Tips Memilih Ciput Untuk Menunjang Aktivitas Sehari-Hari





Suatu hari saya tertarik menggunakan kerudung pasmina untuk menghadiri pertemuan wali murid di sekolah. Setelah menghabiskan bermenit-menit di depan cermin, akhirnya selesai juga  memakai kerudung pashmina. Sayang, memakai kerudung dengan bantuan dua peniti plus satu bros tidak membuat model kerudung tetap seperti semula.

Perjalanan membuat kerudung seolah ingin lari kesana-kemari. Kemudian ketika sadar, ada anak rambut yang mencuat keluar dari kerudung. Wah, saya mesti buru-buru mencari cermin dan lagi-lagi menghabiskan waktu.

Suami hanya bisa melihat saya sibuk dengan kerudung itu. Aduh, saya segera mengganti kerudung pashmina dengan kerudung instan. Toh, saya tak perlu mencari posisi yang pas untuk meletakkan peniti-peniti. Langsung pakai dan beres.

Ketika berhenti dalam perjalanan entah untuk istirahat, mencari toilet dan beribadah, lagi-lagi saya terkejut ketika suami mengingatkan saya agar merapikan rambut. Ah, iya kasus yang sama terulang. Tanpa saya sadari rambut-rambut kecil itu telah keluar dari kerudung.

Dari pengalaman tersebut saya mesti lebih memperhatikan pakaian hingga aksesoris yang saya pakai. Entahlah kalau karena peniti yang kurang pas. Sayang juga kalau ingin tampil modis, tapi kurang nyaman karena kerudung yang kacau.

Selanjutnya saya menjadi ragu ketika menggunakan pashmina dan kerudung segi empat. Ah, favorit saya tetap kerudung instan. Tapi masalah anak rambut yang keluar tidak peduli apakah saya memakai kerudung instant atau kerudung pashmina. Jadi apa masalahnya?

Okelah, saya mesti mencari penyebabnya. Kalau bukan peniti, pastinya dari ciput yang saya pakai. Ciput yang melar dan membuat anak rambut mencuat tanpa saya sadari. Selain itu penampilan kerudung menjadi bergeser ke kanan kiri, tak beraturan.



Ciput atau inner hijab ini biasanya kita anggap sebagai pelengkap penampilan saja. Namun kalau kita perhatikan, Sebenarnya memiliki fungsi penting karena bisa membungkus rambut agar tidak keluar dan menahan kerudung agar tetap rapi dan stabil, meskipun kita berada di luar ruangan.

Beruntung perkembangan fesyen buasana muslim saat ini sangat cepat. Tak perlu menunggu lama, segala model dan motif hijab bermunculan dan berdampak baik bagi kita. Banyak pilihan busana muslim hingga aksesoris pendukungnya. Model dan motif ciput semakin bervariasi. Mulai yang berbentuk sederhana hingga yang mewah.

Untuk aktivitas sehari-hari, kita perlu memperhatikan kualitas hijab. Asal memilih hijab bisa membuat kita tak nyaman. Misalnya saja ketika hijab tidak menyerap keringat. Sepanjang waktu, kulit terasa gatal karena berkeringat terus. Atau justru tidak cocok dengan pakaian kita. Bisa-bisa mengurangi kepercayaan diri. Apalagi kalau sedang menghadiri suatu acara. Tentu kita tidak ingin menjadi tontonan gara-gara salah kostum.

Tips memilih ciput

1. Sesuaikan model dengan bentuk wajah

Contohnya, wanita dengan wajah bulat sebaiknya menggunakan warna netral. Untuk wajah panjang bisa memilih model bandana. Sedangkan untuk wanita yang berpipi tembam bisa memilih inner antem.

2. Pilih bahan yang nyaman

Di pasaran, kita mengenal bahan dari kaos rayon super, spandek dan jersey. Ketiga bahan ini recommended buat para hijabers karena elastis dan mudah menyerap keringat. Pilih juga bahan yang ringan. Karena fungsinya sebagai dalaman, pastikan bahan tidak terlihat tebal. Bahkan ketika sudah dilapisi dengan hijab.

Dengan memperhatikan dua hal diatas, saya tetap ingin tetap memakai kerudung pashmina maupun segi empat. Bagi saya, model kerudung harus sesuai dengan aktivitas. Misalnya mau menghadiri undangan pernikahan, saya lebih suka memakai kerudung segiempat agar tampak formal. Sedangkan untuk aktivitas sehari-hari saya memilih kerudung instan. Dengan syarat tetap menggunakan inner yang pas.

Sebagai hijaber, kita tidak perlu ragu untuk tampil modis dan percaya diri. Dengan memperhatikan pemilihan bahan pakaian, hijab dan aksesorisnya yang pas membuat kita nyaman saja saat beraktivitas.

^_^




Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

14 Komentar untuk "Tips Memilih Ciput Untuk Menunjang Aktivitas Sehari-Hari"

  1. Dengan ciput yang pas membuat rambut yang berada di dalam kerudung menjadi pas dan tepat di posisinya ya, Mbak Rochma.

    BalasHapus
  2. Wah boleh ni... Aku termasuk jarang pake ciput tp ini enak kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, pakai ciput biar penampilan kita jadi lebih rapi.

      Hapus
  3. Aku lagi cari ciput warna putih yang cucok. Tapi sampai sekarang belum nemu. Ciput putihku udah minta kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putih itu netral mba, gampang banget buat dikombinasikan dengan jilbab yang berwarna dan bermotif.

      Hapus
  4. Saya terbiasa dengan ciput mbak, kalau tidak pakai ciput rasanya tidak nyaman memang ditambah lagi kadang rambut muncul di atas hijab menembus, kelihatan berdiri diatas ke kepala

    anak rambut muncul di dahi wah repot jadinya

    betul utk penampilan bisa disesuaikan dg bentuk wajah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak rambut suka muncul sesukanya kalau nggak pakai ciput.

      Hapus
  5. Aku kalo pake ciput rambutnya suka keluar2 meski sudah dikuncit atau pake jepitan rambut. Itu gmn y tipsnya? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah mengalaminya. Biasanya kalau ciputku agak longgar sih. Dan kalau untuk pemakaian agak lama aku biasanya tetap nyari cermin. Mungkin karena kitanya yang aktif jadi pengaruh juga dengan penampilan.

      Hapus
  6. Aku selalu pakai ciput kecuali jilbab instan. Gak enak kalo gak pake ciput, kerudung bisa merosot.

    BalasHapus
  7. Nah, pas banget buatku yang newbie berhijab nih mbak. Selama ini masih bingung mencari ciput yang nyaman. Makasih tipsnya mbak..

    BalasHapus
  8. Selama ini seringnya salah beli ciput mbak. Karena ga nyaman itu, akhirnya gerak-gerak terus. Perlu banget mempraktekkan tipsnya.

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel