Gudeg Enak di Gresik: Gudeg Bu Yuli

by - Jumat, Juli 05, 2019



gudeg bu yuli


 Assalamualaikum,

Saya sudah beberapa kali ke GKB (Gresik Kota Baru) namun karena tidak tahu jam buka Gudeg Bu Yuli, akhirnya ya pulang dengan perut hampa. Sempat berpikir mungkin karena warungnya sedang libur saja. Eh, ketika saya berhasil makan disini, saya lupa menanyakan jam bukanya. Ya sudah yang penting sudah mencicipi gudeg enak di Gresik.


Ceritanya suami pernah diajak temannya makan gudeg Bu Yuli. Merasa puas dengan menu ini, suami mengajak keluarga. Kalau enak kan keluarga bisa diajak kesini. Mumpung kami sedang formasi lengkap, berlima. Sayangnya beberapa kali kami datang ketika warung tutup.

Untuk ke sekian kalinya, yaitu di hari Minggu pagi, suami mengajak makan pagi di GKB. Kalau beruntung bisa makan gudeg. Ya kan, kalau warungnya buka. Lha kami tidak tahu buka atau tidak. Dua anak protes karena seleranya beda. Tidak masalah sih. Di warung Gudeg Bu Yuli tersedia pilihan menu selain gudeg.

Gudeg Bu Yuli GKB

warung gudeg bu yuli


Senangnya hari itu warung Gudeg Bu Yuli buka. Lokasinya bersebelahan dengan depot Nasi Krawu Bu Azza. Tempatnya tidak terlalu ramai. Di bagian depan ada meja-meja dan bangku panjang. Dua orang bapak yang asyik bercengkerama sambil menikmati makan pagi. Sementara  di meja lainnya, bekas minum masih tersisa.

Tempat parkir kendaraan ada di depan warung. Ada satu mobil parkir di depannya. Kemudian suami parkir di tempat lain. Kalau sepeda motor lebih mudah parkir di depan warung.

Gudeg bu Yuli menempati dua ruangan. Modelnya dua tempat makan terpisah. Namun masih nyambung. Tempatnya bersih. Ada satu wastafel yang dilengkapi dengan cermin di depan ruangan. Sayangnya saat itu sedang macet. Kursi dan bangku ditata rapi. Pagi itu, masih banyak kursi dan bangku kosong. Saya pilih tempat duduk di depan gubuk yang berisi menu baceman. Di dinding-dindingnya ditempel cermin besar yang membuat ruangan nampak luas. Agak masuk lagi ada tanaman hijau yang membuat ruangan tampak lebih segar.



Melihat pelayan mondar-mandir saya langsung saja menuju ke menu-menu yang disediakan. Pembeli bisa memilih menu yang ada. Kudu antre karena pelayannya tidak banyak.

Saya agak ragu sebenarnya menu utama disini apa. Ada tulisan besar di depan warung, Pecel Gudeg Bu Yuli. Tapi kalau menu pecel dan gudeg digambung jadi aneh buat saya. Kata suami gudegnya enak. Gudeg memang tak begitu familiar di Jawa Timur, jadi kalau ada yang menjual menu gudeg saya tidak banyak ekspektasi. Biasa saja.

gudeg bu yuli


Meski pelayannya sedikit, namun cekatan. Jadi saya tak perlu menunggu lama untuk mencicipi gudeg di pagi hari. Perut kosong sejak dari rumah membuat saya dengan cepat menghabiskan sepiring nasi gudeg. Gudeg Bu Yuli berisi telur, sayur nangka, sambal goreng krecek dan sambal. Masih bisa menambahkan lauk lain seperti gorengan, baceman, dsb. Saya minta tambahan mendoan dua.

Gudegnya manis tapi tidak kebangetan. Mungkin disesuaikan dengan lidah lokal. Sepiring nasi gudeg cukup membuat perut saya kenyang. Plus mendoan dan minum teh hangat. Nah, buat dua anak saya yang tidak mau gudeg mereka pesan menu lain.

Menu selain gudeg

pecel bu yuli


Menu di Pecel Gudeg Bu Yuli banyak. Beberapa menu ditaruh dalam gubuk-gubuk yang bisa dilihat oleh para pembeli. Buat yang ingin mencoba menu lainnya ada soto ayam, nasi pecel, nasi campur, ayam bakar, ayam goreng dan timlo solo.

Dua anak saya memesan soto ayam dan nasi campur ayam goreng. Sedangkan suami saya memesan nasi pecel. Secara keseluruhan menu disini enak. Lha semua yang makan bisa menghabiskan porsinya sendiri tanpa “menghibahkan” nasi atau lauk. Cuma si bungsu memang makannya super lama. Asal kami betah menunggunya saja dia mampu menghabiskan makannya.

nasi campur ayam bu yuli


Biasanya satu porsi buat si bungsu sungguh membuatnya terengah-engah sampai nasi terakhir. Kemudian menyerah. Tapi kali ini dia bisa menghabiskannya nasi campur ayam goreng kecuali sambal goreng kentang yang katanya kepedasan. Maklum sih anak kecil, kadang kalau lagi mood, dia cocol sambal. Tapi kalau tidak, makan sayur dengan cabe satu saja sudah protes.

Oh ya, nasi campur ini berisi mie goreng, tumis buncis wortel dan sambal goreng kentang. Pakai ayam kampung. Kita bisa memilih nasi campur dengan lauk yang kita inginkan. 

soto ayam bu yuli


Untuk semua makanan dan minuman yang saya pesan (5 porsi) adalah Rp 140.000. Termasuk buah nanas madu yang ditaruh di wadah, harganya Rp 11.000. Saya lagi suka nanas madu. Kalau ditaruh diwadah seperti ini memudahkan saya menikmatinya dalam perjalanan. Plus sudah dilengkapi dengan tusukan jadi tinggal comot dan makan. Memang harganya jadi lebih mahal daripada membeli nanas madu di emperan jalan. Meski yang sudah dikupas dan diiris-iris tetap saja yang di wadah seperti ini lebih menarik.

nanas madu


Buat yang ingin tahu menu di Gudeg bu Yuli, bisa segera meluncur ke alamat berikut.

Alamat:

Jl. Jawa, Yosowilangun, Gresik.



You May Also Like

6 komentar

  1. Terimakasih infonya, sukses terus,.

    BalasHapus
  2. wah, di Gresik ada gudeg juga rupanya...

    BalasHapus
  3. Jujur aja saya belum pernah makan gudeg, semoga aja suatu saat bisa nyicipin.

    BalasHapus
  4. Sore gini liat gambar langsung lafeeer bu e....

    BalasHapus
  5. aku suka gudeg tp jg ga doyan yg terlalu manis . jd kalo rasa manisnya udh disesuaikan, bisa jd aku bakal suka gudeg di sini :). semoga nanti bisa coba klo k gresik lg mba.

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!