Bongko Kopyor Khas Gresik: Sajian Takjil yang Legit di Bulan Ramadan

bongko kopyor khas gresik

Assalamualaikum,

Tahun lalu, saya ikut suami ke Gresik, hanya seminggu atau dua minggu saja saat bulan Ramadan. Ada pemandangan yang tak biasa di sekitar jalan di GKB (Gresik Kota Baru). Banyak penjual yang menjajakan bongko kopyor diatas motornya atau diatas meja.


Karena masih baru di Gresik, saya cuma penasaran saja. Belum ada keinginan untuk mencicipi. Nah, kebetulan saat pandemi ini saya ikut suami. Sudah satu bulan lebih di Gresik. Saya tak mau melewatkan kesempatan untuk mencicipi bongko kopyor yang ada di bulan Ramadan. Selain bulan Ramadan bongko ini sulit ditemukan.

Bongko Kopyor, Legit Saat Digigit

Pada saat bulan puasa, takjil menjadi suguhan yang paling dicari setelah minuman. Beberapa menu takjil menjadi ciri khas yang hanya ada di bulan Ramadan. Takjil yang khas ini berbeda-beda dengan daerah lain. Seperti bongko kopyor yang namanya saja baru saya dengar ketika saya sering tinggal di Gresik.

Bongko kopyor ini menarik. Namanya mirip dengan kelapa kopyor yaitu jenis kelapa yang daging buahnya empuk, berbeda dengan kelapa muda, sementara airnya sedikit. Nah, saya langsung berpikir bahwa jajanan ini pasti ada kelapa kopyornya. Pasti enak dong.

bongko kopyor khas gresik

Ternyata benar, namun bukan kelapa kopyor yang menjadi campurannya melainkan kelapa muda. Tapi kalau lagi apes ya dapatnya kelapa yang sudah tua. Jadi, jajanan yang dibungkus daun pisang ini sepintas mirip bongko pada umumnya, yang sama-sama dikukus dan dibungkus daun pisang. Yang berbeda adalah isi dan rasa. Bongko kopyor memiliki tekstur yang lembut, cenderung encer karena ada santannya. Soal rasa, jangan khawatir, saya saja yang membeli secara random, tetap enak. Bongko ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Kalau menurut saya, manis banget.

Bongko kopyor adalah bubur nangka dan kelapa kopyor. Jajanan ini terbuat dari campuran bubur mutiara, roti tawar, bubur sumsum, irisan pisang yang disiram santan. Biasanya ada campuran nangka. Tapi kali ini bongko kopyor saya tanpa nangka.

Harga Bongko Kopyor Khas Gresik

Satu bungkus bongko kopyor ini saya beli dengan harga Rp 8.000. menurut saya murah. Karena isinya bermacam-macam, yang kalau saya membuat sendiri bakal ribet menyiapkan bahan-bahannya. Selain itu saya harus membuat adonan hingga mengukus yang jelas butuh waktu dan gas. Kalau cuma butuh beberapa buah bongko bolehlah membeli saja. Lebih menghemat waktu, dana dan tenaga. Karena untuk membuat katakanlah dua buah pastinya saya tidak bisa membeli kelapa muda sedikit. Harus satu buah demikian juga dengan roti tawar, tidak mungkin satu iris.

Setiap bongko kopyor yang dijajakan di pinggir jalan biasanya ada label nama pembuatnya. Kali ini saya membeli bongko kopyor “Yu Tima”, yang berasal dari Manyar, Gresik. Sempat saya bertanya bapak penjualnya, apakah dia membuat sendiri atau tidak. Ternyata tidak. Jadi pedagang-pedagang bongko kopyor ini musiman. Pedagang bisa mengambil dagangan dari orang lain. Tapi kali ini si bapak mengatakan bahwa bongko ini buatan ibunya. Di hari biasa, si bapak berjualan di depan Pemda dan tetap menerima pesanan.

Pusat Bongko Kopyor di GKB

bongko kopyor khas gresik

Tidak semua jalan besar di Gresik ada pedagang bongko kopyor. Di dekat tempat tinggal saya merupakan jalan besar, tidak saya temukan pedagangnya. Kalau mau banyak pilihan sebaiknya mencari di daerah GKB saja. Disana memang banyak tempat kuliner. Selain restoran, rumah makan dan warung makan, ada banyak pedagang makanan keliling. yang mangkal di pinggir jalan Termasuk pedagang bongko kopyor ini.

Dari balik kaca mobil, saya melihat ada beberapa nama bongko kopyor, tapi ada juga yang tidak ada namanya sama sekali. Hanya bungkusan bongko yang ditaruh di atas sepeda motor. Iya, semua pedagang menggunakan sepeda motor sebagai moda transpotasi.

So, tertarik untuk mencicipi bongko kopyor? Teman-teman bisa berkunjung ke Gresik dan berburu bongko kopyor yang legit ini. Ssst...kalau pandemi ini sudah berakhir ya!

^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

5 Komentar untuk "Bongko Kopyor Khas Gresik: Sajian Takjil yang Legit di Bulan Ramadan"

  1. Baru pertama kali inii mbaak denger bongko kopyorr, maniss legitt keliatannyaa yaa pengeen cobaain mbaak ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena aku lagi usaha mengurangi yang manis-manis, jadi terasa banget manisnya.

      Hapus
  2. Waalaikumsalam...

    Aku belum pernah coba nih. Selama puasa makannya bikin biji salak, pacar cina, es cendol, kue kelepon.. gitu-gitu aja selama sebulan๐Ÿ˜…Agak ribet soalnya mau keluar rumah juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inipun pertama kalinya nyoba makanan lokal. Selebihnya aku masak, kadang pesen aja. Anak-anak di rumah, makan-makan mulu.

      Hapus
  3. Saya sering makan ini. Tapi baru tahu kalo namanya Bongko Kopyor, saya biasa cuma menyebutnya Kopyor saja. Ternyata ini khas Gresik. Cuma jajanan seperti ini jarang ditemui sekarang :(

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel