga kesehatan demi kebahagiaan diri dan keluarga. 

Nah, buat teman-teman yang menikmati Heavenly Blush Greek Yogurt, bisa dong sharing manfaatnya. Ikut kompetisi #HeavenlyBlushGreekSecret, dengan menulis gaya hidup sehat kalian bersama Heavenly Blush, ya! Hadiah utamanya adalah 1 tiket perjalanan #GreekSecret ke Yunani. Selain itu ada 10 voucher MAP + hampers Heavenly Blush.

^_^



Comments
12 Comments

12 comments:

  1. Iya..bener banget..ibu itu ga boleh sakit.. klo sakit, kacau balau semuanya. Makanya harus pinter2 jaga kesehatan.

    Harus nyari pendamping buat stamina, contohnya yoghurt. Manfaatnya banyak sekali ya mba.. mau ah, nyobain greek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu harus bisa menjaga kesehatan. Sehat-sehat ya mba.

      Delete
  2. Semoga sehat selalu para ibu yang ada di dunia ini. Saya akui kok luar biasa banget yang namanya ibu itu. Capek lelah, tapi tetap rutinitas sehari-hari dalam rumah itu tetap jalan. Terlebih bagi mereka yang jadi seroang blogger juga..he

    Yogurt ini cocok ya, Teh. Selain enak diminumnya, manfaatnya juga ada :)

    ReplyDelete
  3. seandainya pekerjaan seorang ibu mengurus rumah ada bayarannya, mungkin segudang uang paman gober gak cukup melunasinya hehe..aku pun juga bgitu mba, mengandalkan olahraga 'gratisan' hehe jalan kaki menuju pasar, nenteng belanjaan :))

    Ah sepertinya yogurt ini enak dan menyehatkan, nice info mb, thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, minum yogurt. Baik buat kesehatan loh.

      Delete
  4. Alhamdulillah banyak cara untuk selalu menjaga kesehatan ya mbaaa

    ReplyDelete
  5. Ihhh aku sukaaa bangwt yoghurt ini mba. Dan alasan srg minum yoghurt itu krn pernah ada yg nulis bisa bikin awet muda hahahaha.. Makanya aku jg srg nyetok :D. Enaaaak juga kok rasanya. Apalagi dicampur ama muesli, bikin kenyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak, gurih dan bikin kenyang, mba. Sehat-sehat ya.

      Delete
  6. Sakit dapat menghambat aktivitas, tapi jangan lupa berjaga sblm sakit.. Banyak vitamin dan makanan bergizi

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Maaf, jika ada link hidup akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES