5 Makanan Khas Daerah Gresik yang Populer


nasi krawu makanan khas daerah gresik



Assalamualaikum
Sering tinggal di kota Gresik membuat saya penasaran dengan berbagai makanan khasnya. Dulu, saya hanya mengenal nasi krawu. Itupun karena sering lewat rumah makan Nasi Krawu Bu Timan sebelum masuk tol Surabaya. 

Sejak pandemi, saya jadi lebih sering tinggal di Gresik. Nasi krawu merupakan makanan khas daerah Gresik yang mudah sekali saya temukan. Bagaimana tidak mudah, tinggal jalan kaki tidak sampai 5 menit saya bisa membeli sebungkus nasi krawu seharga Rp 5.000 sampai dengan Rp 22.000. Tinggal pilih saja yang gerobakan atau yang di rumah makan berAC.
 
Nasi krawu dengan harga murah bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional dan di tepi jalan. Biasanya sudah dibungkus. Ada juga nasi krawu yang dijajakan di gerobak. Saya biasa membeli di depan Pasar Sidomoro seharga Rp.10.000. Sedangkan nasi krawu yang dijual di warung bisa didapatkan warung nasi Krawu Bu Eny, Bu Zainab seharga Rp 13.000. Kemudian ada nasi krawu Bu Azza yang tempatnya lebih nyaman. Harga per porsinya tentu berbeda. Rp 22.000.
 
Selain nasi krawu diatas, ada juga nasi krawu Bu Tiban, Bu Rika. Bu Rida, Bu Mila, Buk Su, dsb. Kalau saya perhatikan, nama warung nasi krawu ini selalu menggunakan nama orang (wanita) selaku pemiliknya. Untuk penulisan Bu ada yang menggunakan Buk. Di satu jalan saja bisa ada tiga bahkan lebih warung nasi krawu. Contohnya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik. Begitu juga di Jalan Pahlawan, Gresik. Jadi memang banyak banget warung yang menjual nasi krawu ini.

Rekomendasi 5 makanan khas daerah Gresik

1. Nasi krawu

Nasi krawu terdiri dari nasi punel, daging sapi yang suwir yang sudah dibumbui semur, sambal petis, serundeng merah dan serundeng kuning. Selain daging, biasanya tersedia jeroan juga. Nasi krawu memiliki perpaduan yang pas, gurih pada daging bercampur dengan pedasnya sambal petis. Ada dua jenis penyajian nasi krawu yaitu basah dan kering. Kalau basah itu nasi krawunya diberi sedikit kuah. Sedangkan yang kering tidak.
 

2. Otak-otak Bandeng 

otak-otak bandeng bu muzanah

 

Gresik memiliki banyak menu berbahan ikan bandeng. Contohnya otak-otak bandeng, yaitu daging ikan bandeng yang sudah diambil dan dibumbui, rasanya enak, gurih dan pedas. Otak-otak bandeng dapat dijumpai di toko oleh-oleh di Jalan Sindujaya. Yang populer adalah otak-otak bandeng Bu Muzanah, yang selalu fresh.  Otak-otak ini bisa bertahan di suhu ruang selama satu hari. Harga per box isi satu bandeng besar Rp 65.000. Namun kita bisa juga membeli di pasar dengan harga yang pasti lebih murah.
 
Selain otak-otak bandeng ada bandeng asap, bandeng presto, pepes bandeng, bandeng kelo kuning, dsb. Aneka olahan bandeng ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh maupun rumah makan. Namun menu bandeng dengan kuah hanya ada di rumah makan. Nah, bila ingin menyicipi menu-menu bandeng, teman-teman bisa mampir di rumah makan Pak Elan. Disini kita bisa memilih aneka menu bandeng.
 

3. Jubung

 

jubung khas gresik

 

Jenang jubung terbuat dari ketan hitam dengan taburan wijen. Jenang ini ukurannya kecil dan bisa bertahan selama tiga hari. Di beberapa tempat, tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Namun kita bisa bertanya kepada penjualnya. 
 
Dalam satu kotak terdiri dari beberapa jenang. Rasanya manis gurih. Sekali makan rasanya tak cukup. Jika tertarik membeli jenang ini, kita bisa mampir di toko oleh-oleh jalan Sindujaya, Jalan Veteran, pasar tradisional dan toko kue di Gresik. 
 

4. Pudak

pudak makanan khas daerah gresik

 

Pudak merupakan kue yang berbahan tepung beras, gula merah/gula pasir, santan yang dibungkus pelepah daun pinang. Pudak memiliki tekstur lembut dan cita rasa manis dan gurih. Dahulu hanya ada satu rasa, yaitu original. Tapi saat ini sudah ada beberapa varian rasa seperti rasa cokelat dan pandan yang sama enaknya. Produk ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh jalan Sindujaya, Jalan Veteran dan toko kue di Gresik.
 

5. Sego rumo

sego rumo makanan khas daerah gresik
sumber: IG gresiktourism


Sego rumo cocok untuk sarapan. Sego rumo disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Sepincuk sego rumo terdiri dari nasi putih, sayuran, disiram kuah kental berawarna orannye ini dan ditaburi serundeng. Sego rumo bisa ditemukan di pasar Gresik. 
 
Indonesia kaya akan kuliner lokal. Jika berkunjung ke suatu daerah tidak ada salahnya untuk mencicipinya. Meskipun satu daerah berdekatan, bisa jadi memiliki makanan khas yang mirip atau sangat berbeda. Ini sangat menarik dan  menjadi pengalaman baru. 
 
Dari kelima makanan khas Gresik itu, saya paling sering menikmati nasi krawu. Untuk warungnya saya suka ganti-ganti. Meskipun begitu, indera pengecap saya merasa semuanya memiliki rasa yang mirip. Enak! Jadi kalau teman-teman sedang di Gresik jangan ragu untuk mencicipi kuliner lokal.
 
Well, teman-teman pernah ke Gresik? Boleh cerita makanan khas daerah Gresik yang menjadi favorit kalian. Atau teman-teman boleh kok cerita makanan khas daerah kalian yang populer. 
 
^_^






Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

5 Komentar untuk "5 Makanan Khas Daerah Gresik yang Populer"

  1. Makanan2 sperti itu belum pernah saya coba. semoga suatu saat bisa coba langsung ke Gresik, Aamiin :D

    BalasHapus
  2. Yg aku baru coba cuma nasi krawu mbaaa, dan itu favoritkuuuuuu tiap kali ke Gresik. Awalnya yaaa aku underestimate rasa dr nasi krawu ini, pas dibawain sepupu. Kirain ga enak, Krn kan simple bangetttt. Tapi pas dicoba dan diaduk Ama sambel petisnya, ya Allah langsung nyesel udah mikir ga enaaak hahahhaha.

    Mungkin Krn sambel petisnya yg pedeees itu sih, yg bikin rasanya manteeep!

    Makanya pas aku ke Gresik 2013, yg aku incer lgs nasi krawu. Tp aku lupa mba nasi krawu yg mana. Yg pasti warungnya kec, dan rasanya enaaaak banget. Jadi kangen mau ke Gresik LG.

    Di JKT ada sih langganan nasi krawu fav ku. Tp jgn tanya harganya. 35 RB an. Dan dari semua nasi krawu yg prnh aku coba di JKT, cuma yg mahal ini yg rasa pedesnya mantep mirip di Gresik asli. Nasi krawu lain yg aku coba di JKT, kebanyakan petisnya ga pedes. Aku ga doyan.

    BalasHapus
  3. aku belum pernah makan sego rumo mbaa

    Ya ampyuunn kangen juga nih halan2 ke Gresik

    BalasHapus
  4. belum coba semua nih, kalau aku penasaran nasi krawu

    BalasHapus
  5. nasi krawu itu favorit
    di Malang tapi harganya 7000an dan engga begitu banyak si
    beda jauh sama pas coba di gresik

    aku suka pudak dan emang enak
    kalau yang lain pernah coba tapi seringnya dapat oleh oleh aja klo habis dari sunan giri mbak
    duh kalau coroces engga ada pengen ke gresik ngrasain sego rumo itu

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel