Mari Belajar Islam Bersama Nussa dan Rara


nussa dan rara


Sudah lama saya ingin menulis tentang Nussa ini karena gemes banget dengan karakter dua tokohnya, Nussa dan Rara. Meskipun anak yang paling kecil adalah si bungsu yang sudah SD, namun karakter Nussa dan Rara ini bisa dinikmati oleh siapapun. Ya, termasuk ayah, ibu, dan kakak-kakak.


Mengenal Nussa dan Rara

Nussa adalah film animasi Islam yang diproduksi oleh anak negeri. Animasi ini diproduksi oleh rumah animasi The Little Giantz yang digagas oleh Mario Irwisyah. Dirilis pada tanggal 20 november 2018 yang bertepatan dengan peringatan Nabi Muhammad SAW. Film edukasi ini bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga di rumah. Nussa dan Rara bercerita tentang pengenalan agama Islam dengan cara yang menyenangkan dan kekinian. Jangan kaget kalau setelah salam ada sapaan yang sangat familiar, “Hai gaes!”

Untuk pengisi suara tokoh Nussa adalah Muzzaki Ramdhan. Sedangkan Rara adalah Aysha Ocean Fajar. Karakter Nussa digambarkan sebagai anak laki-laki yang tidak sempurna. Coba deh perhatikan kaki kirinya. Dia selalu berpakaian gamis dan memakai kopiah putih. Rara digambarkan sebagai seorang adik yang periang dan lucu. Usianya 5 tahun dan memakai hijab. Hobinya bermain mobil balap, main air dan berenang. Suaranya bikin gemes, loh.

Hadirnya film animasi Nussa dan Rara ini merupakan kabar baik bagi kita, para orang tua yang mendambakan tontonan yang mendiidk. Film kartun yang ada saat ini tidak sekedar menyuguhkan hiburan buat anak-anak. Kadang tanpa disadari, ada film kartun yang menyelipkan kekerasan. Tinggal orang tua yang mau mendampingi anak atau merelakan waktu luang anak-anak terisi oleh hal-hal yang kurang baik.

Saya senang dengan hadirnya Nussa dan Rara. Film animasi ini digarap dengan apik, baik materi, audio hingga animasinya. Gambarnya halus, tidak kalah dengan film animasi dari luar negeri. Salut dengan kerja keras para animatornya. Duh gambarnya saja bikin gemes maksimal. Coba kalau ada wujudnya, ada tokoh yang mirip Rara ini, rasanya pengen uyel-uyel deh!

Karakter Nussa memang tidak biasa. Dengan angle anak difabel namun tetap memiliki kesempatan yang sama, memiliki harapan dan cita-cita yang mulia. Nussa merupakan seorang kakak yang menyayangi adiknya, Rara. Padahal Rara dengan wajah innocent suka bikin sebal kakaknya. Tapi tidak masalah kok. Seperti ketika kakaknya ingin live streaming, Rara tidak kunjung muncul. Eh begitu muncul langsung nyerocos tidak mau berhenti. Akhirnya Nussa berhenti live streaming.

Di lain waktu Rara takut tidur sendirian. Dipanggillah kakaknya yang sudah mengantuk berat, tapi tetap menemani adiknya. Diajari adiknya adab sebelum tidur.





Durasi Nussa official ini tidak lebih dari 5 menit. Tidak butuh waktu banyak untuk menikmati tontonan yang bagus ini. Tapi kemudian saya merasa perlu perpanjangan waktu. Ya, bagaimana ya, waktu cuma dua menit cukup singkat. Coba kalau dibuat film animasi sekitar 30 menit. Lumayan juga ya. Anak anteng sementara para ibu bisa nyambi mengerjakan pekerjaan rumah. Bagaimana?

Mengenal Islam bersama Nussa Official

Cerita-cerita dari film animasi ini tidak kalah seru dengan film anak, namun sarat akan kebaikan. Karena memang tujuannya untuk berbagi kebaikan.

Dalam animasi ini akan kita temukan ajaran sunnah Nabi. Ceritanya ringan dan mudah diterima oleh anak-anak. Tetap ada unsur hiburan. Siapa lagi kalau bukan dari si Rara yang ceria ini.

Film animasi ini ada lagunya juga. Biasanya kalau belajar memakai lagu itu jadi lebih mudah. ini anak saya kalau belajar hafalan dikasih lagu oleh ustadzahnya. Mau tak mau saya ikut belajar nyanyi.

Oh ya, ada versi parenting tutorial yaitu panduan buat orang tua ari ustadz Oemar Mita, ustadz Abdul Somad, Bachtiar Nassir, dsn. Jadi kita tunggu cerita selanjutnya ya!



Saya sudah subcribe Nussa official loh! Tayang tiap hari Jum'at. Kalau teman-teman sudah pernah menonton Nussa, cerita dong di kolom komentar. Terima kasih.


^_^

6 Komentar untuk "Mari Belajar Islam Bersama Nussa dan Rara"

  1. Baru tahu tentang Nussa dan Rara mbak dari artikel ini dan barusan nonton youtube di atas...lucu banget wajahnya...

    BalasHapus
  2. Sudah subscribe Nussa dari awal, anakku suka nontonnya, suara rara lucu katanya, coba yg seperti begini ditayang di tv ya, bosan nonton animasi skrg itu lagi itu lagi sampe hafal adegannya ya kan :)

    BalasHapus
  3. Saya termasuk subscribernya juga. Setia nungguin seri terbarunya tiap Jumat begini :)

    Tentang sosok Nussa dan kakinya yg tak biasa, justru dulu sulung saya yang duluan tau :)
    "Liat tuh, Mi. Kaki Nussa itu pasangan," katanya. Jeli banget :)

    Pun anak kedua saya (2.5 th) udah suka dengan Nussa-Rara. "Sedekah senyum, hiiii.." kata si Adek

    Perlu didukung menang, karena karya anak negeri sendiri. Walaupun ada sedikit minusnya: Umma si Rara kok sukanya teriak manggil dari jauh, ya. Hehe...
    Coz saya sendiri kalo manggil anak ya mendekat, mensejajarkan mata, gitu.
    Tapi kemudian saya mikir, mungkin karena yg mau ditonjolkan adalah karakter Nussa-Rara, sih. Jadi Umma-nya ga terlalu disorot :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nussa mengambil angle yang nggak biasa ya mbak.
      Umma sengaja gak banyak disorot.

      Hapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel