Rekomendasi Channel Youtube untuk Belajar Mengaji

rekomendasi channel youtube untuk belajar mengaji


Assalamualaikum,

Sejak ramai Covid-19, kegiatan mengaji saya berhenti. Aduh, rindu belajar Al Quran. Rindu ustadzah dan teman-teman seperjuangan. Tidak seperti pembelajaran di sekolah, belajar mengaji di tempat saya benar-benar kosong, libur dalam jangka waktu yang tidak pasti. Tidak ada rencana update ilmu melalui aplikasi, dll.


Saya memahami bahwa kemajuan teknologi kadang tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh umat manusia. Apalagi guru mengaji saya memiliki bayi dan tidak ada ART. Pasti repot banget mengurus anak-anak yang saat ini berkumpul di rumah. Demikian juga dengan teman-teman mengaji saya dari berbagai kalangan. Tidak mudah untuk menyatukan keinginan untuk tetap mengaji. Orang-orang tua kesulitan memanfaatkan teknologi. Lalu kelas mengaji apa kabarnya?  Kami pasrah dengan libur mengaji di rumah ustadzah dalam jangka waktu yang tidak pasti ini. Namun belajar mengaji tidak mendadak berhenti total, bukan?

Saat ini teknologi memberikan banyak kemudahan dengan adanya  rekomendasi channel youtube untuk belajar mengaji. Semula saya hanya fokus pada pembelajaran anak. Channel youtube yang saya ikuti cenderung untuk anak-anak. Semakin kesini, saya membutuhkan yang versi orang dewasa. Padahal, masalah tajwid dan pengucapan huruf dari zaman dahulu sampai sekarang tetap saja.

Masalah yang terjadi pada orang dewasa (baca: orang tua) adalah pengucapan huruf yang tidak tepat. Kalau kata guru saya, lidah orang tua itu kaku, sulit menirukan seperti yang dicontohkan. Apalagi kalau bacaannya itu terbawa dari kecil. Dari zaman belajar mengaji ala kadarnya, setelah berumur baru belajar lagi. Mengubah ke arah yang benar itu sulit. Butuh perjuangan untuk konsisten. Kadang ketika diajarkan ingat dan benar, kemudian ketika sedang membaca sendiri, mendadak lupa. Ketika ada kelas lagi dan ditanya ustadzah lupa lagi. Begitu saja mbulet....

Maka, saya butuh banget untuk memperbaiki bacaan. Butuh motivasi juga untuk belajar. Kalau ketemu teman-teman, sepertinya kami semangat semua. Kemudian ketika sendiri-sendiri, aduh berat.

Saya sendiri sudah beberapa tahun ikut belajar mengaji dengan ustadzah, namun progressnya lambat. Saya akui bahwa untuk memotivasi diri sendiri itu sulitnya bukan main. Apalagi ketika berada di masa setelah haid, setelah libur mengaji. Maka, ketika masa libur mengaji itu tetap dimanfaatkan untuk mendengarkan bacaan Al Qur'an, bisa dari keluarga atau dari channel youtube, dsb. Jangan sampai jauh dari Al Qur'an. Jangan sampai hati ini ikut menjauh.

Nah, ada beberapa channel youtube yang cocok untuk belajar mengaji. Dari channel youtube ini saya bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Mau duduk di pojokan kamar atau sambil rebahan juga bisa. Dengan mendengarkan dahulu, kemudian saya praktik. Karena kalau tidak langsung praktik bisa lupa lagi. Minimal dengan mengikuti bacaannya.

Channel youtube belajar mengaji ini semuanya fokus pada pembelajaran Al Qur'an. Hampir semuanya mengajarkan irama agar lebih enak didengarkan.  Setiap irama yang diajarkan ada teksnya, beberapa ada yang dilengkapi dengan tanda baca, warna dan keterangan. Buat pemula, ini cukup menarik dan mudah dipahami.

Dari semua channel ini ada yang sudah lama saya ikuti dan ada yang baru. Contohnya channel youtube milik Muzammil Hasballah, sudah saya ikuti sejak viral beberapa tahun lalu. Yang baru itu karena saya ingin menambah ilmu selain dari yang saya ikuti. Ada juga yang saya kenal karena teman blogger yang memberikan rekomendasi. Terima kasih banyak, ya!

Rekomendasi Channel Youtube Belajar Mengaji

1. Muzammil Hasballah

Channel ini pertama kali saya ikuti. Saya suka dengan suara merdu Muzammil Hasballah saat membaca surat-surat Al Qur’an. Selain itu dari channel ini kita bisa belajar irama agar bacaan kita lebih enak di dengar.

2. Ngaji Santai

Ngaji Santai ini milik Billal Attaqi. Saya tahu channel ini dari suami saya. Kemudian mulai tertarik untuk mengikutinya dan belajar menirukan bacaan. Saya suka dengan cara balajar irama untuk pemula.

3. Ochi Yoshi Official

Saya berterima kasih sekali buat Kang Nata, untuk mengenal channel ini. Masih sama seperti channel diatas, kita bakal belajar irama. Nanti ada pengulangannya agar penonton bisa terlibat, dan ikut belajar.

4. Hady Al Qur’an

Ini termasuk channel yang baru saya ikuti karena saya butuh materi tajwid dan tahsin. Selain itu dari channel ini saya bisa belajar materi makhroj huruf (cara mengucapkan huruf dengan benar). Biasanya kalau belajar mengaji, diajari juga. Saya masih kesulitan untuk mempraktikkan teori. Contohnya lidah berada dimana untuk mengeluarkan huruf. Harus sering berlatih.

5. Abu Rabbani

Saya tidak sengaja menemukan channel ini karena ingin belajar tahsin. Penting banget buat saya untuk memperbaiki bacaan. Saya temukan poin-poin penting untuk memperbaiki bacaan, dimulai dari ta'awudz kemudian surat Al Fatihah. Hanya saja, gambar videonya kurang bagus.

rekomendasi channel youtube untuk belajar mengaji

Masih ada beberapa channel misalnya Muslimahdailycom, Yufid.TV, Tafaqquh, WAFA Indonesia, Rumah Tajwid, yang memuat pembelajaran Al Qur'an. Di channel tersebut juga memuat tema lain seperti kajian, dsb. Jadi lebih beragam saja.

Nah, buat teman-teman yang ingin belajar mengaji bisa menonton channel diatas. Atau ingin menambahkan rekomendasi channel youtube untuk belajar mengaji? Silakan komen di kolom komentar, ya! Terima kasih.

^_^

 

 

 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

3 Komentar untuk "Rekomendasi Channel Youtube untuk Belajar Mengaji"

  1. makasih kak rekomendasinya. anakku emang lagi belajar soal ini, banyak belajar ngaji dari yutub aja selama libur nih

    emaknya belum belajar2 juga. makasih ya kak, jd ingat, kalau saat haid pun kita nggak boleh jauh dari Quran..tks kak

    BalasHapus
  2. Hey..heyyy.....

    Pas saya baca Point di Nomor . 03 " Ternyata ada nama saya terukir disana, hahaha......Tengkyu pakai banyak yah Mbak " atas penulisannya.

    Saya memang suka dengan channel Ochi Yoshi official, sebab disana bisa menjadi tempat belajar membaca Al - Quran.Terutama buat kita yang masih Pemula.

    Yuk, belajar Membaca dan Menghafal Al - Quran.

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel