Inilah 5 Rahasia Sehat dan Bugar saat Haid



herbadrink kunyit asam


Pagi itu saya mengeluh sakit perut. Seperti bulan-bulan sebelumnya, saya merasa tak nyaman setiap haid. Ingin rasanya bergelung di bawah selimut dan melupakan rutinitas. Menjauh dari teriakan-teriakan anak-anak yang berusaha meminta kehadiran saya.

Keluhan Seputar Haid

Iya, saya tak seharusnya bermalas-malasan ketika sedang haid. Tapi saya tak kuasa menahan nyeri. Perut rasanya seperti diremas-remas sampai keringat dingin mengucur deras. Awal haid (satu atau dua hari) adalah masa tersulit yang harus saya lewati.

“Orang lain masih bisa beraktivitas apa saja saat haid, sementara kamu? Dari tadi kelihatan lemas?” keluh suami saat melihat saya semakin lemas.

Saya kadang berpikir, bagaimana wanita lain bisa bertahan terhadap nyeri haid, atau mungkin mereka tidak merasakan seperti saya? Ataukah saya yang terlalu memikirkan ini jadi makin sakit. Harusnya saya memiliki lebih banyak aktivitas sehingga lupa dengan rasa sakit yang mendera. Tapi bagaimana mungkin bisa melupakan rasa sakit yang datang bertubi-tubi ini. Perut serasa diremas-remas, sampai lemas.

Pasti semua wanita menginginkan sehat sepanjang waktu. Termasuk ketika sedang haid. Bukan seperti saya yang banyak mengeluh. Di hadapan anak-anak, saya tak berdaya melawan masa haid.

Anak-anak berusaha menyimpulkan keadaan saya, “Jadi cewek itu nggak enak, ribet, sakit. Untung aku nggak cewek!”


herbadrink kunyit asam

Saya ingat, ada teman saya sampai pingsan karena nyeri saat haid. Saya jadi ngeri kalau sewaktu-waktu menimpa saya. Ehm...saya pikir saya masih lebih baik. Paling tiduran selama sedang banyak-banyaknya darah haid. Saya malas keluar rumah, malas belanja dan malas berkomunitas. Saya merasa tak nyaman saja.

Dulu, ketika masih sekolah, saya sempat meminum obat pereda nyeri haid. Alasan saya sederhana, saya tetap ingin masuk sekolah dan belajar seperti biasa, tanpa rasa nyeri yang mengganggu! Setelah masa sekolah itu saya tak lagi minum obat tersebut. Saya takut semakin tergantung dengan obat. Saya yakin rasa sakit bisa berhenti sendiri. Saya  akan berusaha bertahan.

Melihat kondisi saya seperti ini, suami mengancam, “Kalau lagi haid, nggak usah pergi!” Maksudnya kalau ada acara di luar kota, lebih baik tidak ikut. Daripada disana menahan sakit, yang lain jadi terganggu. Pernah beberapa kali ada kejadian seperti ini. Saya nekad ikut suami ke luar kota dengan rasa sakit yang tak kunjung usai. Sepanjang jalan saya cuma tiduran di dalam mobil dan meringis kesakitan.

Saya jadi berpikir, keadaan seperti ini tidak boleh berlarut-larut. Haid memang siklus bulanan wanita. Sebagian wanita merasa lemah, letih dan lesu menjelang dan saat haid. Karena pada saat haid seorang perempuan kehilangan darah dan cairan rata-rata 30-55 ml.  Wajar saja jika saya memiliki banyak keluhan yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Active Mom, Sehat dan Bugar saat Haid

Sebagai ibu saya tak boleh menyerah ketika sedang haid. Kalau saya sakit, siapa yang mengurus anak-anak? Suami lebih banyak di luar kota. Mau tak mau saya yang bertanggung jawab penuh terhadap anak-anak. Well, saya ingin sehat. Tapi nyeri atau kram perut sepertinya sudah rutin menghampiri saya. Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot rahim untuk meluruhkan lapisannya yang telah menebal.

