20+ Aktivitas Anak Agar Tidak Bosan di Rumah

membaca buku


Assalamualaikum,

Sudah satu  minggu lebih anak-anak belajar di rumah. Bosan? Jelas dong! Tapi karena demi kebaikan bersama, maka kami harus patuh. Kami akan berusaha melawan rasa bosan.

Karena ini bukan musim liburan, tentu saja rasanya beda. Tidak ada rasa senang menyambut hari-hari di rumah. Tidak ada kebebasan seperti waktu liburan. Tidak ada main yang lama. Sementara itu setiap hari sekolah menjelang pukul 07.00, wali kelas membagikan materi. Tugas yang berdatangan hingga laporan setiap hari membuat kesempatan untuk bermain-main berkurang. Tapi namanya anak-anak, selalu ada waktu untuk bermain. Karena bermain adalah aktivitas yang menyenangkan. Bahkan kakak-kakaknya juga butuh bermain. Bisa stress kalau dipaksa untuk terus belajar.

mencuci sepatu


Nah, untuk mengurangi rasa bosan ataupun stress selama di rumah, saya berusaha mencari aktivitas yang menyenangkan. Yang tidak perlu pakai banyak berpikir kecuali untuk mengerjakan tugas sekolah dan hafalan. Tujuan saya sederhana, untuk bersenang-senang saja sehingga betah. Kalau biasanya si bungsu minta diantar ke rumah-temannya untuk bermain, sekarang tanpa perintah apapun, dia sudah patuh. Dia tidak minta kemana-mana.

Banyak ide yang bermunculan, sayangnya tenaga saya terbatas. Beberapa saya skip demi kesehatan fisik dan mental. Apapun itu saya tidak ingin membuat target. Saya tidak ingin mereka cemas dan ketakutan dengan beredarnya kabar tentang wabah virus ini.

Memang saat ini, situasinya tidak menyenangkan untuk semua orang.  Tapi orang tua tetap berusaha untuk menyenangkan mereka, salah satunya dengan 20+ aktivitas di rumah. Aktivitas ini terutama untuk anak SD. Anak SD ke atas biasanya mandiri, karena memiliki kegiatan sendiri. Juga jadwal kegiatan onlinenya lebih banyak. Tapi semua itu tergantung kebijakan dari sekolah masing-masing.

berkebun


20+ Aktivitas Anak di Rumah

  1. Belajar
  2. Mengaji dan menghafal surat-surat Al Qur’an
  3. Memasak bersama orang tua
  4. Membersihkan sepeda anak
  5. Membersihkan mobil bersama orang tua
  6. Mencuci baju, tas, sepatu dan sandal
  7. Membaca buku
  8. Berkebun
  9. Merapikan kamar
  10. Monton film
  11. Menyanyi
  12. Main board game (ular tangga, ludo dan uno)
  13. Bermain peran
  14. Bikin konten youtube
  15. Olah raga
  16. Berjemur
  17. Bermain lego
  18. Bermain tebak-tebakan
  19. Membuat percobaan sederhana
  20. Bermain pasir
  21. Bermain air
  22. Bermain musik
  23. Membuat DIY
  24. Menggambar/melukis
  25. Menulis
  26. Bertukang
  27. Membuat desain grafis
  28. Bermain petak umpet, dsb
Sepertinya dua minggu ini saya berburu buku. Untuk mencari yang murah, saya membeli buku bekas saja. Ada 20 komik Conan bekas yang cukup untuk mengisi hari-hari di rumah. Selain itu saya suruh anak-anak memilah buku-buku di rak untuk dibaca lagi. Tips membeli buku, sebaiknya mencari yang dekat dengan kota tempat tinggal kita biar ongkos kirimnya murah dan kalau bisa ditawar. Lumayan sih saya bisa dapat diskon seribu per buku.

bermain air


Bosan membaca buku, anak-anak butuh aktivitas fisik. Contohnya ketika anak bungsu saya ini suka berenang tapi tidak memungkinkan. Untuk saat ini saya buatkan kolam. Dia bisa bermain air sepuasnya. Cuma orang tua dan kakak-kakaknya yang repot memompa kolam buatan. Gantian yang memompa, plus menambal lubang-lubang bocor. Aslinya kolam ini buat anak kecil, tapi biarlah adanya ini. Lumayan buat mengisi waktu di rumah. Kalau anak senang, tersalurkan hobinya, tidak akan merengek lagi.

Saya bersyukur masih ada sedikit halaman sehingga anak-anak masih bisa bergerak dan menghirup udara bebas. Beberapa permainan dan olah raga bisa dilakukan di rumah dan di halaman. Kalau senam bisa di dalam rumah. Tapi kalau bermain bola di samping rumah. Lebih sering di depan pagar. Disini jarang kendaraan maupun orang lewat, jadi mereka bisa bebas bermain.

Dulu sebelum membangun rumah, saya mempunyai cita-cita kalau bikin rumah harus ada halamannya. Jangan dihabiskan untuk bangunan saja. Kasihan anak-anak tidak bisa main, lari-lari. Karena anak-anak saya semuanya laki-laki pastinya butuh menyalurkan energinya untuk aktivitas-aktivitas yang mengandalkan fisik. Suami setuju. Di belakang rumah adalah tempat menjemur baju dan sedikit pekarangan. Saya manfaatkan juga buat tempat bermain buat anak-anak. Kalau saat ini yang menggunakan cuma si bungsu buat main pasir dan air. Dua kakaknya sudah remaja, sudah selesai bermain seperti ini.

bermain pasir


Meskipun di rumah saja, saya tak ingin anak-anak menghabiskan waktu bersama gadget. Ya, memang itu adalah hiburan, tapi tidak sepanjang waktu. Saya tetap mengingatkan untuk ibadah, bermain, bergerak dan olah raga. Yang sederhana saja, misalnya setelah berjemur di pagi hari, jalan kaki atau lari-lari kecil, pemanasan, push up, skipping. Kadang main catur. Semuanya bisa dilakukan di rumah.

Dari rumah mungil ini, kami berusaha menikmati kebersamaan. Rasanya memang aneh, biasanya bisa bertemu lengkap kalau musim liburan saja, sekarang di hari kerja. Saya bersyukur, di balik musibah insyaallah kita bisa mengambil hikmahnya. Sedikit langkah yang diambil keluarga untuk menyenangkan anak-anak di rumah semoga bisa mengurangi pergerakan wabah ini.

Teman-teman boleh sharing aktivitas bersama anak di rumah, ya. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Terima kasih.

^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

4 Komentar untuk "20+ Aktivitas Anak Agar Tidak Bosan di Rumah"

  1. Kubantu kirim support semangat dari sini untuk kalian semua, kaaak ..

    Nulis begini sekaligus juga ngasi support semangat buat diri sendiri 😁

    Gegara epidemi virus corona, jadi cemas juga bingung ya, kak.
    Semua sektor nyaris sebagian besar berhenti.

    BalasHapus
  2. Mantap kakak, lao keponakan saya di rumah cukup bikin konten youtube, mendengarkan materi dr langanan bimbel online, bersepada, menggambar, mendesain grafis, kadang ikut memcuci, menjemur, ngaji, dan yg bikin seru ya main halma sama anggota keluarga.

    BalasHapus
  3. aku sudah gak ada anak2 pada kerja di luar kota dan aku sudah mulai bosan di rumah, untungnya pak suami kerjanya cuma setegah hari

    BalasHapus
  4. bosen ya de? ya iya, biasanya juga anak2 juga pada rame main di luar. Ini gak bisa bergerombol, kasian. Tantangannya nggak cuma carikan alternatif ya, kalau saya juga mesti dampingi, jadii temen mainnya. Eh, ngeliat kolam renang plastik gt jadi ada ide hadiahin si kecil, mudah2an nggak susah carinya.

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel