Yuk, Healing di Ekowisata Silowo Tuban

 



ekowisata silowo tuban


Assalamualaikum

Piknik tipis-tipis kali ini ada di kabupaten Tuban. Cuma beda kecamatan saja dengan tempat tinggal saya. Makanya saya sebut piknik tipis-tipis karena bisa langsung terealisasi secepatnya. Cocok buat yang pengen healing, sejenak melepaskan penat dan lelah. 


Cukup menempuh jarak sekitar 11 km atau 20 menit, akhirnya kami tiba di lokasi Ekowisata Silowo. Wah, senang banget kami bisa menikmati sejuknya Silowo. Kami tiba pukul sekitar pukul 08.00. Jadi saya berharap belum ramai pengunjung. Namun faktanya, sudah ada rombongan anak sekolah.

Lokasi Ekowisata Silowo:

Desa  Mandirejo, Merakurak, Tuban

Dari pusat kota Tuban sekitar 30 menit perjalanan.

Ekowisata Silowo ini terletak di dekat pasar Merakurak. Jadi, kalian yang belum pernah datang kesini, bisa dengan mudah menemukan tempatnya. Meski lokasinya kurang strategis karena tidak di tepi jalan, namun kalian bisa dengan mudah mencapai lokasi.

Sejarah Silowo

Silowo adalah tempat para kyai bersilo ing rowo (bersila di dalam rawa). Kegiatan tersebutlah yang menjadikan sendang dan sungai ini disebut Silowo. Wisata ini menyuguhkan pemandangan yang jauh berbeda dengan deretan pantai yang biasa kita kenali di Tuban. Silowo memberikan panorama seperti di pedalaman Kalimantan. Di sepanjang sungai akan kita temui deretan pohon sagu yang rimbun. Pengunjung bisa menyusuri sungai dengan perahu kano.

Tiga kegiatan menarik di Ekowisata Silowo

ekowisata silowo tuban


Ekowisata Silowo menghadirkan pemandangan yang berbeda dengan wisata yang biasa kita kenal di kabupaten Tuban. Tak heran jika akhir pekan atau musim liburan, tempat ini ramai pengunjung. Tentunya, pengunjung ingin menikmati suasana menarik disini. Apalagi jika ada kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan disini. Tentunya sambil mengabadikan moment ini. Nah, berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati selama berada di Ekowisata Silowo.

1.Berenang

Anak-anak kecil bisa berenang ataupun sekedar bermain air di tempat yang dangkal. Sementara yang dewasa bisa masuk ke sungainya.

2.Naik Perahu Kano

Ini adalah kegiatan yang paling menarik di Silowo. Selain karena view alam yang indah, kita bisa menikmati pengalaman menyusuri sungai. Apalagi sungai yang tampak kehijauan ini terjaga kebersihannya.

3.Ngadem di Gazebo

Banyak gazebo yang disediakan untuk para pengunjung. Ada di kanan dan kiri jalan menuju sungai. Yang paling besar ada di dekat sungai. Ada tangganya sehingga pengunjung bisa leluasa menikmati jalur sungai dari lantai atas gazebo.

Di Tuban, musim kemarau saat ini luar biasa panas dan gerah. Ekowisata Silowo menghadirkan suasana berbeda. Hijaunya daun-daun pohon sagu dan sungai membuat keadaan lebih sejuk dan segar. Paling bagus itu kita datang di pagi hari. Sehingga suhu udara masih bagus dan panas tidak menyengat. Namun jika musim hujan, kalian harus waspada ya. Lebih baik berwisata saat cuaca cerah sehingga aman ketika menikmati kegiatan naik perahu kano.

Harga Tiket Ekowisata Silowo

Ekowisata Silowo termasuk wisata murah. Tiket masuknya dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Tak heran jika tempat ini merupakan tujuan wisata rombongan anak-anak sekolah.

Di tempat ini pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Namun jika tidak ingin repot membawa barang, kita bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual warga setempat. Kita bisa memesannya dan menunggu di gazebo.

Tiket masuk Rp 5.000

Tiket naik perahu kano Rp 10.000

Parkir sepeda motor Rp 2.000

Parkir mobil Rp 5.000

ekowisata silowo tuban


Untuk sekali pembelian tiket perahu kano, kita bisa mendayung di sepanjang sungai Silowo selama 15 menit. Namun sebelumnya, kalau antrean perahu kano banyak maka kita diminta untuk mengantre. Nanti kita dipanggil berdasarkan nomor urut antrean. Sehingga pengunjung bisa menyusuri sungai Silowo dengan tenang dan tidak berdesakan.

Nah, teman-teman yang ingin piknik tipis-tipis atau healing boleh loh, mampir di Ekowisata Silowo. Nikmati sensasi naik perahu kano di sepanjang sungai Silowo.

^_^

Nur Rochma Assalamualaikum. Mengasah ilmu, berbagi rasa, asa dan cerita lewat tulisan. Happy reading! ^_^

2 Komentar untuk "Yuk, Healing di Ekowisata Silowo Tuban"

  1. jdi pengen kesini nih buat liburan sekolah nnti, harganya juga termasuk murah

    BalasHapus
  2. adem banget liatnya, semoga tetap terjaga alaminya aamiin

    BalasHapus
Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. ^_^

Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel