Attaqie Farm, Agroeduwisata Belimbing Tasikmadu yang Instagrammable

by - Jumat, Juni 21, 2019


 
gerbang attaqie farm





Assalamualaikum

Bicara tentang agrowisata, agroeduwisata atau sejenisnya, saya jadi curiga, apakah benar di kabupaten Tuban bisa dijadikan tempat seperti itu? Tuban merupakan daerah pesisir dengan kondisi tanah yang jauh berbeda dengan daerah Malang Raya yang cocok untuk pertanian dan perkebunan. Sudah lama dikenal sebagai daerah subur penghasil sayur mayur dan buah-buahan segar. Sehingga banyak kebun yang dijadikan wisata alam dan agrowisata.

Nah, bagaimana dengan Tuban?

Saya mengetahui agroeduwisata Attaqie dari @tuban.hits. Kemudian saya cek instagram, ternyata Attaqi juga sudah ada akun instagramnya, @attaqie.farm. Setelah scroll up and down, ternyata menarik juga. Jadi pengen main bersama anak. Karena ada tulisan agroeduwisata, menurut saya ini cocok sebagai tempat piknik bersama keluarga. Yang mengajak anak-anak, oke, yang remaja juga.

fasilitas attaqie farm


Meski saya baru tahu, faktanya tempat ini sudah dikelola sejak setahun yang lalu. Namun baru-baru ini dikenal secara luas. Media online memang cepat sekali penyebarannya.

Dengan memanfaatkan google maps, saya tiba di Agrowisata Belimbing. Eh, ternyata bukan disitu tempatnya. Sedikit drama mencari lokasi Attaqie Farm karena ternyata ada beberapa tempat yang mengusung tema sama.

Akhirnya kendaraan kami keluar dan mencari tempat lainnya. Benar saja. untuk mencapai Attaqi Farm ini rasanya agak mblusuk kalau naik mobil. Jalan sudah diaspal. Namun lokasinya agak masuk ke dalam gang.

belimbing tasikmadu


Mendekati kebun belimbing, ada papan petunjuk, kurang sekian meter menuju Attaqie Farm. Di kanan dan kiri jalan adalah kebun belimbing. Namun jalanan memang lebih sempit. Jika kurang hati-hati mobil bisa mberet-mberet. Sebaiknya mengendarai kendaraan roda dua saja. Kecuali jika jalannya sudah diperluas.

Pusatnya Belimbing Tasikmadu yang manis

Jika sedang musim belimbing, di sepanjang jalan Tasikmadu, Palang, Tuban ini ramai penjual belimbing Tasikmadu. Warga membuka lapak dengan menggelar dagangan belimbing di depan rumah-rumah mereka. Dengan modal meja, dan kerajang, belimbing-belimbing yang matang itu benar-benar menggoda pengendara yang lewat. Warna kuning matang itulah yang manis. Namun jika khawatir cepat busuk sebaiknya jangan memilih semua belimbing yang matang. Pilih beberapa yang sudah matang dan lainnya belum, sehingga besok-besok masih baik untuk dikonsumsi.

belimbing tasikmadu


Untuk harga, kemungkinan sama, karena yang jual berdekatan. Kecuali kalau kalian pintar menawar.

Desa Panyuran dikenal sebagai sebagai pusatnya belimbing Tasikmadu. Jenis belimbing yang dibudidayakan warga memiliki ukurannya tidak besar. Namun jangan khawatir, jika sudah matang rasanya manis. Tidak sepet. Sayangnya saya datang di saat yang tidak tepat. Tidak musim berbuah.

Menurut penuturan mas yang menjaga kebun kira-kira 3 minggu atau satu bulan lagi, akan ada panen belimbing. Lokasinya tidak di dalam Attaqie Farm. Bisa disekitar itu, namun yang pasti masih milik satu pemilik.

Memasuki Attaqie Farm ada gapura pelangi dengan jalan berpaving. Saat ini mobil masih bisa masuk dan parkir di samping musholla Attaqie. Jika tempat ini makin ramai, rencananya tempat parkir ada di depan gapura. Sudah disediakan tempatnya. Kemungkinan lagi, jalan akan diperluas.

Ada apa di Attaqie Farm?

Kalau dilihat di instagramnya, tempat ini memiliki daya tarik buat anak muda yang gemar foto selfie. Tidak percaya? Coba saja main di taman bunga, bangku-bangku hingga terowongannya.

taman


Kata masnya kebanyakan anak-anak muda yang foto-foto. Lha saya?

Menempati area seluas 2 hektar, Attaqie Farm ini bukan saja kebun belimbing. Namun kebun belimbing yang didalamnya ada banyak fasilitas. Memang yang diutamakan adalah kebun belimbing. Tapi sebagai pemanis kebun tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang bisa membuat pengunjung betah. Oh ya, kebun belimbingnya bukan hanya di dalam sini, masih ada lagi kebun-kebun lain diluar tempat wisata ini. Jadi masih luas ya gaes, kebunnya.

Menjelajahi kebun belimbing tak lengkap jika tak melihat belimbingnya. Meski bukan musim buah, saya sempat melihat beberapa buah belimbing yang mulai menghijau hingga menguning.

terowongan tanaman


Belimbing yang mulai terlihat dibungkus koran dan plastik bening. Tentu saja saya tak bisa melihat buah di dalamnya. Beberapa belimbing yang dibiarkan ternyata ukurannya kecil dan tidak bagus.

Selain pohon-pohon belimbing, kita bisa berteduh di bangku atau gazebo sambil merasakan semilir angin. Karena tempatnya tidak ramai, saya bisa puas berkeliling kebun. Fasilitas-fasilitas lainnya antara lain:

kera


Taman

Tempat ini favorit banget karena paling banyak menyedot perhatian pengunjung. Dilengkapi dengan bangku-bangku yang bikin betah berlama-lama melihat taman dengan bunga dan daun beraneka-warna.

Di area ini ada terowongan hijau. Terowongan ini memang dibungkus oleh tanaman rambat sehingga tampak teduh. D beberapa bagian ada bangku-bangku untuk melepas lelah.

Green house

Tempatnya tertutup. Namun tidak digembok. Pengunjung masih bisa melihat didalamnya yaitu pembibitan sayur. Waktu itu ada sayur sawi, dsb.

Selain di green house ada beberapa area yang digunakan sebagai tempat pembibitan tomat dan semangka. Buat anak saya ini menarik karena dia bisa melihat bahwa semangka itu tanaman yang menjalar. Buahnya yang masih kecil  (terlihat imut) berada diatas tanah dengan daun-daun disekitar batangnya.

Playground

Attaqie Farm menyediakan playground agar anak-anak betah berkunjung ke kebun. Ada ayunan yang membuat anak bungsu saya senang. Ah, saya saja juga masih suka main ayunan. Tapi lihat dulu, asal ayunannya kokoh, saya berani berayun-ayun.

Kolam renang

Ada dua kolam renang yang letaknya berdekatan, yaitu kolam renang anak-anak dan dewasa. Disampingnya ada kamar mandi tertutup. Penting, karena di beberapa tempat, menyediakan kamar mandi terbuka alias tanpa pintu. Di dekat kolam itu ada beberapa gubuk. Kita bisa meletakkan beberapa barang saat sedang berenang. Ops, hati-hati dengan barang berharga ya. Tetap harus ada yang menjaga.

Arena Outbound

Jika berkunjung bersama rombongan anak sekolah bisa memesan tempat untuk outbound. Lokasi sudah ada, tempat panahan juga ada. Namun perlengkapan dan sebagainya bisa dilakukan ketika ada rombongan.

Musholla

musholla attaqie


Di beberapa tempat wisata seringkali kita menjumpai musholla yang ala kadarnya. Mau menunaikan ibadah jadi enggan karena khawatir tempatnya kurang bersih dan tidak nyaman. Di Attaqie Farm ini musholla menempati bangunan sendiri. Dari bangunan pertama di pintu masuk lurus saja. Nanti ada tulisan musholla Muhajirin.

Kalau saya perhatikan di pintu masuk tadi ada petunjuk arah menuju Rumah Kompos, namun sayangnya saya tidak menemukan. Entah kalau terlewat. Jadi penjelasan tentang Rumah Kompos saya skip ya.

toko


Tiket masuk:

Rp. 5.000 per orang

Petik belimbing Rp 20.000 dapat 2 buah belimbing Tasikmadu. Jika ingin makan sepuasnya ada harga khusus. Pun jika ingin membawa belimbing sebagai oleh-oleh.

Jam buka:

Pukul 07.00 – 16.00

Alamat:

Dusun Pasekan RT 02/RW 01 Keduran, Tasikmadu, Palang, Tuban, Jawa Timur. 
Nomor handphone: 081287914132



Happy traveling!

^_^

You May Also Like

8 komentar

  1. Wow murah sekali, saya saangat mendukung nih wisata lokal kayak gini tfs mba

    BalasHapus
  2. wah asrinya itu yang bikin demen ya, jalan2 gak panas

    BalasHapus
  3. Seru yaa liburan ke sini. Tempatnya asri, fasilitas oke dan murah jugaaa

    BalasHapus
  4. Tulisan yang manis sekali mbak, membaca dari awal sampai akhir tidak bosan malah pingin tau apa ya tulisan berikutnya. Bacanya sambil senyum2 karena ada bumbu2 yg memikat hati.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah berkunjung di blog saya. Mohon maaf jika ada kekurangannya.

      Hapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!