Tips Wudhu di Masjidil Haram

 

kabah


Assalamualaikum

Ada banyak kekhawatiran saya menjelang berangkat haji. Ini terjadi karena saya belum pernah menginjakkan kaki di tanah suci. Saya tidak tahu situasi dan kondisi disana. Dari beberapa obrolan dengan ibu-ibu yang sudah pernah naik haji membuat saya makin galau. Salah satunya karena ada ibu-ibu yang cerita tentang kekhawatiran dengan batal wudhu karena kentut, kebelet BAK. Lalu, wudhu di Masjidil Haram itu bagaimana?


“Sebelum berangkat saya berdoa terus semoga tidak mudah kentut, tidak mudah kebelet BAK,” kata bu A.

“Eh, iya, saya kepikiran juga. Aduh, gimana kalau sebentar-sebentar batal. Repot. Makanya banyak berdoa mulai sekarang,” sahut bu B.

Saya yang semula tidak terlalu memikirkan hal ini jadi ikut khawatir. Ehm…enaknya bagaimana ya?

Wudhu di Masjidil Haram, Pengalaman Teman, Khawatir dan Fakta

Saya rasa ketakutan tersebut berlebihan. Kalau sebentar-sebentar kita waswas, kita semakin tidak percaya pada kemampuan diri. Semakin kita dilanda takut, semakin yang terpikirkan itulah yang terjadi. Bahaya kan!

Sebaiknya tidak perlu memikirkan yang belum terjadi. Berangkat saja belum, eh ini malah sudah takut duluan. Jangan overthinking! Jangan berpikir terlalu jauh, hingga cerita-cerita tersebut mempengaruhi alam bawah sadar kita.

Dari haji kemarin, ternyata kasus seperti ini pernah dialami oleh seorang teman saya, jamaah haji. Sebelum berangkat ke masjid, si ibu merasa waswas. Sudah masuk toilet. Tapi masih merasa mau pipis lagi. Pernah menjelang berangkat ke masjid, si ibu dua kali masuk toilet. Lalu, ketika sudah berada di masjid batal wudhu. Dalam sekali datang, minimal satu jam berada di masjidil Haram, si ibu seperti sedang menahan diri. Sering juga berkali-kali mencari tempat wudhu. Eits…tempat wudhu di dalam masjidil Haram itu susah. Kalaupun ada tidak banyak dan tempatnya tersembunyi. Apalagi kalau kita kebelet BAK! Aduh, gawat! Yang ada kita harus keluar dan mencari WC. Itupun jaraknya tidak ada yang dekat. Keburu tidak ya!

Agar tidak mudah kentut, ada baiknya kita memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Usahakan menghindari makanan yang mengandung gas. Untuk sayur contohnya kubis, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan. Kalaupun makanan yang tersedia adalah makanan tersebut, sebaiknya ambil secukupnya saja. Untuk buah-buahan ada persik, apel, pir, plum.

Wudhu di Masjidill Haram, Ini Tips yang Harus Diketahui

wudhu air zamzam


Setelah semua usaha, tpi kalau faktanya kita tetap batal wudhu bagaimana? Ya, ikhlaslah saja. Kalau batal wudhu setelah sholat dan ingin pulang sih tidak masalah. Tapi kalau belum menjelang waktu sholat atau kita memang masih ingin beribadah lagi, bagaimana? Mencari tempat wudhu di area masjidil Haram yang luas sekali ini bukan hal yang mudah. Apalagi kalau kita termasuk jamaah yang baru datang. Belum tahu situasi dan kondisi. Tapi tenang saja teman-teman bisa menyimak tips berikut!

Menghafal Tempat Wudhu

Tempat wudhu mudah ditemukan di bagian luar masjidil Haram. Dari arah manapun, pasti ada tempat wudhu yang luas dan terbuka. Tapi jangan heran kalau lokasinya berjauhan. Tidak ada yang dekat disini. Kalau bayangan kita adalah masjid-masjid di Indonesia ya tidak relate.

Membawa Botol Air.

Daripada kita pusing mencari tempat wudhu ada baiknya kita menyiapkan diri dengan membawa botol air. Tidak masalah jika botol tersebut kosong, karena disini banyak sekali kran air zamzam. Jadi kalau sewaktu-waktu kita batal wudhu, kita tetap bisa melakukan wudhu dengan air di botol minum. Pastikan mencari tempat yang aman untuk menuang air.

Mencari Tempat Air Zamzam

Disini mudah sekali mencari air zamzam. Misalnya ketika kita sedang sa'i dan tiba-tiba batal wudhu. Kalian tenang saja. Karena di sepanjang jalan sa'i mudah ditemukan tempat air zamzam. Disitu kita bisa berhenti sebentar dan wudhu. Dengan adanya air zamzam ini kita bisa wudhu minimalis. Tidak perlu menggunakan air sebanyak di rumah. Disini ada kran air zamam. Air dari botol minum atau gelas plastik sekali pakai bisa digunakan untuk wudhu secara lengkap. Di tempat air zamzam sudah biasa sekali digunakan para jamaah untuk wudhu.

Mencari Tempat Wudhu di Dalam Masjidil Haram

Ada beberapa tempat wudhu di dalam masjid. Seingat saya, tempat ini selalu dijaga petugas masjid. Dengan menggunakan tempat ini kita bisa wudhu dengan damai. Tapi untuk menuju tempat wudhu ini seringnya susah. Karena bisa jadi tiba-tiba jalur kesana ditutup dan dijaga para tentara. Jalurnya ya, bukan tempat wudhunya! Kalaupun kita sengaja mencari tempat sholat di dekat tempat wudhu itu lebih baik. Cuma saran saya, tidak perlu terlalu berharap. Disini, segala sesuatu sulit diprediksi.

Semoga bermanfaat ya!

^_^


Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

Belum ada Komentar untuk "Tips Wudhu di Masjidil Haram"

Posting Komentar

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel