Bendungan Karangkates




Assalamualaikum,

Jika sedang melakukan perjalanan dari Malang ke Blitar bisa melewati bendungan Karangkates. Sayang kalau dilewatkan begitu saja. Karena belum pernah kesini, maka kami mampir saja.

Baca juga, Waduk Selorejo...



Bendungan Karangkates atau disebut juga Bendungan Sutami terletak di Jl. Raya Blitar-Malang, desa Karangkates, kecamatan Sumberpucung, Malang. Sekitar 15 km dari pusat kota Kepanjen, kabupaten Malang. 

Air di bendungan Karangkates ini berasal dari aliran sungai Brantas di kaki gunung Arjuno. Jika dilihat dari dekat, tampak air bendungan ini berwarna hijau.

Tiket masuk:

Rp 10.000

Parkir:

Rp 4.000



Fasilitas:

Playground, kolam renang, musholla toilet, camping ground. Ada lagi, kebun binatang mini. Sepanjang yang saya lihat hanya ada satu macam satwa. Sebagai pengunjung hanya bisa melihatnya. Tidak ada kegiatan memberi makan.

Karena tujuan kami melihat bendungan, maka kami segera menuju lokasi. Dari pintu masuk, lurus saja, lalu belok ke kanan.



Kesan pertama, sepi. Tidak ada pengunjung yang naik perahu (banana boat). Yang ada adalah dua laki-laki yang memancing. Katanya sih banyak ikannya.

Nah, di dekat perahu-perahu itu ada jembatan. Saya sempat berbicara kepada ibu yang menjual minuman di lokasi bendungan. Katanya untuk mengambil foto dengan angle yang pas, sebaiknya dari tempat ini. Sayangnya jembatan sedang diperbaiki. Hanya boleh dimasuki oleh petugas. Ya sudah, ambil foto dari tempat terjangkau saja.



Akhirnya kami foto-foto di sekitarnya. Sebenarnya ada perahu motor disana, tapi yang jaga juga tidak ada. Saya pikir mungkin di tempat lain ramai pengunjung. Jadi jalan-jalan saja keliling waduk.

Melewati cottage kami bertemu dengan pengunjung-pengunjung lainnya. Sambil menggelar tikar, menikmati semilir angin di tepi bendungan. Andai tak ingat tujuan kami ke Blitar, pasti deh ikutan bersantai disini.



Disebelah kiri pintu masuk, kita bisa menemukan kolam renang. Saat itu sedang dibersihkan. Ada juga gazebo dan bangku-bangku. Di dekatnya ada kran dan tempat sampah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menjaga kebersihan.

Meski dari luar pagar kolam, saya masih bisa melihat air kolam yang jernih. Tampak segar. Apalagi viewnya langsung menghadap ke bendungan. Anak-anak tak sabar ingin nyemplung saja. Tapi sekali lagi tujuan kami tidak ke kolam. 




Kesimpulan:

  1. Wisata karangkates ini sebenarnya aset yang bagus, sayangnya kurang terawat. Rumput-rumput semakit tinggi.
  2. Arena bermain sudah ada. Mungkin bisa ditambah lagi agar pengunjung terutama anak-anak betah.
  3. Untuk satwanya, sepertinya rusa atau kambing ya (CMIIW)  sudah ada makanan berupa rumput tapi sudah mengering. Semoga lebih diperhatikan lagi.


Happy traveling!

^_^

6 Komentar untuk "Bendungan Karangkates"

  1. Wah sayang banget kurang dirawat ya, padahal bendungan karangkates tempatnya bagus.

    BalasHapus
  2. Waduknya bagus ya, butuh ide kreatif dari pemerintah setempat buat waduk jadi ramai pengunjung

    BalasHapus
  3. Kok sepi gitu kenapa ya mbak? Padahal bersih & tenang lo lihat fotonya? Apa pas musim ujian sekolah?

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel