Mengenal Khalid bin Walid, Sang Pedang Allah Lewat Komik Pahlawan Islam

komik khalid bin walid

Assalamualaikum,

Senang rasanya bisa mengenal perjuangan para sahabat nabi dari buku-buku. Kisah-kisah perjuangan seperti ini menjadi menu bacaan wajib  sejak anak usia dini. Saya percaya bahwa kisah heroik bisa menyemangati anak untuk berbuat baik.

Membaca sirah sahabat maupun sahabiyah memiliki banyak manfaat antara lain meneladani sahabat nabi, mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa yang menimpa mereka, lebih dekat dengan Allah. Kali ini saya mengangkat komik yang berjudul “Khalid bin Walid” sang pedang Allah.

Eit, kalau dua anak saya lebih asyik membaca sirah sahabat dan sahabiyah melalui komik. Iya, komik itu lebih banyak gambarnya daripada tulisannya. Beberapa anak memlih komik karena mudah dipahami. Komik hanya memuat poin-poin penting atau kesimpulan. Jadi lebih ringkas.

Khalid bin Walid, Identitas Buku

Judul : Khalid bin Walid, Sang Pedang Allah
Penulis: Hendri Satria dan Sayf Muhammad Isa
Penerbit: Salsabila Pustaka Al-Kautsar Grup
Halaman: 154 halaman
Tahun terbit: Cetakan ke tujuh, Agustus 2019
ISBN: 978-602-1695-33-3
Harga: Rp 46.500 (harga bisa berbeda dengan toko buku lain)

Khalid bin Walid, Sang Pedang Allah (Sebuah Pengantar)

komik khalid bin walid

Rasulullah SAW sendiri yang memberikan gelar “Pedang Allah” (saifullah) kepada Khalid bin Walid karena kecerdasannya dalam menyusun strategi perang. Pada perang Uhud ketika Khalid bin Walid masih musyrik, menyisipkan teror ke dalam barisan pasukan Islam yang dipimpin oleh Rasulullah SAW. Saat itu pasukan Islam terlihat memenangi pertempuran, karena mereka sudah merangsek maju hingga perkemahan pasukan kafir Quraisy. Sayangnya pasukan pemanah yang diperintahkan Rasulullah untuk tetap berjaga diatas bukit, turun ke medan perang untuk mencari harta rampasan perang. Mereka telah mengabaikan perintah Rasulullah SAW. Saat itulah bencana terjadi.

Khalid bin Walid memimpin pasukan berkuda kafir Quraisy mengitari bukit yang sudah tidak dijaga. Mereka tiba-tiba muncul dari belakang pasukan Islam dan segara memukul dengan telak. Pasukan Islam tercerai-berai. Banyak sahabat Rasulullah SAW yang terluka. Bahkan Rasulullah sendiri menderita luka-luka.

Allah meneteskan hidayah ke dalam sanubari Khalid bin Walid kemudian menuntunnya masuk Islam dihadapan Rasulullah SAW. Saat itulah dia  seolah terlahir kembali menjadi pribadi yang baru, hendak meninggikan kalimatullah. Berbagai perang yang diamanahkan kepadanya selalu berhasil dia menangkan. Di dalam ayunan pedangnya, janji Rasulullah berhasil diwujudkan. Kekaisaran Sassan Persia takluk. Dengan peran besar Khalid bin Walid pula, janji Rasulullah yang lain yaitu terhapusnya peta Bizantium di Timur Tengah berhasil diwujudkan. Islam menjadi satu-satunya dien yang berkuasa dan menebarkan kesejahteraan umat manusia.

Buku ini hadir untuk mengangkat sepak terjang Khalid bin Walid kepada generasi Islam. Kisah ini dimulai dari wafatnya Rasulullah SAW.

Sinopsis

Komik tidak memiliki daftar isi. Namun itu tidak menjadi masalah besar. Karena pada dasarnya sama seperti buku lainnya, ada beberapa bab yaitu:

Khalid bin Walid: Sang Pedang Allah, Sebuah Pengantar
Nabi yang Mulia Itu Sudah Pergi
Nabi yang Aneh
Pasukan Musailimah VS Pasukan Muslim
Kebun Kematian
Belenggu Rantai Persia
Dzatus Salasil

Kisah dalam komik ini tidak hanya tentang Khalid bin Walid. Justru kisah sebelum Khalid yang saya anggap sebagai pembukanya terlalu panjang. Tapi tidak apa. Karena dari sinilah kita belajar tentang sejarah.

Di bagian awal, komik ini berkisah tentang wafatnya Rasulullah SAW hingga diangkatnya khalifah Abu Bakar ra. Saat itu terjadi fitnah dan kekacauan dimana-mana. Musibah wafatnya nabi Muhammad SAW memicu gelombang murtadnya kabilah-kabilah di jazirah Arab. Banyak kalangan yang menolak membayar zakat.
Abu Bakar ra. mengerahkan kekuatan kaum muslimin untuk menumpas kaum-kaum yang murtad hingga ke akarnya. Khalid bin Walid merupakan salah satu utusan Abu Bakar ra. yang memimpin pasukan untuk menumpas kekacauan. Pasukan Khalid bin Walid bergerak ke Yamamah untuk memberantas setiap kabilah yang mutad seperti yang diperintahkan oleh Abu Bakar ra.

Selesai memberikan misi pembebasan Yamamah dari orang-orang yang murtad, Abu Bakar ra. memerintahkan Khalid bin Walid melalui sepucuk surat. Sang Khalifah memerintahkan Khalid bin Walid menuju wilayah Irak yang berada dibawah kekuasaan Kekaisaran Sassan, Persia. Alhamdulillah, dengan strategi perang yang cerdas, pertempuran dimenangkan oleh pasukan muslim.

Pesan Moral komik Khalid bin Walid

komik khalid bin walid

Komik pahlawan Islam sekarang sudah banyak. Beberapa diantaranya untuk anak usia dini. Nah, ketika si bungsu mulai SD, tapi tetap suka komik, maka saya mencari komik yang lebih tebal dan berisi. Salah satunya komik ini. Jadi di dalam komik ini tidak hanya berkisah tentang tokoh utama, namun ada kutipan Sirah Nabawi dan kitab-kitab lainnya.

Hanya saja, karena pembukaannya cukup panjang dan tidak ada biografi tokoh utama, membuat saya harus bersabar hingga sampai pada kisah Khalid bin Walid. Komik ini fokus pada sepak terjang Khalid bin Walid dalam menyusun strategi perang hingga kemenangan demi kemenangannya. Dengan cara seperti ini, pembaca (baca: anak) akan menganggumi kemuliaan Khalid bin Walid.

Selama ini kita mengenal Khalid bin Walid dengan sebutan pedang Allah. Mengapa? Dari komik ini kita bakal mengetahui alasan tersebut. Saya mengagumi kecerdasan beliau menyusun siasat perang, bagaimana lihainya memainkan alat perang dan bagaimana memimpin perang. Maka, mengenal karakter  baik bisa dimulai dari membaca buku-buku serial pahlawan Islam.

Beberapa pesan moral dapat menjadi teladan yang baik untuk anak. Khalid bin Walid merupakan jendral yang patuh kepada perintah Khalifah. Beliau adalah jendral yang disegani di medan pertempuran, pemberani dan cerdas. Selalu termotivasi untuk meraih kemenangan, untuk meninggikan agama Allah.

So, teman-teman ingin memberikan bacaan menarik dan bergizi untuk anak-anak, komik Khalid bin Walid bisa menjadi rekomendasi yang bagus.

Happy reading!
^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

2 Komentar untuk "Mengenal Khalid bin Walid, Sang Pedang Allah Lewat Komik Pahlawan Islam"

  1. Semasa kecil saya suka baca komik2 apapun dan jg buku cerita apalagi yang kisah sejarah begini. Sayangnya anak2 saya gak ada nurun. suka sedih ngajak mereka ke toko buku nawari beli buku, eh mereka cuek2 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya 2 suka baca yang 1 nggak. Saat ini kecenderungan anak terhadap buku berbeda dengan zaman dulu ya.

      Hapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel