Ayam Goreng Candisari Kalasan

ayam goreng

 

Assalamualaikum

Traveling itu menyenangkan. Hanya saja, saya suka galau ketika tiba waktu makan. Bisa sih, merencanakan mau makan apa dan dimana. Dari semua tempat makan yang direncanakan ini, seringkali tidak berhasil. Masalahnya sepele, saya ataupun keluarga saya sudah terlanjur lapar di jalan. Masak mau melanjutkan perjalanan lagi. Mending mencari makan dulu, siapkan tenaga untuk perjalanan berikutnya. Atau bisa jadi karena situasi dan kondisinya tidak tepat. Misal kami sudah mengantuk banget, atau lagi hujan deras.


Nah, rencana makanpun bubar deh. Urusan perut lebih baik diselesaikan dahulu daripada tidak fokus di jalan. Bisa gawat kan!

Dalam perjalanan ke Yogyakarta itu saya tidak berharap untuk kulineran. Sempat mencari satu tempat, tapi tidak sampai kepingin banget. Karena saya paham situasinya. Jadi, setelah makanan pengganjal perut habis,  akhirnya saya tengok kiri jalan untuk mencari tempat makan yang cocok. Sempat berhenti sekali tapi makanan yang kita inginkan baru saja habis. Oke, lanjut jalan tapi jangan lama lagi. Alhamdulillah ketemu rumah makan Ayam Goreng Candisari Kalasan.

Lokasi Ayam Goreng Candisari

ayam goreng


Karena berada di jalan raya, rumah makan ini sepertinya lebih banyak dikunjungi oleh para musafir. Ada rombongan bus juga. Tapi sebagian besar mobil pribadi, jadi lebih banyak keluarga.

Lokasinya strategis karena berada di jalur utama ke arah Yogyakarta. Untuk tempat parkir, cukup luas. Jadi kalau teman-teman sedang melakukan perjalanan di sekitar Yogya-Solo bisa mampir kesini.

JL. Jogya-Solo km 14, Kalasan, Yogyakarta

Tempat Makan Ayam Goreng Candisari

ayam goreng


Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 1956 ini, memiliki tempat yang luas dan klasik. Kursi, meja maupun ornamen yang dipakai adalah barang-barang kuno. Kita bisa melihat mesin tik, televisi, lemari dan peralatan makan zaman dulu. Ada banyak foto-foto lawas hitam putih yang dipajang di dinding.

Rumah makan ini dilengkapi dengan mushola dan toilet. Kita bisa memilih meja di dalam ruangan atau outdoor. Bahkan jika kita bersama rombongan, tersedia tempat yang mencukupi.


ayam goreng


Suasana rumah makan ini termasuk tenang, walaupun dekat jalan raya. Ruangan yang luas didukung oleh pintu-pintu tinggi membuat sirkulasi udara lancar. Ada beberapa kipas angin di dinding kanan dan kiri.

Menu Makanan dan Minuman di Ayam Goreng Candisari

Untuk menu makan, saya memilih paket ayam goreng dan nasi pecel dengan lauk telur ceplok. Sebenarnya saya memilih paket nasi urap dan ayam goreng. Namun, siang itu menu urap sudah habis. Akhirnya saya diarahkan untuk memilih menu ayam goreng dan sambal lalapan. Sedangkan untuk nasi pecel ini murni nasi pecel saja tanpa lauk. Jadi kalau teman-teman ingin memilih nasi pecel, langsung sekalian memesan lauknya. Ada telur atau ayam, tahu dan tempe goreng.

ayam goreng


Setelah menulis pesanan, langsung diproses bagian dapur. Pelayannya cekatan. Tidak lama, pesanan minum diantar, disusul dengan makanan. Untuk minum saya memesan teh hangat dan jahe hangat. Namun, untuk jahe ini rasanya kurang nendang. Rasa jahenya terlalu lembut.

Sementara untuk makanannya saya suka. Sesuai dengan namanya, stok menu ayam selalu ada dan banyak variannya. Ada ayam goreng candisari, ayam goreng penyet, ayam bakar dan ayam bakar saus tiram. 

ayam goreng


Ayam goreng pesanan saya cukup empuk dan sambalnya enak, meskipun tidak terlalu pedas. Demikian juga dengan nasi pecel pesanan suami, sayurnya cukup banyak dengan bumbu pecel yang melimpah. Untuk lauknya,  tambah telur ceplok dan kerupuk. Oh ya, disini menjual banyak camilan seperti aneka kerupuk dan keripik yang tersedia di meja-meja pengunjung.

Jika ingin memilih menu selain ayam, ada menu ikan seperti gurame dan lele. Sayangnya, siang itu menu ikan sudah habis. Tapi masih banyak pilihan menu lainnya. Mungkin lain waktu bisa mencoba menu berikutnya.

^_^

 

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

1 Komentar untuk "Ayam Goreng Candisari Kalasan"

  1. Aku lebih tertarik liat pecel dan telur ceplok nya mba 😍. Kalo ayam goreng sebenernya aku suka sih. Tapi beberapa kali makan ayam goreng di Jogja, selalu kecewa Ama sambelnya yg berasa manis kalo buat lidah sumatraku 😅. Makanya agak jarang makan ayam goreng di Jogja. Tapi kalo ada menu lainnya, mungkin aku bakal milih itu sih. Trutama yg sayuran, aku doyan sayur banget soalnya 😄

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel