5 Resep Mudah Untuk Membuat Sup di Rumah

 

sup


Assalamualaikum,

Suka makan sup? Iyes, dong! Sup merupakan salah satu menu masakan yang paling disukai keluarga di Indonesia. Selain bergizi tinggi, sup juga memiliki rasa yang segar. Sebagian besar resep sup cocok dimakan bersama nasi. Sup juga dapat dinikmati oleh seluruh keluarga, dari balita, anak-anak hingga orang tua.

 

Memasak sup itu cukup mudah dan praktis. Sup dapat disajikan dengan cepat dan peralatan dapur yang dibutuhkan juga sederhana seperti blender dan pasti sudah kita miliki di dapur Anda. Ingin mencoba memasak sup hari ini? Simak 5 resep mudah untuk membuat sup berikut ini.

1. Sup Ayam Jamur

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam
  • 100 gram jamur kuping, rendam dalam air panas beberapa menit, tiriskan, potong-potong
  • 2 buah wortel, iris
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 1 batang seledri
  • 1 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
  • 1 buah tomat
  • 1000 ml air
  • Minyak untuk menumis bumbu
  • Bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt lada putih
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air.
  2. Tambahkan daging ayam, masak hingga ayam matang.
  3. Masukkan wortel, kentang, dan jamur kuping, masak hingga empuk.
  4. Masukkan daun bawang, tomat, dan seledri, masak hingga semua bahan matang.
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

 

2. Sup Jagung Telur

sup jagung

 

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis, pipil
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 butir telur, kocok sebentar
  • Sosis sesuai selera, iris tipis
  • 150 gram dada ayam tanpa tulang, potong kecil-kecil
  • 500 ml air
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt lada putih bubuk

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan air, kaldu ayam, kaldu jamur, garam dan lada putih bubuk.
  2. Setelah air mendidih, masukkan jagung dan daging ayam.
  3. Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air, masukkan dalam panci, aduk hingga sup mengental.
  4. Tambahkan sosis, tunggu hingga sup mendidih dan semua bahan matang.
  5. Sajikan selagi hangat.

 

3. Sup Telur Puyuh

sup telur puyuh
sumber: selerasa.com

 

Bahan-bahan:

  • 20 telur puyuh rebus
  • 200 gram daging ayam
  • 1 buah wortel, iris
  • 50 gram kapri
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 1 batang seledri
  • 1 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
  • 1 buah tomat
  • 1000 ml air
  • Bawang goreng

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt lada putih
  • Kaldu ayam bubuk
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air, masak hingga mendidih.
  2. Masukkan ayam, masak hingga ayam setengah matang.
  3. Masukkan wortel, kentang, dan kapri, masak hingga matang.
  4. Tambahkan telur, seledri, daun bawang, dan tomat, masak hingga mendidih dan semua bahan matang.
  5. Sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

 

4. Sup Nila Bening

Bahan-bahan:

  • 400 gram ikan nila, bersihkan, potong-potong
  • 2 buah tomat
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1000 ml air
  • 50 gram daun kemangi atau sesuai selera

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air dan masak sampai mendidih.
  2. Masukkan ikan nila, masak hingga ikan matang.
  3. Masukkan kemangi, tomat, perasan jeruk nipis, dan cabe rawit merah, masak hingga mendidih.
  4. Sajikan.

 

5. Sup Krim Makaroni

Bahan-bahan:

  • 150 gram makaroni, rebus hingga matang, tiriskan
  • 250 gram daging dada ayam, rebus, potong kecil-kecil
  • 250 ml air
  • 250 ml air rebusan daging ayam (kaldu)
  • Sosis secukupnya, iris tipis
  • 1 buah wortel, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, cincang kasar
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  • 1 buah jagung, pipil, haluskan dengan blender, saring, ambil sarinya
  • 1 butir telur
  • 1 sdm mentega
  • Garam secukupnya
  • ¼ sdt pala bubuk
  • 1 sdt lada hitam bubuk
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dengan mentega hingga harum, masukkan air, sari jagung, dan kaldu, masak hingga mendidih.
  2. Masukkan ayam, makaroni rebus, garam, pala, lada, dan wortel, masak hingga wortel matang.
  3. Masukkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental.
  4. Masukkan telur, aduk merata.
  5. Masukkan sosis dan daun bawang, diamkan sebentar sampai matang.
  6. Sajikan hangat dengan taburan keju.

Lima resep sup diatas dijamin mudah. Bahkan untuk pemula sekalipun. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja, kita bisa menyajikan sup lezat untuk keluarga. Bagaimana? Jadi tak sabar ingin segera ke dapur dan memasak sup untuki keluarga.

Nah, teman-teman bisa loh, menyesuaikan bumbu, sayuran, atau pilihan daging atau ikan yang sesuai dengan selera masing-masing keluarga. Misalnya sup ikan nila, jika tidak mendapatkan ikan nila bisa diganti dengan ikan lainnya, seperti kakap, gurame, dsb. Sup tetap nikmat.

Memasak sup di rumah itu sangat menyenangkan. Tentunya, sesuai dengan selera keluarga kita, lebih mudah dan hemat. Juga lebih sehat dan terjamin kebersihannya daripada memesan makanan dari luar. Yuk, masak sup!

Happy cooking!

^_^

 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

12 Komentar untuk "5 Resep Mudah Untuk Membuat Sup di Rumah"

  1. Mudah cara bikinnya ya mbak, bisa jadi refrensi nih untuk ibu2.. eh sebenarnya untuk saya juga sih, karena saya masak sendiri, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak sup itu gampang banget, mas. Dicemplung-cemplungin juga jadi.

      Hapus
  2. Mudah ya mbak cara bikinnya. Bisa jadi rekomen tahap-tahap untuk saya membuat sup dirumah nih hehe. Saya bacanya sambil membayangi dan resep sendiri jadi pingin icip hasil sup yang sudah jadi. Duhhh jadi laper XD

    BalasHapus
  3. Mbak, dari dulu tuh aku pensaran banget sm sup jagung telur, tp entah kenapa takut bgt mau coba, takut ambyar gitu, tp kali ini fix aku simpan resepnya nanti aku coba, makasih ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sup jagung itu favoritnya suami mba. Aku biasa bikin sedikit, untuk sekali makan saja.

      Hapus
  4. aku juga penasaran sama sup jagung telur
    kebayang makan ini pas adem adem
    semua resep sup memang mengunggah selera lidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku, sup jagung telur ini paling enak dimakan pas hangat. Makan sup semangkuk kecil udah kenyang.

      Hapus
  5. Wah dapat resep sop lagi nih 🤩 sebenarnya aku biasa aja sih sama sop. Tapi berhubung lagi diet minyak, aku memilih sering bikin sop. Karena dapat kuahnya, dapat rasanya gurihnya, tapi tanpa minyak. Biasanya aku gak pakai menumis mbak, aku cemplung2in aja udah semua bahan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dicemplung-cemplungin juga enak mba.

      Hapus
  6. Sup ikan nila dan sup krim aku blm coba. Kalo yg 3 sup pertama itu aku sering bikin , dan biasa anak2 pasti doyan :).

    Yg sup ikan tapi aku agak ragu mba, Krn sbnrnya wali suka seafood, tp biasanya LBH suka di bakar. Kalo di sop aku kurang doyan memang. Kalo ga pinter ngolahnya, sering amis -_-. Secara aku ga terlalu bisa masak sih :D.

    Yg sup krim sih aku bakal coba. Creamy2 gini biasanya si Kaka suka, tp papinya ga doyan. Jd kadang hrs bikin 2 jenis, biar masing2 bisa makan:D. Ribet deh kalo selera beda2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Fan, kalau gak pinter masak ikan malah amis, jadi malas makan dong. Aku nyoba masak dua kali mba. Pertama ikan dimasak dengan bawang putih, sampai asal matang lalu airnya dibuang. Kemudian dimasak lagi dengan bumbu dan air baru. Hasilnya ikan gak amis. Cuma ribet aja sih.

      Hapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel