Saturday, May 26, 2018

Tahu Bulat Sederhana (Tanpa Bahan Tambahan Kue)


tahu bulat


Gorengan satu ini sering kita temui dijajakan keliling. Dengan mobil pick, tahu digoreng sambil merayu pembeli. “Tahu bulat, digoreng di mobil, rasanya enak, halal.”
 

Baca juga Martabak Tahu...

Berhubung tahu bulat ini tidak setiap hari saya temui sayapun penasaran. Ingin bisa bikin sendiri tapi galau. Jangan-jangan nanti gatot (gagal total). Sayang juga sama tahunya.

Tapi kalau tidak mau mencoba kapan bisa bikin tahu bulat. Nah, kebetulan ada teman yang bisa bikin tahu bulat tanpa obat kue. Saya makin penasaran dong.

Sebagai ibu yang doyan masak, saya ingin membuat gorengan yang berbeda. Gorengan ini memang favorit ya. Tidak memandang usia. Dari anak-anak hingga orang dewasa suka dengan gorengan. Hanya saja, perlu diperhatikan agar gorengan tetap nikmat. Pastikan untuk tidak menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang. Selain karena rasa gorengan tercampur dengan rasa makanan yang digoreng sebelumnya, pemakaian minyak berulang tentu tak baik untuk kesehatan.

Dengan memasak menu sehari-hari kita bisa mengenali keinginan keluarga. Juga untuk belajar proses memasak yang tidak sekejap. Syukur kalau keluarga makin suka dengan masakan rumah.


Tahu Bulat

tahu dihaluskan



Bahan:

Satu bungkus tahu
Minyak goreng

Bumbu halus:

Bawang merah
Bawang putih
Merica bubuk
Garam
Penyedap jika suka

Cara membuat:


  1. Cuci tahu. Lalu haluskan dengan sendok hingga hancur. Jangan diblender.
  2. Campur tahu dengan bumbu halus. Aduk rata.
  3. Buat bulatan-bulatan kemudian masukkan bulatan tahu ke dalam kulkas. Kira-kira 15-30 menit.
  4. Keluarkan tahu. Goreng dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan hingga mengembang dan matang.
  5. Sajikan.


tahu dibulatkan


Untuk komposisi bumbu bisa menyesuaikan ukuran dan jumlah tahu. Kalau saya ya dikira-kira saja. Misalnya dengan menggunakan tahu berukuran kecil, pakai saja bawang merah 2, bawang putih 1, garam dan merica halus secukupnya. Kalau ukuran tahu besar, bumbu halus bisa diperbanyak.

Setelah tahu bulat matang bisa loh kita campur dengan bubuk perasa, misalnya rasa balado, dsb. Bubuk perasa dapat kita beli di toko bahan kue. Atau dinikmati dengan cocolan sambal dan saus botol. Dinikmati dengan cabe rawit juga bisa, lebih nendang. Bahkan orang di daerah saya lebih suka makan tahu dengan petis. Ya, semua terserah kita, terserah bagaimana kita menikmati tahu.

Selain dapat langsung dimakan, tahu bulat bisa diolah lagi untuk masakan. Contohnya tahu bumbu merah, tahu bumbu bali, atau balado tahu. Dengan cara seperti ini rasa tahu bisa dipakai sebagai lauk juga. Menyesuaikan dengan selera kita.

Resep tahu bulat seperti ini sederhana, tidak menggunakan bahan tambahan agar mengembang. Tapi kalau mau googling, banyak banget resep tahu bulat. Yang sering adalah penggunakan bahan tambahan kue sehingga tekstur tahu bulat lebih menarik. Sedangkan masalah rasa, ini kembali kepada kita. tergantung penggunaan bumbu. Atau kalau ingin rasanya lebih kuat bisa ditambahkan penyedap rasa.

Dengan resep tahu bulat tanpa bahan tambahan kue ini tekstur tahu setelah matang akan mengembang. Jangan lupa untuk menggunakan minyak banyak hingga tahu terendam ketika digoreng. Jangan dibolak-balik ya. Khawatirnya nanti tahu bisa hancur, atau minimal lecet dan tidak berbentuk bulat. Waktu membalik adalah ketika tahu sudah kecoklatan, bagian yang sudah matang. Tunggu hingga matang seluruhnya.

Jika minyak yang digunakan kurang banyak, maka tekstur tahu akan sama seperti tahu biasa. Hanya saja bentuknya yang bulat.

Happy cooking!

^_^
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. Wah makasih tipsnya mba, pernah buat tapi hancur ternyata ada triknya :D kebetulan lagi ada tahu di kulkas.

    ReplyDelete
  2. Aku selalu hancur pas bikin tahu bulat, kadang cuma mateng luar aja. Ternyata emang minyaknya harus sampe merendam tahu ya, dan gak boleh dibalik pas masih putih. Oke makasih mbak, ntar aku coba lagi deh hehe. Aku selalu gagal meski pake soda kue.

    ReplyDelete
  3. Sip makasih tipsnya nih mbak. Jadi pengen bereksperimen nih buat tahu bulatnya.

    ReplyDelete
  4. Jangan lupa untuk menggunakan minyak banyak hingga tahu terendam ketika digoreng. Jangan dibolak-balik ya

    aku sering coba mbak cuma masih sering hancur
    jadi mesti pake telor
    mungkin teknik membaliknya ya yang belum pas
    hehe

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES