Santai Sejenak di Taman Sumur Gemuling Tuban

taman sumur gemuling


Assalamualaikum,

Taman Sumur Gemuling termasuk masih baru. Berlokasi di Jalan Wahidin Sudiro Husodo Tuban, yaitu tepat di depan kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tuban dan Mall pelayanan Publik (belum diresmikan). Tempat ini sangat strategis, dekat dengan masjid Al Falah dan POM bensin. 


Pada saat belum selesai pembangunan, warga sudah tak sabar untuk menginjakkan kaki di area taman. Pembangunan dilakukan secara bertahap dimulai pada tahun 2019 hingga 2020. Di tahun 2019 adalah pengerjaan taman tahap pertama yang dimulai dari pengurukan lahan hingga pembuatan taman. Selanjutnya pembuatan kolam air mancur dan terakhir adalah tulisan Sumur Gemuling dan alat olah raga.


Taman ini terbuka untuk siapapun yang mau mampir disini. Dari keluarga dengan anak-anak kecil hingga dewasa, ada juga rombongan anak remaja yang berburu spot foto.


Nikmati Fungsi Taman Sumur Gemuling


taman sumur gemuling


Masyarakat Tuban menyambut dengan cukup antusias kehadiran Taman Sumur Gemuling. Sejak belum rampung seluruhnya, warga sudah menunjukkan minat untuk berkunjung. Terbukti bukan, kalau taman memang sangat dibutuhkan. Setidaknya sebagai oase di tengah hiruk-pikuk deru kendaraan di jalan raya. 


Sebagai ruang terbuka hijau, taman ini memiliki konsep yang menarik. Di sini tersebar deretan bangku, masing-masing untuk tiga orang atau lebih. Kemudian jalan paving dengan taman-taman kecil dari timur ke barat. Di bagian selatan ada kolam dan jembatan. Sedangkan sarana olah raga terletak di bagian barat. Setelah itu lahan kosong.


Sebagai ruang terbuka, taman ini memiliki banyak fungsi untuk memanjakan warga. Tak heran jika tiap pagi dan sore hingga malam ada saja warga yang menikmati taman. 


Fungsi taman pada umumnya sebagai tempat untuk interaksi sosial yang menyenangkan. Jadi wajar kalau kehadiran warga disini adalah untuk menikmati suasana taman. Kalau keluarga biasanya sambil momong anak. 


Fungsi lainnya adalah sebagai tempat bermain dan olah raga. Sepertinya baru tempat ini yang dilengkapi dengan sarana olah raga. Meski tidak banyak, namun cukup menarik anak-anak untuk bergerak dengan sehat. Untuk orang dewasa, cukup pengertian agar tidak berlebihan menggunakan fasilitas taman. 


Saya berharap taman kota mampu mereduksi polusi udara sekitar.  Sehingga taman memiliki manfaat maksimal, bukan saja untuk manusia namun juga untuk lingkungan. Ya, andai saja tanaman dan pohonnya sudah banyak. Kalau disini memang masih baru dan masih terbatas. Semoga nantinya akan bertambah lagi tanamannya.


Fasilitas di Taman Sumur Gemuling


taman sumur gemuling


Sampai detik ini saya rasa fasilitas disini cukup lengkap. Ya, untuk ukuran kota kabupaten yang sedang berbenah, ini termasuk luar biasa. Di kota Tuban sudah ada beberapa taman, namun tetap saja kebutuhan akan ruang terbuka hijau masih akan bertambah.


Yang membuat taman ini berbeda dengan lainnya adalah adanya sarana olah raga. Kalau sarana bermain anak mungkin sudah biasa. Tapi sarana olah raga itu juga bisa berfungsi sebagai permainan. Buat anak-anak, apa sih yang tidak bisa dipakai untuk mainan!


Nah, di musim pandemi ini, taman dilengkapi dengan tempat cuci tangan di bagian depan. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menjaga kebersihan diri. Dimanapun dan kapanpun, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan tubuh kita. 


Fasilitas taman sumur gemuling


Taman

Bangku

Kolam dan air mancur

Sarana olah raga anak


Dengan fasilitas diatas sudah mampu membuat warga senang menikmati waktu senggang. Bolehlah mengajak teman atau keluarga untuk santai sejenak di luar ruangan. Ada sih yang bersepeda dan mampir istirahat disini. Cuma disini itu tidak ada penjual makanan. Sesekali memang ada. Apalagi kalau taman terlihat ramai pengunjung ada saja penjual makanan keliling.

taman sumur gemuling


Sayangnya masalah kebersihan masih harus diperhatikan lagi. Pagi itu ketika saya mendapati banyak sampah yang berserakan. Semoga saja pihak terkait bersedia menambahkan tempat sampah di dekat bangku-bangku.


So, Taman Sumur Gemuling bisa masuk list tempat yang bisa dikunjungi bersama teman atau keluarga. Weekend sudah sudah ada rencana jalan belum? Teman-teman di Tuban boleh loh main-main disini. Mau foto? Coba deh di jembatan itu. Ehm…itu tempat favorit saya.


^_^







Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

1 Komentar untuk "Santai Sejenak di Taman Sumur Gemuling Tuban"

  1. lumayan nih, fasilitas publik yang bisa jadi tempat wisata keluarga

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel