Mudahnya Belajar Al Qur’an dengan Aplikasi Belajar Tajwid Ghorib dan Musykilat

by - Selasa, September 03, 2019

aplikasi belajar tajwid ghorib dan musykilat


Sudah lama saya ingin membahas aplikasi Belajar Tajwid buatan Mas Andhika Nur Afian. Saya bangga dengan pencapaian blogger Tuban yang merupakan IT Specialist di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu. Lahir dan besar di daerah pesisir membuat mas Andhika akrab dengan suasana laut dan pekerjaan nelayan.  


Dengan latar IT, mas Andhika mampu membuat aplikasi yang bermanfaat. Aplikasi Belajar Tajwid merupakan kemudahan yang bisa didapatkan siapa saja dalam belajar mengenal dan memahami tajwid dengan benar. Caranya gampang, kita bisa download di Play Store kemudian klik menu yang akan dipilih.

Tidak ada alasan untuk abai dalam memperdalam ilmu agama. Contohnya dengan belajar Al Qur’an. Suka tidak sempat? Suka malas? Suka tidak mood? Atau ada alasan lainnya?

aplikasi belajar tajwid ghorib dan musykilat


Belajar mengaji saat ini semakin mudah saja. selain dengan ikut kelompok pengajian, kita juga bisa belajar melalui aplikasi seperti ini. Jadi, aplikasi ini dirancang sebagai media panduan belajar membaca al Qur’an dengan tajwid. Khususnya untuk Gharib dan Musykilat karena bacaan itu dianggap asing atau aneh bagi orang yang kurang mengerti.

Saya ingat guru mengaji saya pernah berkata, “Kita tidak akan bisa belajar Al Qur’an dengan baik jika tidak mencintainya.”

Bagaimana orang bisa senang belajar kalau setiap melihat huruf-huruf hijaiyah saja rasanya ingin memberontak. Rasanya begitu sulit menerima pelajaran jika hati kita tidak ada rasa suka sedikitpun. Belajar seolah terpaksa banget. Namun akan sebaliknya, jika sudah ada niat yang tulus, ada saja jalan untuk belajar Al Qur’an. Waktu dan tempat bukanlah halangan mengeja ayat-ayat suci Al Qur’an.

Dengan aplikasi mengaji seperti ini, kita dimudahkan untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Daripada bengong, atau sedang menunggu, coba deh buka-buka aplikasi ini, baca dan simak dulu. Lebih berfaedah bukan? Tapi ingat dimanapun belajar, tetap yang sungguh-sungguh. Karena ilmu tidak akan begitu saja kita dapatkan tanpa usaha dan kesungguhan.

Definisi Tajwid


aplikasi belajar tajwid ghorib dan musykilat
Tajwid secara bahasa adalah masdar dari jawwada-yujawwidu yang artinya membaguskan. Sedangkan secara istilah, Imam Ibnu Jazari menjelaskan bahwa tajwid adalah membaca dengan membaguskan pelafalannya, yang terhindar dari keburukan maknanya, serta membaca dengan maksimal tingkat kebenarannya dan kebagusannya. (An Nasyr fil Qira’at Al Asyr, 1/210)
Hakikat ilmu tajwid:

“maka tajwid itu merupakan penghias bacaan, yaitu dengan memberikan hak-hak, urutan dan tingkatan yang benar kepada setiap huruf dan mengembalikan setiap huruf pada tempat keluarnya dan pada asalnya dan menyesuaikan huruf-huruf tersebut pada setiap keadaannya dan membenarkan lafadznya dan memperindah pelafalannya pada setiap konteks, menyempurnakan bentuknya tanpa berlebihan dan tanpa meremehkan.” (An Nasyr fil Qira’at Al Asyr 1/212)

Menu Belajar Tajwid:

Pada aplikasi ini kita langsung berhadapan dengan 4 pilihan yaitu Gharib, Musykilat, Evaluasi dan Keluar.

Pada dasarnya yang dipelajari disini adalah Gharib dan Musykilat. Yang menarik, kita bisa mengenal pengertian Ghorib dan Musykilat juga. Setelah itu kita bisa memilih “Jenis Ghorib” atau “Kembali”. Pada bacaan Musykilat juga demikian. Setelah membaca pengertian Musykilat kita bisa beralih pada 3 menu yaitu “Sebabnya”, “Jenis Musykilat” dan “Kembali”.

Dengan sekali klik kita belajar banyak hal disini. Tak perlu pusing dengan cara membacanya karena setiap yang kita pilih ada penjelasan dan dan contoh bunyi.

Sebagai contoh bacaan Gharib – Imalah

aplikasi belajar tajwid ghorib dan musykilat

Imalah yaitu memiringkan antara harakat fathah dan kasrah. Jadi bacaannya condong miring dari harakat fathah ke kasrah. Atau seolah-olah dibaca re. Imalah hanya terdapat satu kata dalam Al Qur’an yaitu kata majraaha – dibaca – majreeha dalam surah Hud ayat 41.

Aplikasi ini dilengkapi dengan contoh bacaan. Sehingga memudahkan kita yang masih bingung. Kita bisa mendengarkan pengucapan kata majreeha. Jadi aplikasi ini lengkap ya, ada penjelasan, contoh dalam Al Qur’an dan contoh pengucapannya. Setelah mengerti kita bisa klik “kembali” untuk mempelajari bacaan Ghorib lainnya.

Selain Ghorib ada Musykilat. Penasaran? Musykilat adalah bacaan-bacaan yang antara tulisan dan cara membacanya berbeda. Hal ini bertujuan agar kita lebih berhati-hati dan terhindar dari kesalahan membaca.

Layaknya sebuah pelajaran di sekolah atau tempat kursus, aplikasi belajar tajwid ini dilengkapi dengan soal-soal latihan. Tujuannya agar kita tidak mudah lupa dengan semua yang telah dibaca. Soal berupa pilihan ganda. Kita bisa mengecek kebenarannya dengan mengklik “cek”. Jika ingin mengetahui skor kita bisa klik “bantuan”. Kemudian muncul skor dari soal yang kita kerjakan.

aplikasi belajar tajwid ghorib dan musykilat


Belajar Tajwid Itu Mudah

Seringkali saya mendengar keluhan teman-teman mengaji yang kesulitan menghafalkan ghorib dan musykilat. Bacaan yang asing ini sebaiknya dihafalkan. Sehingga ketika membaca Al Qur’an dan bertemu dengan bacaan tersebut kita sudah tahu harus dibaca seperti apa. Kalau masih kesulitan itu biasanya karena belum hafal dan belum terbiasa saja. Semakin kita mengenal dan senang dengan bacaan Al Qur’an semakin mudah untuk membacanya.

Aplikasi belajar tajwid ini menarik karena memudahkan siapa saja yang ingin bekajar membaca Al Qur’an dengan baik. Pasti lebih menyenangkan jika kita bisa melafalkan ayat-ayat suci Al Qur’an sesuai tajwid. Bacaan enak didengar. Perasaan hanyut dalam alunan suara yang adem dan menentramkan.

Dengan aplikasi tajwid ini, saya merasa sangat terbantu ketika sewaktu-waktu mengaji dan tidak membawa buku teori tajwid. Kalau anak-anak di sekolah memakai buku mengaji dari Iqra’ Ummi, Qira’ati, Tilawati, hingga Wafa, maka di bagian terakhir biasanya tentang Ghorib dan Musykilat. Menurut saya ini bagian tersulit. Karena ya harus menghafal. Kalau sedang bepergian, luangkan waktu untuk tetap belajar dengan aplikasi tajwid.

Belajar tajwid memang bisa dari buku-buku mengaji yang bermacam-macam judulnya. Namun dengan aplikasi belajar tajwid juga bisa memudahkan kita. Hanya saja aplikasi yang dibuka dengan lagu ini sepertinya terlalu mendominasi. Lagunya bahkan mengalahkan suara bacaan ghorib maupun musykilat. Sedikit saran saja, ketika bagian teori dibuka, sebaiknya lagu sudah berhenti. Sehingga kita bisa lebih fokus pada bacaan yang dicontohkan.

So far, saya suka dengan aplikasi tajwid buatan mas Andhika. Semoga  makin sukses dan membawa barokah. Aamiin.

^_^

Sumber:

www.muslim.or.id
Aplikasi Belajar Tajwid Ghorib dan Musykilat




                                        


You May Also Like

10 Comments

  1. Trims ulasannya mba, aplikasi yang sangat bermanfaat bagi kita ut memperbaiki bacaan ngaji kita. Kmrn anak sulung n yg kedua minta saya ut bacaan mereka. Lha saya sendiri lupa hukum2nya.

    alhamdulillah dgn aplikasi ini nanti saya bisa ngajarin mereka hehe

    BalasHapus
  2. Wah, ada aplikasi belajar gharib ? Saya perlu coba nih... Sudah lama ngga khatam2 belajar gharib

    BalasHapus
  3. bagus nih buat ngajarin anak2,, eh bahkan buat orang dewasa juga deng, siapa tau masih salah2 tajwidnya, kaya saya :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat umum. Gak perlu buka buku, bisa pakai app belajar tajwid ini. Cukup membantu.

      Hapus
  4. memanfaatkan teknologi untuk yg positif memang bikin asyik ya

    BalasHapus
  5. Padahal belajar Tajwid itu meski udah fasih tetep kudu diulang-ulang kata guru ngajiku. Jadi aplikasinya bakal bermanfaat banget nih buat belajar ulang sama untuk yang pengen ngajarin ngaji anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Udah khatam belajar tapi kudu diulang terus biar gak mudah lupa.

      Hapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Info: F untuk komen dengan akun facebook dan B untuk komen dengan akun blogger. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!