Saya yakin saya bisa! Hal pertama yang menjadi perhatian saya adalah soal makanan yang menjadi sumber energi. Saya berusaha memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Ssst...ini adalah cara saya untuk mengurangi keluhan saat haid. Inilah 5 rahasia saya agar tetap sehat dan bugar:


  1. Menjaga pola makan dan memperhatikan asupan gizi.
  2. Olah raga ringan seperti jalan kaki.
  3. Tidur yang cukup dan berkualitas.
  4. Memakai pakaian yang nyaman dan longgar.
  5. Menjaga area kewanitaan.


Penting banget buat wanita untuk mengatur pola makan saat haid. Untuk sehari-hari juga perlu, loh! Saya banyak  mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi (seperti daging tanpa lemak, ikan, sayur dan kacang-kacangan) dan vitamin C dan asam folat. Vitamin C misalnya strowberi, nanas, jambu, pepaya, mangga, dll berfungsi untuk mempercepat penyerapan zat besi. Nah, di daerah saya sedang musim mangga sehingga harganya murah. Beberapa hari ini saya bisa mengonsumsi mangga dalam jumlah banyak. Sedangkan asam folat contohnya sayur hijau dan buah-buahan berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah.

herbadrink kunyit asam


Selain makanan diatas, saya juga memperhatikan asupan minuman yaitu air putih dan minuman herbal kunyit asam. Dengan minum air putih yang cukup akan meningkatkan aliran darah dan melemaskan otot rahim yang kram. Sedangkan kunyit asam dipercaya mampu mengurangi keluhan haid.

Menjelang hingga pada saat haid, saya mengonsumsi kunyit asam hangat.  Perut saya terasa lebih nyaman. Keluhan-keluhan yang mengganggu berkurang dan aktivitas saya bisa berjalan lancar. Ketika tubuh sehat, emosi maupun mood saya lebih baik. 

Haid bukan halangan lagi. Karena saya masih bisa melakukan rutinitas dan banyak hal. Saya mencoba resep-resep masakan baru agar anak-anak tidak bosan. Saya bisa lebih banyak mendampingi mereka untuk belajar di rumah. Menemani si bungsu renang saat akhir pekan. Juga lebih produktif menulis. Bahkan pergi ke luar kota bukan hal yang mengkhawatirkan lagi. Kalau seperti ini, tak ada lagi yang protes.


solo
Tidak khawatir lagi jalan-jalan ke luar kota.
Saya percayakan Herbadrink untuk mendukung lancarnya aktivitas saya. Cukup dengan satu sachet kunyit asam, kebutuhan akan minuman herbal mudah terpenuhi. Saya tidak perlu disibukkan dengan proses pembuatan kunyit asam yang rumit. Yang pasti membuat kunyit asam sendiri bakal ribet dan akan menyisakan bekas kunyit yang kekuningan di tangan dan alat-alat memasak. Dengan sari kunyit asam, urusan tersebut jadi ringan dan praktis. Sari kunyit asam langsung bisa dicampur dengan air hangat. Rasanya manis, asam, dan menyegarkan.

Herbadrink merupakan ramuan herbal yang diracik dari tanaman herbal Indonesia dan diolah dengan teknologi modern. Sari kunyit asam Herbadrink ini menggunakan bahan-bahan alami pilihan. Contohnya kunyit. Ini terlihat jelas ketika mencampurkan air hangat dengan sari kunyit asam, diaduk perlahan, sari-sari kunyit asam akan tercampur. Tapi perhatikan baik-baik, setelah beberapa saat, sari tersebut akan mengendap, mirip dengan endapan kunyit asam aslinya. Jadi kesimpulannya, herbadrink benar-benar menggunakan bahan-bahan herbal alami dan hiegenis.

Satu box Herbadrink kunyit asam berisi 5 sachet masing-masing seberat 25 mg. Saya biasa mengonsumsi tiap hari, setelah makan. Minum sari kunyit asam hangat membuat tubuh saya cepat berkeringat. Nyeri perut yang menyerang saya di awal masa haid mulai berkurang. Saya bisa beraktivitas lebih nyaman dan menyenangkan.

herbadrink kunyit asam

Teman-teman jangan pernah meremehkan nyeri haid. Itu sangat mengganggu, loh! Meski nyeri itu bisa hilang seiring dengan selesainya masa haid, tapi lama. Satu jam saja merasakan nyeri haid membuat tubuh lemas. Apalagi nyeri itu berlangsung sehari atau seperti saya yang kadang sampai dua hari. Tentu ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Tak ada salahnya untuk mencari solusinya. Saya percayakan Herbadrink kunyit asam yang memiliki kebaikan alami untuk menemani masa haid agar tetap sehat dan bugar. 

Be herba, be healthy!

^_^

Sumber bacaan:

https://www.beritasatu.com/kesehatan/185870/wanita-kehilangan-3050-ml-darah-saat-menstruasi
https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-kewanitaan/minuman-yang-baik-saat-haid/
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/minum-obt-saat-haid






18 Komentar untuk "Inilah 5 Rahasia Sehat dan Bugar saat Haid"

  1. Kunyit asem ini ternyata bagus ya buat haid juga. baru tahu aku mbak. cocok buat aku yang sering bermasalah haidnya

    BalasHapus
  2. Cocok nih infonya buat aku karena jujur saja saya sering merasakan sakit ketika haid dan sangat mengganggu aktivitas yang harus saya lakukan tiap harinya

    BalasHapus
  3. Infonya keren kak terutama buat para wanita yang merasakan sakit ketika sedang datang bulan.

    BalasHapus
  4. Dulu suka nyeri haid, dan minum kunyit asam memang bisa mengurangi. Alhamdulillah sejak hamil dan melahirkan sampai sekarang tak nyeri lagi tapi saya tetep suka minum kunyit asam :)

    BalasHapus
  5. Hari pertama haid masih sakit sampe sekarang.. cuma sejak jadi ibu2.. paling ditahan aja, tetep ngelakuin aktivitas cuma krn sakit n lemes ga total.. belum nyobain nih herbadrink kunyit.. thx infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ibu itu ya sakit selama masih bisa ditahan tetap beraktivitas.

      Hapus
  6. Begitu menyiksa ya Mbak kalau sampai sakit kayak gitu pas haid
    Alhamdulillah kalau haid saya gak pernah sakit seperti itu, paling cuma perut kerasa gak enak di hari pertama datang bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi parah itu sampai lemes, jadi mending istirahat. Biasanya karena hari-hari sebelumnya kecapekan, stress dan makan sembarangan.

      Hapus
  7. Saya penggemar kunyit asam lho mbak. Banyak manfaatnya buat kesehatan

    BalasHapus
  8. entah mengapa yang namanya jamu itu aku gak suka, pdhl lagi masih tinggal sama ibuku, pasti disuruh minum jamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sari kunyit asam Herbadrink ini nggak terasa seperti jamu. Aroma lebih lembut daripada kunyit asam asli.

      Hapus
  9. akutu duluu zaman sekolah kalo haid pasti sakit sampe nangis dan guling2 mba.. ga kebayang sih nyerinya dulu itu.. sampe kemudian diperiksa ama shinshe di Aceh, dan dia cuma ngurut perutku pake jempol doang, trus diksh jamu yg pahitnya astaghfirullah, kayak mau muntah ngabisinnya hahahahahaha..

    tapi mba, cuma sekali pengobatan itu, sampe skr ini aku ga prnh sakit haid lagi. bersyukur banget ama si shinse, semoga beliau masih sehat . aku sempet minum kunyit asem, tapi ga mempan.. krn memang ada masalah sih ya ama salurannya dulu.. setelah diobati itu baru sembuh.

    tapi minuman herbadrink aku minum jg loh, cuma yg temulawak ;). secara aku suka bergadang, jd ini suplemen utk ga gampang sakit dan melindungi liver

    BalasHapus
  10. Kukira tadi bukan jamu lho, kukira capuccino hihihi

    BalasHapus

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel