Wednesday, May 16, 2018

Resep Buka Puasa dengan Kulit Lumpia


3 resep buka puasa dengan kulit lumpia


Gorengan indentik dengan tahu, tempe dan bakwan. Menu seperti ini banyak kita temukan di acara berbuka puasa, mulai dari masjid hingga di rumah. Sepertinya magnet berupa gorengan tidak mudah ditinggalkan. Baiklah, saya juga membuat gorengan yang bisa dinikmati untuk berbuka puasa. Tapi dengan sedikit variasi yaitu kulit lumpia.


Saya sering menggunakan kulit lumpia untuk membuat gorengan. Ini hanya variasi lain dari gorengan yang sudah mainstream. Kadang ada rasa bosan saja kalau menu gorengan tidak berpindah dari tahu dan tempe.

Maka, dengan memanfaatkan kulit lumpia saya bisa membuat beberapa menu berbuka yang mudah. Bahkan tingkat kegagalannya minim. Menu berbuka seperti martabak isi sayuran biasanya saya buat dahulu. kalau tidak capek, langsung lanjut membuat martabaknya. Kalaupun isian martabak masih sisa, bisa disimpan di lemari es untuk menu selanjutnya. Seperti membuat mie goreng.

Untuk kulit lumpia, sebaiknya memilih yang bagus ya. Jika dilihat dari penampilan kulit lumpia, tidak sama saja. Namun yang bagus itu akan terasa lebih enak. Saya suka membeli kulit lumpia di toko kue langganan. Kulitnya terasa gurih dan teksturnya ketika digoreng bagus. Sedangkan kulit lumpia yang kurang bagus akan menghasilkan rasa yang agak asam, Juga ketika digoreng, kulitnya seperti melembung-melembung. Penampilannya jadi kurang menarik.

Kalau sudah terbiasa pasti mudah untuk membedakan kulit lumpia yang bagus atau tidak. Sebelum membeli, tetap perhatikan permukaan kulit lumpia. Pernah ketika membeli kulit lumpia di toko kue langganan, ternyata ada beberapa bercak. Tidak banyak tapi perasaan saya tidak enak. Seperti sudah berjamur. Saya tanyakan kepada pelayannya, ternyata benar. Kulit lumpianya sudah basi. Nah, biar bagaimanapun tetap ya sebelum membeli harus teliti.

Resep berbuka puasa dengan kulit lumpia ini terdiri dari 3 macam. Ada yang manis juga gurih. Lebih suka mana, gorengan manis atau gurih? Ops... berbuka puasa tetap dengan yang manis-manis ya.



Pisang Cokelat


pisang cokelat

Bahan:

Pisang kepok, belah dua atau sesuai dengan ukuran kulit lumpia (pisang kepok ini yang paling mudah didapatkan di daerah saya)
Kulit lumpia
Meises
Terigu
Air
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:


  1. Siapkan kulit lumpia. Isi dengan pisang kepok dan meises.
  2. Rekatkan sisi-sisi kulit lumpia dengan campuran terigu dan air. Sebagai takaran, 1 sdm terigu dengan dilarutkan dengan 1 sdm air. Kalau masih kental bisa ditambah sedikit.
  3. Rekatkan sisi-sisi kulit lumpia dengan rapi. Pastikan tertutup rapat agar meises tidak keluar saat digoreng.
  4. Panaskan minyak, goreng hingga matang.
  5. Sajikan.


Note:

Menggoreng pisang coklat sebaiknya dengan api kecil. Karena coklat mudah leleh ketika di panaskan. Asalkan pisang coklat tertutup dengan rapat, minyak goreng tetap bersih tanpa noda coklat yang berserakan.

Martabak Sayur



Bahan:

Wortel
Jagung manis
Bawang prei
1 buah telur
Minyak goreng

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Merica bubuk
Garam

Perekat:

Terigu dan air secukupnya

Cara membuat:


  1. Haluskan bahan bumbu, sisihkan.
  2. Parut wortel dengan parutan (parutan dengan lubang besar, biasanya dipakai untuk memarut buah untuk rujak), sisir jagung manis dan iris bawang prei.
  3. Adonan isi: Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan wortel dan jagung manis. Aduk dan masak hingga empuk. Masukkan bawang prei. Aduk sebentar. Angkat.
  4. Setelah adonan isi dingin, campur dengan telur. Aduk rata.  Siapkan kulit lumpia. Isi dengan adonan isi. Kemudian tiap tutup tiap sisi dengan campuran terigu dan air.
  5. Segera goreng martabak sayur didalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga kecoklatan. Angkat.
  6. Sajikan dengan cabe rawit.


Otak-Otak Kulit Lumpia

otak-otak kulit lumpia


Bahan:

100 gr Ikan filet (saya memakai ikan tunul)
1 butir telur
1 sdm tepung terigu serbaguna
1 sdm tepung sagu
Kulit lumpia
Minyak goreng

Bumbu halus:

2 siung bawang putih, cincang kasar
Merica halus
Garam secukupnya

Cara membuat:

Haluskan ikan fillet dengan bumbu. Campur adonan dengan telur. Aduk rata.
Siapkan kulit lumpia. Isi dengan adonan ikan. Rekatkan.
Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan. Angkat.
Sajikan dengan saus sambal, saus tomat, dsb.

Resep diatas ada yang tidak menggunakan takaran karena saya membuatnya dengan feeling saja. Insyaallah tidak masalah. Karena adonan seperti ini (martabak sayur) pasti jadi.

Untuk martabak selain diisi dengan sayuran, kita bisa menggantinya dengan bihun atau tahu. Semuanya tetap enak. Seperti biasa, kalau memasak menu sehari-hari saya tidak memakai takaran secara pas. Contohnya memasak sayur, membuat omelet, dsb. Disesuaikan saja dengan kebutuhan. Kalau membuat dalam jumlah banyak, adonan isi dibikin lebih banyak. Begitu pula sebaliknya.

Dengan kulit lumpia, otak-otak ini jadi lebih gurih. Rasa gurih dari kulit lumpia berpadu dengan adonan ikan yang kenyal. Saya pilih ikan tunul, (ikannya panjang dan kurus dengan daging yang lumayan banyak) karena lebih murah daripada ikan tengiri. Ya, kalau ikan tengiri memang secara tekstur dan rasa juara deh. Enak banget. Tapi harganya tiga kali lipat daripada ikan tunul. Entah kalau di daerah lain. Dengan pertimbangan tersebut, saya pilih yang ekonomis saja. Toh, secara rasa tetap enak.

Mungkin di daerah lain ada jenis ikan yang lebih ekonomis dan bisa dipakai untuk resep ini. Lain  daerah bisa jadi lain juga jenis ikannya. Untuk resep makanan dengan menggunakan ikan fillet saya baru bereksperimen dengan ikan tengiri dan ikan tunul. Lainnya belum.

Gorengan memang banyak macamnya. Apalagi kalau bisa membuat di rumah. lebih kriuk dan menyenangkan. Tiga resep gorengan dari kulit lumpia tersebut semoga bisa menjadi teman berbuka puasa.

Happy cooking!

^_^
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Wah cocok banget mba kulit lumpia buat hidangan buka :)

    ReplyDelete
  2. Hhhm enaknyaaa, kalo makan gorengan macam martabak ini harus sedia cabe rawit, tambah nikmat.

    ReplyDelete
  3. Gorengan dicocol pakai saos kecap dengan irisan bawang merah dan ditaburi lada dikit ...hmm, enaak beneer

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES