Monday, May 21, 2018

Baju Koko Untuk Lebaran


baju koko kaos


Tak bisa dipungkiri bahwa busana muslim saat ini berkembang sangat pesat. Trend mode berubah. Kalau zaman dahulu busana muslim tak banyak pilihannya. Sekarang justru pembeli bisa saja dibuat bingung karena begitu banyak pilihan.


Untuk memenuhi kebutuhan akan busana muslim jauh sebelum Ramadhan, baik toko fisik maupun toko online memperbanyak stok. Dengan begitu penjual akan mudah untuk melakukan promo dan menarik calon pembeli.

Perkembangan mode bisa berakibat baik jika tetap memperhatikan syariat. Demikian juga perkembangan mode untuk baju koko lebaran. Beberapa brand mengeluarkan model terbarunya. Tentu ini disambut gembira’

Jika dahulu kita hanya melihat baju koko berwarna putih polos, tanpa variasi yang menarik. Kalaupun ada, biasanya sedikit bordir di bagian depan dengan warna senada. Saat ini semakin banyak pilihan saja. Yang warna putih tetap mendominasi dengan beberapa ornamen tambahan seperti bordir dengan warna lebih tegas dan pola yang rumit, permainan warna kain untuk variasi dan penggunaan batik. 

Sementara baju koko yang tetap mempertahankan warna putih secara keseluruhan, tetaplah ada. Model seperti ini meski terlihat klasik tapi everlasting, tidak mengenal trend. Tapi tetap memiliki pasarnya sendiri.

baju koko bordir


Baju koko untuk dewasa tidak melulu dengan model baju berkerah (kerah berdiri). Perkembangan mode telah mempengaruhi beberapa bagian menjadi lebih variatif. Contohnya penggunaan kancing di depan, dan permainan kombinasi warna. Demikian juga model lengan yang tidak hanya polos. Ada yang menggunakan kancing dan bisa dilipat sepertiga bagian lengan.

Dengan semakin beragamnya model baju koko, penjual menawarkan berbagai model yang tidak membosankan. Coba saja kalau model baju koko dari semua brand sama. Pasti kita yang hanya melihat saja bisa bosan.

Baju koko bukan hanya dengan model kemeja, baik lengan panjang maupun pendek. Bahan dari kaos menjadi baju koko lebih casual. Lebih santai untuk dipakai dalam aktivitas Ramadhan. Selain itu, bahan kaos juga mampu menyerap keringat.

baju koko trendi


Tidak perlu ragu dengan mode baju koko kaos. Banyak brand yang terjun ke bisnis baju koko kaos membuat terobosan baru. Bukan saja dalam pemilihan bahan yang semakin nyaman, namun juga semakin berkembangnya mode baju koko.

Baju koko kaos ini ada yang berkerah dan tidak. Ada juga yang berlengan panjang dan tidak. Semuanya menyesuaikan dengan selera pasar. Buat  yang aktif, baju koko dari bahan kaos ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain model diatas, kita mengenal baju koko gamis yang diadaptasi dari pakaian bangsa Arab. Umumnya gamis untuk pria berwarna putih, hitam, dan polos. Dalam perkembangannya, model gamis ini bervariasi baik model dan warnanya. Misalnya koko gamis dengan variasi warna di bagian lengan dan kerah.

baju koko model gamis


Tips memilih baju koko

  1. Perhatikan ukuran. Pilih ukuran yang pas untuk tubuh kita. Tidak kebesaran maupun kekecilan. Sehingga memakainya menjadi nyaman dalam bergerak.
  2. Pilih bahan yang nyaman. Bahan yang nyaman membuat muslim mudah bergerak dengan leluasa. Tidak gerah namun mampu menyerap keringat. Apalagi di musim kemarau dan diluar ruangan. Penting untuk memperhatikan bahan koko yang tepat.
  3. Pilih motif yang sesuai. Motif yang tepat untuk kegiatan tertentu membuat muslim lebih percaya diri. Untuk beribadah sebaiknya memilih motif yang simple alias tidak ramai. Sedangkan untuk acara formal seperti menghadiri akad nikah dan hari raya, bisa memilih baju koko dengan motif bordir, motif cerah lainnya.

Dengan semakin banyaknya model baju koko, membuat kaum muslim memiliki banyak pilihan. Asalkan tetap sopan dan memperhatikan syariat, insyaAllah baju apapun tetap cocok untuk merayakan hari raya.

Nah, buat muslim, bisa memilih model baju koko baik yang terbuat dari kain katun hingga semi sutera maupun bahan kaos. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan acara yang akan kita hadiri agar tidak salah kostum.

Jadi, sudah siap dengan baju koko untuk berlebaran nanti? Lebih baik menyiapkan perlengkapan hari raya lebih awal agar lebih fokus menyongsong Ramadhan. 

Note: 

Tumben saya menulis tentang baju koko. Ini tidak lain sebagai dokumentasi saja ketika saya hunting baju koko buat ketiga anak dan suami. Maklumlah saya juga ingin tahu perkembangan mode baju koko. Bukan saja baju gamis dan teman-temannya.

^_^

Sumber gambar:
Shopee, Lazada dan Bukalapak


Comments
2 Comments

2 comments:

  1. WAh mantep nih, saya malah belum mempersiapkan, biasanya nanti mepet mepet pas mau lebaran. Wkwkw

    ReplyDelete

Taraa! Akhirnya tiba disini. Terima kasih Anda telah membaca blogpost ini. Well, feel free to drop any words. ^_^
Mohon maaf, jika ada link hidup, anonymous atau broken link akan saya hapus!

COPYRIGHT © 2017 · LOVELY MOM | THEME BY RUMAH ES