Nasi Krawu Rumahan di BP Kulon Gresik Sudah Ada Sejak 1983


nasi krawu bp kulon gresik

 Assalamualaikum

Ceritanya suami mengajak saya makan di warung nasi krawu langganan. Masalahnya hari itu Minggu, jalan ditutup untuk CFD. Kami muter, mencari jalan tembus terdekat. Kemudian, terpikir daripada ke tempat nasi krawu langganan yang masih butuh jarak tempuh (sebenarnya tidak jauh sih) apa salahnya kalau mencoba makan nasi krawu di tempat lain.

Nah, kebetulah kami melewati perumahan BP Kulon. Disini ada senam, jalan ditutup, beloklah kami. Di depan ada warung nasi krawu. Kalau biasanya cuma lewat saja, akhirnya kami mampir.

Sempat ragu karena warungnya sepi. Dari jalan sepertinya masih tutup.  Saya mendekat dan melihat satu pintunya terbuka. Ada papan nama dan tulisan tahun yang terkesan sudah lama berjualan nasi krawu, namun tempat kurang meyakinkan.

warung nasi krawu bp kulon gresik


Warung ini menjadi satu dengan rumah pemiliknya. Dari depan, rumah ini memiliki dua pintu. Satu pintu yang menghadap ke pagar adalah warung nasi krawu. Sedangkan pintu satunya adalah pintu rumah pemilik. Warungnya biasa saja, seperti rumah pada umumnya. Kalau tidak ada papan nama, barangkali bakal kebablasan. Selain itu tempat untuk makan sangat terbatas, yaitu mengandalkan salah satu sisi teras. Nah, di teras itu ada meja dan kursi-kursi seperti di warung. Disampingnya ada etalase yang berisi barang-barang dan kotak untuk nasi krawu. Cuma itu saja. Tidak seperti warung yang menyiapkan banyak meja dan kursi. Juga etalase yang memajang makanan yang dijual. Tidak!

Saya ragu-ragu mengucap salam dan bertanya apakah warung ini buka. Seorang laki-laki keluar dari ruangan dan menjawab kalau memang buka. Saya segera memesan 3 porsi nasi krawu dan teh hangat. Saya duduk di kursi yang disediakan.

warung nasi krawu bp kulon gresik


Kemudian si ibu datang mengantar nasi krawu. Berceritalah bahwa ketika pagar sudah dibuka berarti warungnya juga buka. Apalagi didepan pintu warungnya ada tulisan buka. Satu pintu dibiarkan terbuka.

Mungkin karena lokasinya berada di dalam perumahan, jadi warung ini tidak seramai seperti warung-warung nasi krawu lainnya. Atau mungkin juga tiap saya lewat sini tidak jam makan. Entahlah. Tapi tulisan tahun 1983 selalu mengusik saja. Warung ini sudah lama berdiri. Sudah makan asam garam masalah nasi krawu. Jadi, daripada penasaran, lebih baik saya coba saja makan di tempat.

Nasi Krawu BP Kulon, Gresik Seperti Makan di Rumah

Nasi krawu BP Kulon ini pada dasarnya sama seperti nasi krawu lainnya di Gresik. Satu piring nasi krawu terdiri dari nasi, daging, serundeng warna merah dan kuning dan sambal. Cara menatanya juga sama seperti di warung-warung lain.

nasi krawu bp kulon gresik


Menurut saya, yang berbeda hanya soal rasa. Lebih gurih, atau tidak. lebih manis, dsb. Kalau rasa dagingnya sih mirip masakan nasi krawu lainnya. Cuma irisannya agak tebal dan kurang empuk. Satu lagi kurang banyak bila dibandingkan dengan di tempat lain. Sedangkan sambalnya  lebih pedas. Biasanya tidak sepedas ini. Saya masih sanggup mencocol daging dengan sambal. Tapi kali ini saya menyerah. Baru sedikit mencicipi sambal rasanya tak kuat. Mungkin cocok buat penggemar pedas.

Yang saya suka justru nasinya, punel dan menjadi penyelamat keraguan saya. Seperti nasi yang dimasak di rumah, empuk. Tadi sempat ragu, si bungsu bakal habis atau tidak. Alhamdulillah habis seporsi nasi krawu dan minumnya. Hanya saja dia butuh waktu paling lama untuk menyelesaikan sepiring nasi.

Makan di warung ini seperti makan di rumah. Suasana tenang dan santai karena tidak banyak pembeli (waktu itu tidak ada). Tidak ada pemandangan yang menarik. Rumah-rumah dan sedikit taman perumahan. 

Untuk 3 porsi nasi krawu (nasi krawu dan teh hangat) saya harus membayar Rp 54.000.

^_^
Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

3 Komentar untuk "Nasi Krawu Rumahan di BP Kulon Gresik Sudah Ada Sejak 1983"

  1. 1983 saya baru masuk SD, jadi kebayang seberapa lamanya usaha ini berdiri :)
    dan ketahuan seberapa tuanya saya

    BalasHapus
  2. Di Pamekasan juga ada yang jual nasi krawu Mbak
    Nasi bungkusan pakek daun pisang yang dibentuk mengerucut gitu

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel